Kombes Bhirawa, Adik Eks Panglima TNI Andika Perkasa Dimutasi ke Lemdiklat Polri

Selain Bhirawa, Pamen di wilayah Polda Metro Jaya yang terkena mutasi adalah Kombes Auliansyah Lubisyah Lubis selaku Dirreskrimsus Polda Metro Jaya. Diketahui, Kombes Auliansyah Lubisyah Lubis dimutasi menjadi Karobinops Sops Polri.

oleh Muhammad Radityo Priyasmoro diperbarui 26 Jun 2023, 15:51 WIB
Diterbitkan 26 Jun 2023, 15:51 WIB
Ilustrasi Oknum Polisi
(Ilustrasi)

Liputan6.com, Jakarta - Surat Telegram Kapolri bernomor ST/1394/IV/KEP/2023 pada 24 Juni 2023 memutasi sejumlah nama perwira menengah (Pamen), di wilayah Polda Metro Jaya. Salah satunya yang terkena mutasi adalah Kepala Bidang Profesi dan Pengamanan Polda Metro Jaya, Kombes Bhirawa Braja Paksa.

Pria yang diketahui adik bungsu dari Eks Panglima TNI Jenderal (Purn) Andika Perkasa ini dimutasi menjadi Kepala Bidang Bin Gadik Sespim Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (Lemdiklat) Polri. Selanjutnya, jabatan yang ditinggalkan oleh Bhirawa kini diisi oleh Kombes Nursyah Putra. 

Sebagai informasi, Nursyah Putra sebelumnya menjabat sebagai Kabag Standar Rowabprof Divpropam Polri.

Selain Bhirawa, Pamen di wilayah Polda Metro Jaya yang terkena mutasi adalah Kombes Auliansyah Lubisyah Lubis selaku Dirreskrimsus Polda Metro Jaya. Diketahui, Kombes Auliansyah Lubisyah Lubis dimutasi menjadi Karobinops Sops Polri. 

Sedangkan posisinya, digantikan oleh Kombes Ade Safri yang sebelumnya menjabat sebagai Kasubdit II Direktorat Tindak Pidana Umum Badan Reserse Kriminal Polri. 

Jabatan ditinggalkan Ade nantinya akan diisi oleh Kombes Sunario yang sebelumnya menjabat Kasubdit IV Ditipider Bareskrim Polri.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Komjen Agus Andrianto Jabat Wakapolri

Ilustrasi Polisi Polri. (Liputan6.com/Muhammad Radityo Priyasmoro)
Gedung Mabes Polri. (Liputan6.com/Muhammad Radityo Priyasmoro)

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menunjuk Kepala Badan Reserse dan Kriminal (Kabareskrim) Polri Komjen Pol Agus Andrianto sebagai Wakil Kepala Polisi Republik Indonesia (Wakapolri) menggantikan Komjen Gatot Eddy Pramono yang akan memasuki masa pensiun.

Adapun ini berdasarkan Surat Telegram nomor ST/1393/VI/KEP/2023. Dalam surat itu tertulis jika Gatot Eddy digantikan karena akan memasuki masa pensiun. "Komjen Pol Gatot Eddy Wakapolri dimutasikan sebagai Pati Mabes Polri (dalam rangka pensiun)," tulis dalam TR tersebut seperti dikutip, Senin (26/6/2023).

Selanjutnya, dalam surat juga tertulis bahwa Agus yang akan mengisi kekosongan jabatan Gatot selaku Wakapolri.

“Komjen Pol Agus Andrianto Kabareskrim Polri diangkat dalam jabatan baru sebagai Wakapolri," bunyi surat itu.

Kemudian, untuk mengisi kekosongan jabatan posisi Kabareskrim, Kapolri telah memilih Komjen Wahyu Widada yang sebelumnya menjabat sebagai Kabaintelkam Polri sebagai penggantinya.

"Komjen Pol Wahyu Widada Kabaintelkam Polri diangkat dalam jabatan baru sebagai Kabareskrim Polri," tulis keterangan dalam surat terkait.

Terakhir, sosok pengganti Wahyu akan diisi oleh Komjen Suntana.

“Komjen Pol Suntana Pati Baintelkam Polri (Persiapan penugasan luar struktur) diangkat dalam jabatan baru sebagai Kabaintelkam Polri," tutup keterangan surat tersebut.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya