Ratusan Ribu Jemaah Sholat Idul Adha di Masjid Istiqlal

Ratusan ribu warga Jakarta dan sekitarnya memadati Masjid Istiqlal, Jakarta untuk Sholat Idul Adha 1444 Hijriah/2023 pada Kamis, (29/6/2023) pagi.

oleh Nila Chrisna Yulika diperbarui 29 Jun 2023, 08:33 WIB
Diterbitkan 29 Jun 2023, 08:33 WIB
Bersama Ribuan Umat Muslim, Wapres Ma’ruf Amin Laksanakan Shalat Idul Fitri 1443 H di Masjid Istiqlal
Umat muslim melaksanakan sholat Idul Fitri di Masjid Istiqlal, Jakarta, Senin (2/5/2022). Ribuan umat muslim melaksanakan sholat Idul Fitri 1443 H dengan penuh khidmat. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Liputan6.com, Jakarta - Ratusan ribu warga Jakarta dan sekitarnya memadati Masjid Istiqlal, Jakarta untuk Sholat Idul Adha 1444 Hijriah/2023 pada Kamis, (29/6/2023) pagi. 

Dikutip dari Antara, jemaah mulai berdatangan pada pukul 05.00 WIB. Metal detector disiapkan untuk pengamanan saat jemaah masuk ke masjid.

Sholat Idul Adha sendiri dimulai pada pukul 07.00 WIB dengan Imam Masjid Istiqlal H. M. Salim Ghazali dan Khatib dari Katib Am Syuriyah Pengurus Besar Nahdatul Ulama (PBNU) Abdul Moqsith Ghazali. Kapasitas Masjid Istiqlal sendiri hingga 200 ribu sampai 250 ribu orang.

Sholat Idul Adha di Masjid Istiqlal kali ini juga dihadiri oleh Wakil Presiden (Wapres) RI Ma'ruf Amin.

"Saya ucapkan selamat Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah kepada umat Islam di manapun berada," ujar Wapres Ma'ruf Amin.

Wapres mengajak masyarakat untuk merayakan Idul Adha tahun ini dalam kesederhanaan dan rasa syukur yang khidmat, seraya tetap menyalakan semangat untuk membantu sesama.

Adapun untuk penyembelihan hewan kurban di Masjid Istiqlal akan dilaksanakan pada Sabtu, (1/7/2023).

Hari Raya Idul Adha 1444 H ini menjadi kali pertama diselenggarakan setelah status endemi COVID-19 diumumkan Presiden Joko Widodo pada 21 Juni 2023 lalu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Presiden Jokowi Sholat Idul Adha di Yogyakarta

Presiden Joko Widodo (Jokowi) beserta Ibu Iriana dijadwalkan melaksanakan Sholat Id di halaman Istana Kepresidenan Yogyakarta, Kamis 29 Juni 2023.

Jokowi terlihat sholat bersama Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman, yang juga adik ipar kepala negara itu.

Jokowi yang mengenakan baju koko putih dan kopiah hitam terlihat khusyuk mengikuti sholat dan mendengar khutbah. Sementara, Anwar Usman melakukan sholat tepat di sebelah Jokowi dengan mengenakan baju koko hitam.

Setelah salat, Jokowi menyapa para jamaah lain. Ia menyalami satu persatu warga yang mendatangi. Tidak terlihat putra dan putri Jokowi menemani Sholat Idul Adha.

Bertindak sebagai imam dan khatib adalah Jauhar Mustofa. Ia bertugas sebagai Kepala Bidang Urusan Agama Islam di Kantor Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta Kementerian Agama.

Tema khutbah Sholat Idul Adha hari ini adalah "Semangat Berkurban dan Ketaatan Nabi Ismail AS". Sementara itu, Maulana Hasbulloh akan bertindak sebagai bilal dan memandu kumandang takbir.

 

Infografis Jangan Mudik Idul Adha 2021
Infografis Jangan Mudik Idul Adha 2021 (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya