5.000 Jemaah Sholat Idul Adha di Lapangan RS Islam Pondok Kopi

Salah seorang jemaah mengaku bahagia dapat merayakan Idul Adha pada hari Rabu ini. Dia bersyukur karena pemerintah mempersilakannya beserta warga Muhammadiyah lainnya untuk tetap merayakan Idul Adha dalam keragaman.

oleh Mevi Linawati diperbarui 28 Jun 2023, 10:12 WIB
Diterbitkan 28 Jun 2023, 10:07 WIB
Idul Adha Muhammadiyah
"Sekitar 15.000 jemaah hadir hari ini dan memenuhi beberapa sudut masjid," ujar dia kepada wartawan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Sekitar 5.000 jemaah melaksanakan Sholat Idul Adha 1444 Hijriah di lapangan parkir Masjid Baitusy Syifa Rumah Sakit Islam Jakarta, Pondok Kopi, Jakarta Timur, Rabu pagi (28/6/2023).

Bahkan lahan parkir itu tidak mampu menampung banyaknya jemaah yang ingin melaksanakan Sholat Idul Adha, sehingga beberapa warga terpaksa menggelar sajadah di Jalan Raya Pondok Kopi.

Panitia Sholat Idul Adha secara terus menerus mengimbau agar trotoar tidak digunakan untuk tempat shalat karena digunakan sebagai akses jalan. Namun, karena membeludak, banyak yang menggunakan trotoar sebagai tempat sholat. Demikian dilansir dari Antara.

Sejak pukul 06.00 WIB, jemaah mulai berdatangan ke Rumah Sakit Islam untuk melakukan Sholat Idul Adha yang pelaksanaannya dimulai pada pukul 06.30 WIB.

Namun, panitia memundurkan pelaksanaan Sholat Idul Adha hingga 30 menit karena masih banyak jemaah yang berdatangan.

"Kami minta jemaah untuk segera datang ke lokasi sholaat karena akan dimulai pukul 07.00 WIB," kata salah satu panitia melalui pengeras suara.

Panitia juga mengumumkan jumlah hewan kurban di Masjid Baitusy Syifa Rumah Sakit Islam Pondok Kopi sebanyak enam ekor sapi dan sembilan ekor kambing.

Salah seorang jemaah, Hendrik (37) mengaku bahagia dapat merayakan Idul Adha pada hari Rabu ini.

Dia bersyukur karena pemerintah Indonesia mempersilakannya beserta warga Muhammadiyah lainnya untuk tetap merayakan Idul Adha dalam keragaman.

"Saya sih merasa senang karena ramai tentunya sudah bukan lagi pandemi. Di tengah perbedaan penetapan hari Idul Adha, saya rasa ini menjadi bagian dari keragaman yang harus disyukuri," ujar Hendrik yang tinggal di Pulogebang, Cakung, Jakarta Timur itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Sholat Idul Adha Lebih Semarak

Menurut dia, perayaan hari raya kurban pada tahun ini lebih semarak dikarenakan pemerintah telah mencabut status pandemi COVID-19 menjadi endemi.

"Tahun ini lebih semarak dibandingkan tahun lalu, lebih ramai. Tentunya juga karena sudah tidak lagi pandemi," kata dia.

Badan Pengurus Harian Rumah Sakit Islam Jakarta, Muhammad Ziyad menambahkan jumlah jemaah Sholat Idul Adha mencapai 5.000 orang.

"Kami melihatnya dari pengalaman tahun lalu, jumlah jamaah mencapai 4.000 orang. Namun, Sholat Idul Adha kali ini lebih banyak dan lebih panjang safnya, sehingga diperkirakan mencapai 5.000 orang," kata Ziyad.

Aparat kepolisian terpaksa menutup akses jalan dari BKT menuju arah Stasiun Pondok Kopi maupun sebaliknya karena jamaah menumpuk di Jalan Raya Pondok Kopi.

Aparat kepolisian yang dibantu Petugas Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah (Kokam) juga mengamankan jamaah yang melaksanakan Shalat Id agar berlangsung dengan khidmat.

 

Infografis Vaksinasi PMK Hewan Ternak Digencarkan Jelang Idul Adha. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Vaksinasi PMK Hewan Ternak Digencarkan Jelang Idul Adha. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya