Kebakaran Museum Nasional, Atap Gedung Prasejarah Roboh

Petugas pemadam kebakaran saat ini terus berusaha mendinginkan api kebakaran Museum Nasional guna mengantisipasi kemugkinan munculnya api kembali.

oleh Rifqy Alief Abiyya diperbarui 16 Sep 2023, 22:43 WIB
Diterbitkan 16 Sep 2023, 22:38 WIB
Museum Nasional Kebakaran
Kebakaran menghanguskan sebagian bangunan Museum Nasional pada pukul 20.00 WIB 16 September 2023. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Kebakaran melanda Museum Nasional, Jakarta Pusat. Si jago merah mengamuk dan melumat gedung prasejarah museum tersebut. Belum diketahui benda-benda museum yang terdampak kebakaran. Kebakaran terjadi sekitar pukul 19.45 WIB. 

"Kurang lebih sekitar empat ruangan yang menyimpan barang-barang bersejerah di belakang yang sampai dengan saat ini proses pemadam masih terus berlangsung namun yang jelas sudah dikendalikan," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Komarudin di lokasi kebakaran, Sabtu (16/9/2023).

Petugas pemadam kebakaran saat ini terus berusaha mendinginkan api kebakaran guna mengantisipasi kemugkinan munculnya api kembali.

"Alhamdulilah sejauh ini juga tidak ada korban dalam kejadian ini," Komarudin.

Menurut Komarudin, dari empat ruangan yang terbakar tersebut bila dirinci adalah dua ruang di sayap kanan dan dua ruang di tengah yang juga ada ruang tunggu.

"Empat ruangan tersebut atapnya memang roboh kalau kita lihat dari material yang cukup mudah terbakar," ujarnya.

Komarudin tidak bisa memastikan nilai kerugian akibat kebakaran tersebut. Menurutnya, hal itu nantinya dalam penelitian ahli dalam menaksir jumlah kerugian.

 


Cari Penyebab

Kebakaran hebat melanda Museum Gajah yang berada di kawasan Museum Nasional di Jalan Medan Merdeka Barat, Gambir, Jakarta Pusat, Sabtu (16/9/2023) malam. 

Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Sudin Gulkarmat) menurunkan 32 petugas untuk memadamkan kebakaran di Museum Nasional. 

 Kepala Suku Dinas Gulkamart Jakarta Pusat, Asril Rizal menjelaskan, kebakaran diterima oleh pihaknya berdasarkan laporan dari warga sekitar pukul 20.00 WIB.

"Pengerahan awal dilakukan dari sektor Gambir Jakarta Pusat dan langsung dilakukan proses pemadaman," kata Asril dalam keterangannya, Sabtu. 

Saat ini, proses pemadaman di Musem Nasional masih berlangsung dan berstatus merah. Ada pun penyebab kebakaran hingga kini belum diketahui. 

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya