Pingsan di HUT ke-77 Bhayangkara, Kondisi Ketua Bawaslu Rahmat Bagja Mulai Membaik

Ketua Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) RI Rahmat Bagja pingsan saat menghadiri perayaan HUT Bhayangkara.

oleh Lizsa Egeham diperbarui 02 Jul 2023, 19:38 WIB
Diterbitkan 02 Jul 2023, 19:35 WIB
Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Rahmat Bagja pingsan saat mengikuti rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke-77 di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta.
Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Rahmat Bagja tak sadarkan diri atau pingsan saat mengikuti rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke-77 di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta. (Dok. Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Kondisi kesehatan Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI Rahmat Bagja saat ini sudah mulai membaik. Rahmat Bagja dilarikan ke rumah sakit usai pingsan saat menghadiri HUT ke-77 Bhayangkara di Gelora Bung Karno Jakarta, Sabtu, 1 Juli 2023.

"Untuk proses membantu percepatan beliau pulih, saat ini beliau memang sudah dipindah ke Rumah Sakit Jantung Harapan Kita. Tapi saya dapat informasi sudah mengalami perbaikan, kondisinya sudah oke, tapi memang perlu pengecekan lebih lanjut," kata Anggota Bawaslu RI Lolly Suhenty di Kantor KPU RI Menteng Jakarta Pusat, Minggu (2/7/2023).

Menurut dia, para anggota Bawaslu RI sudah berbagi tugas dan pekerjaan Rahmat Bagja agar tidak menganggu persiapan Pemilu 2024. Lolly menuturkan, para anggota Bawaslu RI juga melakukan rapat pleno untuk menentukan pelaksana harian (Plh) Ketua Bawaslu.

"Kami sudah langsung berbagi kan, begitu Mas Bagja harus pulih dulu, maka kami yang handle. Kami semua berbagi peran," ujarnya.

"Kami kan langsung melakukan rapat pleno untuk Plh. Itu penting. Teman-teman meminta saya untuk Plh, tapi kita masih mau menindaklanjuti sekarang. Karena itu kan baru keputusan lisan, kan harus formal," sambung Lolly.

Ketua Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) RI Rahmat Bagja pingsan saat menghadiri perayaan HUT Bhayangkara. Kegiatan ini dilaksanakan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Sabtu, 1 Juli kemarin. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Rahmat Bagja Diduga Kelelahan

Ketua Bawaslu RI, Rahmat Bagja, pingsan saat HUT Bhayangkara ke-77 di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) (Istimewa)
Ketua Bawaslu RI, Rahmat Bagja, pingsan saat HUT Bhayangkara ke-77 di Stadion Gelora Bung Karno (https://www.liputan6.com/me/maria.flora/editGBK) (Istimewa)

Anggota Komisi III DPR RI Fraksi PDI-P Arteria Dahlan mengatakan, Rahmat Bagja pingsan diduga karena mengalami kelelahan usai mengikuti acara hari jadi Polri.

"(Pingsan diduga) Keletihan sepertinya," kata Arteria saat dihubungi merdeka.com, Sabtu, 1 Juli 2023. 

"Kini, Rahmat Bagja yang mendapatkan perawatan di RS AL Mintohardjo. Kondisinya pun disebutkan sudah mulai membaik. "(Sudah) sadar dan mulai membaik," ujarnya.


Ketua Bawaslu Sudah Sadarkan Diri Usai Pingsan di HUT Bhayangkara

Bawaslu
Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja menyampaikan pihaknya telah menugaskan Bawaslu Sumenep untuk menelusuri video viral di media sosial video soal pembagian amplop berwarna merah dengan lambang partai khas PDIP. (Merdeka.com)

Ketua Komisi Pemikuhan Umum (KPU) Hasyim Asy’ari menyampaikan kepada awak media terkait kondisi Rahmat Bagja melalui pesan singkat yang diterima, Sabtu kemarin.

"Keadaan umum sadar dan stabil," kata Hasyim Asy’ari. 

Hasyim mengaku terus mendampingi Rahmat Bagja saat insiden terjadi. Dia pun mengawal hingga yang bersangkutan dibawa oleh ambulan menuju Rumah Sakit Angkatan Laut (RSAL) Mintohardjo Jakarta.

"Sudah ditangani dan dirujuk ke IGD," jelas Hasyim.

Hasyim menambahkan, usai kondisi Rahmat Bagja berangsur membaik, penanganan lanjutan dipindahkan ke ruang ICU untuk dimonitor.

Hasyim terus meminta dukungan masyarakat untuk mendoakan agar Rahmat Bagja segera pulih.

"Mohon doanya semoga lekas pulih," dia menutup.

Infografis Kilas Balik Status Pandemi Covid-19 di Indonesia. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Kilas Balik Status Pandemi Covid-19 di Indonesia. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya