Mantap Dukung Prabowo, Eks Aktivis 98 Budiman Sudjatmiko Siap Dipecat PDIP

Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI Perjuangan batal mengumumkan nasib keanggotaan Budiman Sudjatmiko pada hari ini, Senin (21/8/2023).

oleh Delvira Hutabarat diperbarui 21 Agu 2023, 15:32 WIB
Diterbitkan 21 Agu 2023, 15:31 WIB
Prabowo Subianto dan Budiman Sudjatmiko
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan politikus PDIP Budiman Sudjatmiko (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI Perjuangan batal mengumumkan nasib keanggotaan Budiman Sudjatmiko pada hari ini, Senin (21/8/2023).

Semula, Sekretris Jenderal (Sekjen) PDIP Hasto Krirtiyanto sudah memberikan ultimatum kepada Budiman Sudjatmiko untuk mundur sebagai kader atau dipecat.

Terkait ultimatum tersebut, Budiman mengaku siap dipecat. Namun dia menegaskan tidak akan mundur dari PDIP.

"Soal siap tidak siap (dipecat), mau tidak mau, harus siap," kata Budiman kepada wartawan.

Namun, Budiman menyatakan ingin diberi kesempatan untuk menjelaskan kepada PDIP alasannya mendukung Prabowo Subianto. Menurut mantan aktivis 98 itu, hingga kini belum ada pemanggilan resmi dari DPP PDIP.

"Tapi saya ingin ada tahapan secara organisasi administratif ya, apalagi saya kalau dipanggil, saya akan menjelaskan bahwa saya tidak melakukan pelanggaran ideologis dan strategis. Justru saya mencoba apa yang selama ini jadi amanatnya Ibu Ketum (Megawati Soekarnoputri)," jelas Budiman.

Budiman mengaku mendukung Prabowo karena ingin menerjemahkan visi dan misi Megawati Soekarnoputri terkait sosok pemimpin nasional. Meski begitu, langkahnya itu hanya kesalahan administrasi saja, bukan kesalahan ideologis.

"Kalau memang itu saya dianggap kesalahan ideologis, padahal saya sedang menerjemahkan apa yang menjadi visi misinya Ibu Ketum Megawati, ya monggo," kata Budiman.

Politikus PDIP itu menyakini pemecatan adalah sanksi yang tidak pantas diterimanya lantaran ia merasa hanya melanggar administratif saja dan bukan hal substantif.

"Kalau dianggap pelanggaran sifatnya administratif organisasi nasional, ya tentu saja pemecatan adalah hukuman sanksi, menurut saya pendapat saya, tidak pantas," kata Budiman.


Budiman Tegaskan PDIP Sejati, Tidak Ada Rencana Gabung Gerindra

budiman-sudjatmiko-130904b.jpg
Budiman Sudjatmiko

Budiman juga mengaku hingga kini tidak ada rencana untuk pindah menjadi kader Partai Gerindra. Ia menyebut dirinya sudah menjadi kader sejati PDIP sejak kecil.

"Saya tidak terpikir pindah, karena saya masih PDI Perjuangan dan saya masih ada dan saya masih ada kewajiban. Tolong sampaikan, tolong tulis ya, saya ini merasa bahwa saya PDIP sejati. Saya sejak kelas 6 SD sudah ikut PDIP," kata dia.

"Jadi kalau saya dipecat ya paling banter ya itu hanya akan menghapus status administratif saya sebagai anggota PDIP. Tapi ideologis saya sama," pungkasnya.

Oleh karena itu, Budiman Sudjatmiko mengaku tidak akan mengundurkan diri secara sukarela dari PDIP.

"Untuk mundur, saya enggak. Bagi saya kalau mundur itu seperti malah saya tidak mendapatkan penjelasan, tidak punya kesempatan untuk menjelaskan apa yang menjadi argumen saya," kata Budiman.

Infografis Kode Keras Dukungan PSI ke Prabowo di Pilpres 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Kode Keras Dukungan PSI ke Prabowo di Pilpres 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya