Hasil Survei Citra Naik Jadi 73,1 Persen, Polri Terus Genjot Kinerja dan Pelayanan Publik

Polri menanggapi hasil survei Litbang Kompas yang menunjukkan tren kenaikan citra positif terhadap institusinya.

oleh Nanda Perdana Putra diperbarui 22 Jun 2024, 06:53 WIB
Diterbitkan 22 Jun 2024, 06:51 WIB
Kadiv Humas Polri Irjen Sandi Nugroho (Liputan6.com/Ady Anugrahadi)
Kadiv Humas Polri Irjen Sandi Nugroho (Liputan6.com/Nanda Perdana Putra)  

Liputan6.com, Jakarta - Polri menanggapi hasil survei Litbang Kompas yang menunjukkan tren kenaikan citra positif terhadap institusinya. Hal itu diyakini menjadi bukti masyarakat yang semakin percaya terhadap lembaga penegak hukum tersebut.

Kadiv Humas Polri Irjen Sandi Nugroho mengatakan, kepercayaan masyarakat terhadap Polri terus meningkat menjadi 73,1 persen, sebagaimana survei Litbang Kompas pada Juni 2024. Hasil tersebut lebih meningkat dari survei sebelumnya yakni Agustus 2023 sebesar 66 persen dan Desember 2023 dengan 71,6 persen.

"Alhamdulillah masyarakat semakin percaya terhadap Polri, pada survei oleh Litbang Kompas kemarin sudah dirilis menjelang HUT Bhayangkara naik menjadi 73 persen. Mohon doanya, mudah-mudahan ini menjadi berkah buat kepolisian sebelum ultah kepolisian agar kinerja kepolisian semakin baik lagi," tutur Sandi di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat (21/6/2024).

Sandi menyebut, kepercayaan publik terhadap Polri meningkat lantaran transformasi Polri melalui program Prediktif, Responsibilitas dan Transparansi Berkeadilan alias Presisi yang digagas oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Hasil penilaian masyarakat yang positif terhadap Polri pun menjadi penyemangat agar kinerja kepolisian semakin baik.

"Berbagai indikator yang sudah disusun oleh Litbang Kompas tentu saja secara komperhensif baik itu mencakup masalah integritas, komitmen pimpinan, demikian juga perubahan yang sudah dilaksanakan oleh Polri dalam meningkatkan kinerja dan meningkatkan pelayanan publik kepada masyarakat," kata Sandi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Survei Litbang Kompas

Diketahui, hasil survei Litbang Kompas periode Juni 2024 menunjukkan peningkatan citra terhadap delapan lembaga negara. Polri berada diperingkat dua teratas dengan kepuasan mencapai 73,1 persen.

Survei dilakukan pada 27 Mei-2 Juni 2024 melalui wawancara tatap muka kepada 1.200 responden yang dipilih secara acak dengan metode pencuplikan sistematis bertingkat di 38 provinsi. Tingkat kepercayaan metode tersebut 95 persen dan margin of error plus minus 2,83 persen.


Hasil Survei

Litbang Kompas menyatakan bahwa survei ini sepenuhnya dibiayai oleh harian Kompas. Berikut hasil survei Litbang Kompas periode Juni 2024 terkait penilaian citra sejumlah lembaga negara:

TNI 89,8 persen

Polri 73,1 persen

DPD 68,6 persen

Kejaksaan 68,1 persen

MA 64,8 persen

DPR 62,6 persen

MK 61,4 persen

KPK 56,1 persen

Infografis Ragam Ulah Turis Asing Sewa Sepeda Motor di Bali. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Ragam Ulah Turis Asing Sewa Sepeda Motor di Bali. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya