Kaesang Jadi Ketum PSI, Gerindra: Punya Kedekatan dengan Prabowo

Putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep resmi diangkat sebagai ketua umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Gerindra menyambut baik.

oleh Putu Merta Surya Putra diperbarui 26 Sep 2023, 12:15 WIB
Diterbitkan 26 Sep 2023, 12:15 WIB
Silaturahmi Prabowo dan Jokowi di Solo.
Menyambut Prabowo, Jokowi ditemani Ibu Negara bersama Gibran Rakabuming, Kaesang Pangarep, dan Erina Gudono. (Foto: Dok. Instagram @jokowi)

Liputan6.com, Jakarta Putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep resmi diangkat sebagai ketua umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Gerindra menyambut baik.

Sebab Kaesang punya kedekatan dengan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto. Wakil Ketua Umum Gerindra Habiburokhman mencontohkan ketika Kaesang mengenakan kaos bergambar Prabowo.

"Kami berharap kan Mas Kaesang ini memiliki kedekatan dengan Pak Prabowo, kita tahu kan, bahkan Mas Kaesang ini punya t-shirt bergambar Pak Prabowo beberapa kali dipakai," katanya di DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (26/9/2023).

Gerindra semakin yakin Prabowo akan mendapatkan dukungan dari PSI sebagai calon presiden. Karena Kaesang diyakini akan secara konkret memberi dukungan kepada Prabowo.

"Nah kami berharap dengan bergabungnya Mas Kaesang ke PSI ya siapa tahu bisa membawa PSI secara konkret dan secara resmi mendukung Pak Prabowo sebagai capres 2024," jelas Habiburokhman.

Ia tidak ingin mengkaitkan bergabungnya Kaesang menjadi ketua umum PSI ini menjadi sinyal langkah politik Presiden Jokowi akan bersama gerbong Prabowo.

"Ya enggak tahulah kalau dikaitkan dengan Pak Jokowi, tapi ya kami melihat hal yang positif lah dengan bergabungnya Mas Kaesang ke PSI," katanya.

Gerindra sampai hari ini belum mendapatkan kepastian kapan PSI akan melakukan deklarasi dukungan kepada Prabowo.

Meski kedua partai sudah terlihat semakin erat.

"Itu saya katakan tadi kami berharap dengan Mas Kaesang jadi ketum, bisa membuat PSI mendukung pak Prabowo menjadi presiden 2024," kata Habiburokhman.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kaesang soal Capres PSI: Sabar, Kita Pelan-Pelan Dulu

Kaesang Pangarep resmi menjabat sebagai ketua umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menggantikan Giring Ganesha. Ia pun menargetkan bakal membawa partainya agar dapat masuk dalam kursi parlemen pada saat Pemilu 2024 mendatang.

"Target saya ya, Insyaallah PSI lolos Parlementary Threshold 4 persen, dan fraksi PSI akan ada di Senayan di 2024 nanti," kata dia dalam sambutannya saat Kopdarnas PSI di Djakarta Theater, Senin (25/9/2023).

Kaesang menyampaikan didapuknya ia sebagai Ketum baru tidak ingin muluk-muluk. Bahkan dirinya yang merupakan anak Presiden Jokowi mengaku optimis untuk mengantar partainya lolos di pemerintahan.

Lebih lanjut, dirinya pun menyinggung perihal arah koalisi partainya. Lantas dia memberikan ciri sosok yang akan dideklarasikan sebagai Capres 2024. Diantaranya adalah nasionalis muda hingga memiliki bukti dari janjinya.

"Lalu siapa sih pemilih kita? Siapa pemilih PSI? Ceruk, elektoral mana yang akan kita sasar? Pemilih PSI itu jelas yaitu pada nasionalis muda dan nasionalis berjiwa muda," ungkap Kaesang.

"Enggak apa-apa tua umur sedikit, yang penting jiwanya muda. Mereka kaum nasionalis yang bosan dengan praktik korupsi, praktik diskriminasi."

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya