Panglima TNI Sebut Akan Ada Show Udara pada Upacara HUT RI di IKN dan Istana Negara

Upacara HUT ke-79 RI pada 17 Agustus 2024 nantinya akan digelar di dua tempat, yakni di IKN Nusantara, Kalimantan Timur dan di Istana Negara, Jakarta.

oleh Tim News diperbarui 10 Jul 2024, 17:18 WIB
Diterbitkan 10 Jul 2024, 17:18 WIB
20160817-Atraksi Sukhoi dan F-16 Meriahkan Hut RI ke-71
Enam pesawat tempur Sukhoi dan F-16 milik TNI Angkatan Udara memeriahkan Upacara Peringatan HUT RI ke-71 di Jakarta, Rabu (17/8). Mereka membentuk Arrow Head Formation pada ketinggian 800 kaki. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto mengatakan, bakal ada penampilan atraksi udara dari anggotanya pada upacara Hari Ulang Tahun ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI) pada 17 Agustus 2024 di Ibu Kota Nusantara (IKN) Kalimantan Timur serta di Istana Negara, Jakarta.

Diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan akan melakukan upacara HUT ke-79 RI di IKN bersama sejumlah pejabat negara lainnya.

"Kita ada show dari udara, LPD juga dan sebagainya," kata Agus kepada wartawan di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (10/7/2024).

Lebih lanjut, Agus mengungkapkan bahwa prajurit TNI juga akan ditempatkan di dua lokasi, yakni IKN dan Istana Negara Jakarta saat upacara HUT RI 17 Agustus 2024 nanti. 

"Persiapan 17 Agustus, keterlibatan kita di 2 tempat di IKN dengan di Istana Negara, kemungkinan nanti di IKN (dihadiri) bapak presiden, di Istana Negara (dihadiri) bapak Wapres," ujar Panglima TNI.

Alasan Upacara HUT RI Digelar di 2 Tempat

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan alasan upacara 17 Agustus 2024 digelar di dua tempat, yakni Ibu Kota Nusantara (IKN) Kalimantan Timur dan Istana Kepresidenan Jakarta.

Jokowi menjelaskan, saat ini adalah masa transisi perpindahan ibu kota dari Jakarta ke Nusantara. Sehingga, perlu ada transisi yang terlihat.

"Ini kan masa transisi, masa transisi dari Jakarta menuju ke IKN Nusantara. Agar ada perjalanan menuju pindahnya itu kelihatan. Jadi di sini (Jakarta) tetap dilakukan, di sana (IKN) tetap dilakukan," kata Jokowi usai meninjau Posyandu terintegrasi RW 02 RPTRA Taman Sawo Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (11/6/2024)

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Transportasi hingga Akomodasi di IKN Masih Terbatas

Pemerintah bersama Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) terus menyiapkan berbagai sarana dan prasarana untuk pelaksanaan upacara HUT RI ke-79 di IKN.
Pemerintah bersama Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) terus menyiapkan berbagai sarana dan prasarana untuk pelaksanaan upacara HUT RI ke-79 di IKN.

Alasan lainnya, karena tranportasi hingga akomodasi belum memadai jika upacara 17 Agustus dilakukan sepenuhnya di IKN. Maka dari itu, ada juga yang digelar di Istana Kepresidenan Jakarta.

"Termasuk juga urusan yang berkaitan dengan mobilisasi, transportasi, akomodasi itu tidak mudah," kata Jokowi.

Jokowi menambahkan, kemungkinan upacara HUT RI bakal dilakukan secara bersamaan di IKN pada tahun depan setelah diterbitkannya aturan yang baru.

"Nah nanti tahun depan kalau sudah ada keputusan presiden mengenai perpindahan baru nanti di IKN saja," kata Jokowi.

Diberitakan sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal memimpin upacara 17 Agustus 2024 di Ibu Kota Nusantara (IKN). Sedangkan, Wakil Presiden Ma'ruf Amin bakal memimpin upacara di Istana Jakarta.

"Pak Wapres yang di sini, IKN insyaallah pak Presiden langsung," kata Menko PMK Muhadjir Effendy di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (10/6/2024).

 

Reporter: Nur Habibie

Merdeka.com

Infografis Misi Agustus 2024 Upacara HUT RI di Halaman Istana IKN Nusantara
Infografis Misi Agustus 2024 Upacara HUT RI di Halaman Istana IKN Nusantara (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya