Injak Usia ke-22, Toya Devasya Hadirkan Dua Program Inovatif Go Digital dan Storynomics

Toya Devasya menghadirkan dua program inovatif dalam rangka ulang tahun ke-22.

oleh Fachri diperbarui 20 Jul 2024, 12:01 WIB
Diterbitkan 20 Jul 2024, 12:01 WIB
Toya Devasya.
Wisata Jeep di kawasan Batur, Kintamani yang banyak didukung oleh Toya Devasya. (Foto: Rofiqi Hasna)

Liputan6.com, Bangli Dalam rangka ulang tahun yang ke-22, Toya Devasya menghadirkan dua program inovatif. Kedua program itu adalah digitalisasi bisnis serta pengembangan storynomics atau wisata narasi.

“Ini sesuai dengan visi kami untuk selalu selangkah berada di depan,” kata pendiri To Devasya, I Ketut Mardjana.

Sebagaimana diketahui, program digitalisasi dilakukan dengan membangun website yang mengintegrasikan semua layanan Toya Devasya, mulai dari pemesanan tiket, pembayaran hingga layanan pemesanan menu di restoran itu.

Sementara bagi manajemen, digitalisasi menyediakan data-data yang terkini dan terupdate sehingga memudahkan pengontrolan bisnis dan penyusunan strategi pengembangan bisnis.

Di sisi lain, Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Bangli, Marjana pun mengatakan akan menyiapkan standar keamanan agar layanan yang dihadirkan memberikan kenyamanan untuk kustomer. 

"Terkait dengan keberadan aplikasi-aplikasi online untuk pemesanan tiket, tidak akan merubah kerja sama yang sudah terjalin selama ini dan kami mengedepankan kolaborasi yang saling menguntungkan di antara berbagai pihak," katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Toya Devasya.
Konsultan teknologi informasi Harland Firman Agus pada peluncuran Go Digital serangkaian Ultah ke-22 Toya Devasya pada Jumat (19/7/2024). (Foto: Rofiqi Hasan)

Proses digitalisasi tersebut pun melibatkan konsultan teknologi informasi, Harland Firman Agus yang membangun sistem dari awal dan melakukan kustomasi berdasarkan informasi dari pihak Toya.

Harland Firman Agus menyebut bahwa kerja sama dengan Toya Devasya sebagai proyek yang sangat menantang. Ia mengatakan, selama ini telah banyak melakukan digitalisasi namun sebatas untuk layanan Food and Beverage di sejumlah restoran.

“Sekarang ini adalah proyek untuk industri hospitality yang lebih luas di mana ada layanan hotel, fasilitas wisata unik pemandian air panas, camping ground dan berbagai fasilitas lainnya,” sebutnya.

 


Tentang Storynomics

Toya Devasya.
Talkshow storynomics serangkaian Ultah ke-22 Toya Devasya pada Jumat (19/7/2024) menghadirkan tokoh Ni Luh Djelantik, penulis Dee Lestari dan Andre Syahreza. (Foto: Istimewa)

Selain launching Go Digital , Toya Devasya juga meluncurkan program storynomics atau wisata narasi. Langkah ini ditandai dengan peluncuran buku berjudul Eat, Play, Love yang ditulis oleh Andre Syahreza. 

Buku ini bukan hanya mengungkapkan sejarah berdirinya obyek wisata itu, tetapi menggali lebih luas latar belakang dan kaitannya dengan linkungan alam dan budayanya.

Misalnya, mengenai keberadaan gunung batur, danau kintamani serta cerita rakyat lokal mengenai raja Bali yang menikah dengan putri Kan Cing Wei dari negeri China.

Andre menuturkan, kisah-kisah semacam ini sangat penting untuk mengedukasi wisatawan lebih memahami keberagaman budaya dan tak sekedar menikmati obyek tertentu.

“Jadi mereka akan datang karena narasi membuat mereka memiliki kedekatan emosional,” tuturnya.

Sementara itu, Dee Lestari yang hadir saat peluncuran mengatakan, storynomics membuat orang tidak hanya mengetahui tentang data dan fakta tetapi mampu mengajak ornag itu untuk datang dan terlibat di sebuah lokasi.

“Ini yang harus kita ciptakan dan segarkan terus, apalagi di era medsos ini dimana setiap orang bisa membuatnya narasinya sendiri-sendiri,” tuturnya. 

Toya Devasya.
Pendiri Toya Devasya Ketut Marjana menunjukkan buku Eat, Play, Love pada peluncuran program Go Digital dan Storynomics serangkaian Ultah ke-22 Toya Devasya pada Jumat (19/7/2024). (Foto: Rofiqi Hasan)

Ketut Marjana mengungkapkan, buku itu bisa menjadi warisan bagi anak cucu agar nilai perjuangan yang sudha pernah dilakoni bisa diwarisi oleh anak cucunya. Ia mengenang kondisi dirinya yang lahir di Kintamani, Bangli dalam kondisi kemiskinan.

Namun dengan tekat yang kuat akhirnya menempuh pendidikan ke Pulau Jawa sampai akhirnya berhasil menduduki jabatan Dirut PT Pos. Setelah berada di puncak karier itu, dia kemudian pulang kampung membangun Toya Devasya sebagai salah-satu cara untuk membayar hutang budi pada kampung halamannya.

“Saya selalu ingat saat berangkat pertama ke Jawa, semua tetangga dan orang kampung membekali saya dengan apa yang mereka miliki,” kenangnya. 

 

(*) 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya