Polisi Usut Dugaan Malpraktik di RS Kartika Husada Bekasi

Ditreskrimsus Polda Metro Jaya turun tangan mengusut dugaan malpraktik yang terjadi di Rumah Sakit (RS) Kartika Husada, Jatiasih, Kota Bekasi, Jawa Barat.

oleh Ady Anugrahadi diperbarui 03 Okt 2023, 14:23 WIB
Diterbitkan 03 Okt 2023, 14:10 WIB
RS Kartika Husada Bekasi Dilaporkan ke Polisi, Buntut Anak Mati Batang Otak Usai Operasi Amandel
Pengacara keluarga pasien anak diduga korban malapraktik di RS Kartika Husada Bekasi. Kasus dugaan malapraktik yang menyebabkan anak mengalami mati batang otak usai operasi amandel ini dilaporkan ke Polda Metro Jaya. (Liputan6.com/Ady Anugrahadi)

Liputan6.com, Jakarta Ditreskrimsus Polda Metro Jaya turun tangan mengusut dugaan malpraktik yang terjadi di Rumah Sakit (RS) Kartika Husada, Jatiasih, Kota Bekasi, Jawa Barat.

Kasus ini ditangani setelah menerima laporan dari orangtua korban melalui penasihat hukum ke Polda Metro Jaya pada Selasa, 29 September 2023 lalu.

Laporan terhadap RS Kartika Husada Bekasi tersebut terdaftar dengan nomor: LP/B/5814/IX/2023/SPKT/POLDA METRO JAYA.

Dalam kasus ini, anak kliennya meninggal dunia setelah menjalani operasi amandel di Rumah Sakit (RS) Kartika Husada, Jatiasih, Kota Bekasi, Jawa Barat.

Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak menerangkan, pihaknya akan melakukan serangkaian upaya penyelidikan atas laporan tersebut.

Kasus yang melibatkan RS Kartika Husada Bekasi ini ditangani Unit 1 Subdit Indag Ditreskrimsus Polda Metro Jaya.

"Untuk laporan polisi dimaksud pagi ini telah diterima oleh Tim Penyidik Unit 1 Subdit Indag Ditreskrimsus Polda Metro Jaya, dan akan dilakukan penyelidikan untuk menemukan ada atau tidak peristiwa pidana yang terjadi," ujar dia.

Ade menerangkan, pihaknya akan mengundang klarifikasi terhadap pelapor dan para saksi-saksi. Pemeriksaan saksi dijadwalkan pada pekan ini.

"Minggu ini sudah dischedulkan oleh tim penyelidik Subdit Indag Ditreskrimsus Polda Metro Jaya," ujar dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Anak Diduga Korban Malapraktik di RS Kartika Husada Bekasi Meninggal Dunia

Pasien anak diduga korban malapraktik usai menjalani operasi amandel di Rumah Sakit (RS) Kartika Husada, Jatiasih, Kota Bekasi, Jawa Barat dilaporkan meninggal dunia.

Korban berinisial A (7) divonis mengalami mati batang otak setelah menjalani operasi amandel.

Kabar duka ini dikonfirmasi langsung oleh ayah pasien anak A, Albert Francis. Korban dugaan malapraktik ini meninggal dunia pada pukul 18.45 WIB, Senin, 2 Oktober 2023 tadi.

"Betul, anak saya sudah meninggal dunia," kata Albert saat dihubungi, Senin malam.

Sebelumnya diberitakan, RS Kartika Husada Bekasi dilaporkan ke polisi buntut kasus dugaan malapraktik hingga menyebabkan pasien anak mengalami mati batang otak.

Laporan dilayangkan ke Polda Metro Jaya pada Selasa, 29 September 2023 lalu. Laporan tersebut terdaftar dengan nomor: LP/B/5814/IX/2023/SPKT/POLDA METRO JAYA.

Penasihat hukum orangtua pasien, Cahaya Christmanto Anakampun mengaku telah berkoordinasi dengan penyidik Ditreskrimsus Polda Metro Jaya pada hari ini, Senin (2/10/2023) terkait laporannya tersebut.

"Saya mendapatkan surat kuasa dari Albert di mana beliau adalah orang tua dari korban yang diduga ada tindak pidana malapraktik, baik itu kelalaian. Kami sudah berkoordinasi dengan Ditreskrimsus Polda Metro bahwa perkara ini akan diutamakan dan akan segara diselidiki karena sifatnya urgent," kata dia di Polda Metro Jaya.

Cahaya menerangkan, kliennya punya dua orang anak yakni J (10) dan A (7) menderita gangguan pada amandel. Ketika itu, mereka berdua menjalani operasi amandel di RS Kartika Husada Bekasi.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya