Pemerintah Siap Sulap Wisma Atlet di Jakarta Jadi Hunian ASN

Selain hunian ASN, Wisma Atlet yang ada di Kemayoran, Jakarta Pusat juga akan dimanfaatkan untuk komersil. Sementara bangunan bekas Wisma Atlet di Jakabaring, Palembang kini telah disulap menjadi hunian komersil untuk milenial.

oleh Muhammad Radityo Priyasmoro diperbarui 06 Agu 2024, 20:42 WIB
Diterbitkan 06 Agu 2024, 20:42 WIB
RSDC Wisma Atlet Berhenti Operasi 31 Desember 2022
Pemandangan Rumah Sakit Darurat COVID-19 (RSDC) Wisma Atlet, Jakarta, Minggu (25/12/2022). Pemerintah menghentikan operasional Wisma Atlet Kemayoran sebagai Rumah Sakit Darurat COVID-19 mulai akhir tahun ini seiring dengan semakin rendahnya kasus COVID-19 secara nasional dalam beberapa waktu terakhir. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengatakan, saat ini pemerintah sedang menggodok payung hukum untuk menyulap wisma atlet yang berada di Kemayoran, Jakarta Pusat menjadi hunian untuk Aparatur Sipil Negara (ASN).

Hal itu disampaikan Sri Mulyani usai rapat bersama Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

“Kita perlu melakukan ke depannya, itu aset itu jangan hanya jadi tambahan biaya saja untuk pembiayaan tapi juga perlu ada pemanfaatan,” kata Sri di Kantor Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta, Selasa (6/8/2024).

Sri mengungkap, pemerintah menyiapkan payung hukum berupa instruksi presiden (inpres) yang baru untuk manfaatkan aset tersebut agar bisa berdampak positif untuk kegiatan ekonomi di sekitarnya dan untuk Jakarta. Termasuk juga berfungsi untuk publik.

“Jadi saat ini sedang dirumuskan oleh teman-teman dalam Inpres baru, sehingga menyeimbangkan manfaat aset itu dengan berbagai dimensi utamanya segi biayanya. Itu kan ada 10 tower di sana,” ungkap Sri.

Sri memastikan, payung hukum terkait akan diselesaikan dalam satu pekan. Rencana sementara, selain untuk dikomersilkan, karena banyaknya tower dan kamar, maka wisma atlet juga dimungkinkan dijadikan hunian ASN.

“Minat dari beberapa aktivitas komersial ada, namun sisi lain juga akan jadi perumahan ASN, karena banyak sekali ASN di sekitar wisma atlet ini. Kita nanti akan lihat karena kan masih ada aktivitas di Jakarta untuk beberapa kementerian akan stay di sini,” ucap Sri memungkasi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pernah Jadi RS Darurat Covid-19

FOTO: Nakes dan Pasien COVID-19 Main Angklung Peringati 1 Tahun RSDC Wisma Atlet
Sejumlah tenaga kesehatan memainkan angklung di RSDC Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta, Selasa (23/3/2021). Acara tersebut dilakukan dalam rangka satu tahun beroperasinya RSDC Wisma Atlet Kemayoran. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Diketahui usai digunakan fasilitas penunjang para atlet di Asian Games 2018, tempat tersebut pernah difungsikan sebagai rumah sakit darurat dan tempat karantina pasien Covid-19.

Sebagai informasi, wisma atlet pada ajang Asian Games 2018 tidak hanya ada di Jakarta. Namun juga di Palembang. Diketahui, pada 2023, wisma atlet di Palembang sudah dialihfungsikan menjadi hunian bagi para millenial.

 


Diubah Jadi Hunian Komersil untuk Milenial

Eks Wisma Atlet Asian Games 2018 Jadi Hunian Milenial di Palembang
Apartemen Samesta yang dulunya dipakai untuk wisma atlet saat Asean Games 2018, kini menjadi hunian komersil bagi kaum milenial di kawasan Jakabaring Sport City (JSC) Palembang Sumsel (Liputan6.com / Nefri Inge)

Bangunan Wisma Atlet di Palembang itu kini disulap menjadi hunian komersil di Jakabaring yang didirikan di atas lahan 5 hektare. Dengan konsep milenial, bangunan bekas Wisma Atlet itu menjadi solusi dari tingginya kebutuhan rumah layak huni di Palembang.

Seperti diberitakan kanal regional Liputan6 pada 28 Agustus 2023, Direktur Utama Perum Perumnas Budi Saddewa Soediro berujar, ada 3 unit tower yang berisi 1.107 unit, yang terdiri dari tipe studio seluas 19 dan 23 meter persegi dan tipe 2 bedroom seluas 27-33 meter persegi.

Infografis Menyulap Wisma Atlet Jadi RS Darurat Corona. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Menyulap Wisma Atlet Jadi RS Darurat Corona. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya