PAN Komitmen Layani dan Bantu Masyarakat Melalui Beragam Program

Berbagai program dan aksi nyata PAN berasal dari keluhan dan keresahan masyarakat. Hal ini yang mendasari PAN menyusun sebuah program dan juga aksi sosial agar tepat sasaran.

oleh Liputan6.com diperbarui 27 Agu 2023, 05:58 WIB
Diterbitkan 27 Agu 2023, 05:06 WIB
Ketua Umum (Ketum) Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan (Zulhas) memimpin langsung pendaftaran bakal calon anggota legislatif (Bacaleg)
Ketua Umum (Ketum) Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan (Zulhas) memimpin langsung pendaftaran bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) partainya ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Jakarta Pusat, Jumat (12/5/2023).

Liputan6.com, Jakarta - Partai Amanat Nasional (PAN) berkomitmen terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Hal itu bertujuan agar PAN dapat membantu dan memberi dampak kepada masyarakat secara maksimal.

Bendahara Dewan Perwakilan Daerah (DPD) PAN Kabupaten Kediri M. Yusuf Aziz mengatakan, bentuk pelayanan yang diberikan yakni melalui beragam program dan aksi nyata. Hadirnya program PAN agar dapat membantu berbagai masalah yang dialami masyarakat.

"Pelayanan kita pada masyarakat untuk membantu kita maksimalkan," kata Aziz dikutip Sabtu 26 Agustus 2023.

Salah satu contohnya adalah gagasan PAN yang membentuk sebuah tim bernama Gercep 12. Tim tersebut mempunyai bertujuan untuk membantu masalah berat yang memerlukan perlakuan khusus.

Mulai dari kasus pemulangan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang bermasalah di luar negeri hingga membantu mengatasi kasus Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO). Namun, tidak menutup kemungkinan akan membantu masalah yang lain.

"Prinsipnya PAN ini sesuai jargonnya bantu rakyat, apa pun permasalahannya, kita akan bantu," ungkapnya.

Dia menambahkan, berbagai program dan aksi nyata PAN berasal dari keluhan dan keresahan yang dihadapi masyarakat. Hal tersebut yang mendasari PAN dalam menyusun sebuah program dan juga aksi sosial agar tepat sasaran.

"Kita selalu mendengar dan menerima aspirasi dan keluhan dari masyarakat. Itu memang merupakan tanggung jawab dan pekerjaan kami," ungkapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


PAN Komitmen Bantu Rakyat

Partai Amanat Nasional (PAN) berkomitmen penuh untuk membantu pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di seluruh Tanah Air, termasuk Lampung. Bantuan yang diberikan oleh PAN dengan menyediakan ruang untuk bimbingan para pelaku UMKM mengembangkan usaha yang digeluti.

Waketum PUAN PAN, Putri Zulkifli Hasan mengatakan peran UMKM sangat besar untuk pertumbuhan perekonomian Indonesia. Oleh karena itu, PAN senatiasa memberikan perhatian lebih terhadap pelaku UMKM untuk bisa berperan lebih bagi negara.

"Itu artinya para pelaku usaha tersebut bisa membantu perekonomian masyarakat. Saya mendukung keberadaan beragam UMKM di Provinsi Lampung agar terus dikembangkan dengan baik melalui bimbingan yang diberikan PAN," kata Putri, Sabtu (26/8/2023).

Putri memberitahu PAN melakukan bimbingan untuk pelaku UMKM yang serius mendirikan usahanya agar bisa naik level. Bimbingan tersebut mulai dari packaging, strategi promosi, dan bimbingan terhadap produk UMKM itu sendiri.

PAN melakukan pembinaan ini dikarenakan kontribusi UMKM terhadap perekonomian negara terbilang besar. Kontribusi UMKM berdasarkan data United Nations Conference on Trade and Development (UNCTAD) pada 2022 60,3 persen terhadap PDB. Selain itu, UMKM juga mampu menyerap 97 persen tenaga kerja di Indonesia.

"PAN terus berikan pelatihan yang intensif dan juga pembinaan secara khusus bagi pelaku UMKM khususnya di Lampung Jadi, nantinya bisa bersaing dengan produk-produk lainnya," ujar Putri.

Melalui pelatihan ini, PAN sangat optimistis jika ke depannya produk-produk UMKM Lampung bisa dikenal oleh banyak orang secara nasional dan internasional. PAN yakin produk yang dihasilkan oleh pelaku UMKM tidak kalah bagus kualitasnya dari produk yang dihasilkan luar negeri.

"Mudah-mudahan nanti ke depannya produk-produk UMKM dari Lampung bisa dinikmati bukan hanya oleh masyarakat sekitar Provinsi Lampung saja, tapi juga masyarakat Indonesia secara luas," ungkap Putri.

Infografis  Zulkifli Hasan Ketua Umum PAN. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Zulkifli Hasan Ketua Umum PAN. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya