Jokowi Optimistis Timnas Indonesia Menang Lawan Guinea dan Lolos Olimpiade Paris 2024

Kekalahan Timnas Indonesia U-23 dari Irak membuatnya harus menunda peluang lolos ke Olimpiade Paris 2024. Timnas Indonesia harus memanfaatkan peluang terakhir dengan memenangkan laga play off melawan Guinea untuk lolos ke Olimpiade 2024.

oleh Tim News diperbarui 04 Mei 2024, 06:41 WIB
Diterbitkan 04 Mei 2024, 06:41 WIB
Foto: Bawa Sang Ayah, Momen Nathan Tjoe-A-On Foto Bareng Presiden Jokowi saat Timnas Indonesia Vs Brunei
Calon pemain naturalisasi Timnas Indonesia Nathan Tjoe-A-On (ketiga kanan) bersama sang ayah sedang bercengkrama dengan Ketua Umum PSSI Erick Thohir (kedua kiri) pada laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia antara Timnas Indonesia melawan Brunei di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Kamis (12/10/2023). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) tetap memuji penampilan timnas Indonesia meski kalah melawan Irak pada perebutan juara tiga Piala Asia U-23 2024. Jokowi menilai, para pemain asuhan Shin Tae-Yong sudah berusaha sangat bagus.

"Sangat bagus sekali, semangat sangat bagus sekali," kata Jokowi di Jiexpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (3/5/2024).

Lebih lanjut, Jokowi tetap optimistis Garuda Muda bisa menang melawan Guinea dan lolos ke Olimpiade Paris 2024.

"Ya pokoknya kalau harapan, ditanya harapan saya pasti menang. Optimistis menang," ucap Jokowi.

Timnas Indonesia U-23 harus menerima kenyataan pahit takluk oleh Irak di pertandingan perebutan juara ke-3 Piala Asia U-23 Qatar.

Indonesia hanya bisa mencetak 1 gol ke Gawang Hussein Hasan, sedangkan Irak berhasil melesakkan 2 gol ke gawang Ernando Ari.

Hal itu membuat Timnas Indonesia harus menunda langkahnya untuk bisa melaju ke turnamen bergengsi Olimpiade Paris 2024 mendatang. Timnas Indonesia terlebih dahulu harus berjuang di laga penentuan melawan Guinea U-23.

Layak Diapresiasi

Jokowi juga mengunggah sejumlah potret Timnas Indonesia meladeni performa Irak di lapangan hijau. Jokowi menyebut pencapaian Indonesia sebagai tim debutan hingga ke semifinal Piala Asia U23 layak diapresiasi.

Lewat unggahan di akun Instagram terverifikasi, Jumat (3/5/2024), Jokowi mengajak Tim Merah Putih dan masyarakat Indonesia menjaga semangat menuju Olimpiade Paris 2024.

"Timnas Sepakbola U-23 Indonesia harus rela setelah dikalahkan Irak 1-2 dalam perjuangannya di Piala Asia AFC U-23. Sebagai tim debutan, capaian hingga semifinal layak diapresiasi," cuitnya.

“Tetap semangat, Garuda Muda, rebutlah tiket Olimpiade Paris 2024 di laga playoff melawan Guinea!” Jokowi mengakhiri. Saat artikel ini disusun, 370 ribuan orang mengirim tanda hati.

Tak kurang dari 3.600 komentar menggenangi kolom. Tak sedikit yang mengapresiasi kinerja Timnas Indonesia mengingat target awal sampai perempat final.

 

Reporter: Muhammad Genantan Saputra

Merdeka.com

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kekalahan dari Irak Bukan Akhir Segalanya

Ketua PSSI, Erick Thohir bersama pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.
Ketua PSSI, Erick Thohir bersama pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. (Bola.com/Dok.PSSI).

Sementara itu, Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (Ketum PSSI) Erick Thohir mengatakan pencapaian Timnas Indonesia U-23 atau Garuda Muda pada Piala Asia U-23 2024 sudah membanggakan Indonesia meskipun belum lolos ke Olimpiade Paris 2024.

"Garuda Muda membanggakan! Pencapaian Garuda Muda di Piala Asia U-23 begitu luar biasa. Tampil sebagai tim debutan, tapi mampu menjadi salah satu dari empat tim terbaik di turnamen ini," ujar Erick Thohir, seperti dikutip dari akun sosial media Instagram miliknya @erickthohir, Jumat (3/5/2024).

Menurut Erick Thohir, seluruh masyarakat Indonesia bersatu mendukung dan Timnas U-23 juga sudah memberikan yang terbaik. Dia pun menegaskan, kekalahan saat berlaga melawan Irak bukan akhir segalanya, sebab masih ada laga playoff.


Harus Bisa Manfaatkan Kesempatan Terakhir

Timnas Indonesia U-23 Vs Korea Selatan U-23 Piala Asia U-23 2024
Ketua Umum PSSI, Erick Thohir (kanan) memberikan selamat kepada para pemain Timnas Indonesia U-23 setelah menang atas Korea Selatan U-23 pada babak adu penalti dalam laga perempat final Piala Asia U-23 2024 di Abdullah bin Nasser bin Khalifa Stadium, Qatar, Jumat (26/04/2024) WIB. (Dok. PSSI)

Peluang Garuda Muda pun masih terbuka untuk bisa tampil pada Olimpiade Paris 2024 juga masih terbuka melalui laga playoff melawan Guinea.

"Ini bukan akhir, melainkan babak baru sepak bola Indonesia yang bersih dan berprestasi. Peluang kita untuk bisa tampil di Olimpiade masih terbuka. Kita harus berjuang di pertandingan melawan Guinea. Bismillah," kata Erick.

Pada unggahan selanjutnya, Erick mengunggah sebuah video yang memberikan semangat kepada Garuda Muda. Menyertai unggahan videonya, Erick memberikan semangat kepada Garuda Muda untuk tak goyah meski sudah kalah melawan Irak.

"Kita masih harus berjuang. Kesempatan terakhir untuk bisa tampil di Olimpiade harus kita manfaatkan sebaik-baiknya. Bangkit dan buat Indonesia bangga," tutup Erick.

Infografis Timnas Indonesia U-23 Berburu Tiket Terakhir Olimpiade Paris 2024 dan Harapan Menang Lawan Guinea
Infografis Timnas Indonesia U-23 Berburu Tiket Terakhir Olimpiade Paris 2024 dan Harapan Menang Lawan Guinea (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya