Heru Budi Ungkap Ada Kirab Bendera Merah Putih dari Jakarta ke IKN 10 Agustus 2024

Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono mengatakan akan ada kirab bendera merah putih pada 10 Agustus 2024. Kirab akan digelar dari Monumen Nasional (Monas), Jakarta menuju Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan.

oleh Winda Nelfira diperbarui 06 Agu 2024, 22:35 WIB
Diterbitkan 06 Agu 2024, 22:35 WIB
Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menanggapi Bawaslu yang menyebut tengah mewaspadai potensi kerawanan Pilkada 2024 di DKI Jakarta.
Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono. (Liputan6.com/ Winda Nelfira)

Liputan6.com, Jakarta Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono mengatakan akan ada kirab bendera merah putih pada 10 Agustus 2024. Kirab akan digelar dari Monumen Nasional (Monas), Jakarta menuju Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan.

Adapun bendera pusaka dan duplikat teks proklamasi bakal diserahkan oleh Heru Budi kepada pasukan pengibar bendera mulai dari Monas menuju ke Bandar Udara Halim Perdana Kusuma untuk selanjutnya diterbangkan ke IKN.

"Jadi kirab tanggal 10 (Agustus 2024) pagi hari, jam 8 diawali di Monas, kepala sekretariat presiden akan memberikan kepada paskibra yaitu bendera dan duplikat proklamasi. Arak-arakan dari Monas ke Halim," kata Heru Budi Hartono kepada wartawan di Jakarta, Selasa (6/8/2024).

Menurut Heru, diprediksi akan ada kurang lebih 30.000 masyarakat yang bakal menyaksikan proses tersebut.

"Begitu sampai di IKN prosesnya tentu dengan gubernur setempat sampai dengan diletakkannya di tempat yang sudah ditempatkan di Istana IKN," ucap Heru.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) belum terlibat dalam proses kirab bendera jelang Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 RI. Jokowi, kata Heru hanya hadir di H upacara 17 Agustus 2024 di IKN.

Sedangkan pasukan pengibar bendera pusaka (paskibraka) bertolak ke IKN pada 9 Agustus 2024. "Mereka akan dikukuhkan di masing-masing daerah dan dibuka oleh Pak Presiden di IKN," ujar Heru.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Istana Siapkan 2.000 Undangan untuk Upacara 17 Agustus di IKN

Kesiapan IKN Menggelar Upacara Peringatan HUT ke-79 Republik Indonesia
Kesiapan IKN menggelar upacara peringatan HUT ke-79 Republik Indonesia. Foto menunjukkan Istana Kepresidenan Indonesia di Ibu Kota Nusantara, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, pada tanggal 11 Juli 2024. (Yasuyoshi CHIBA/AFP)

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengatakan, pihaknya hanya menyiapkan 2.000 undangan untuk upacara HUT ke-79 Kemerdekaan RI di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur. Pasalnya, sarana dan prasarana di IKN masih terbatas.

Nantinya, Istana akan membagi undangan upacara HUT RI di IKN untuk dua sesi, yakni 1.000 undangan untuk upacara pengibaran bendera pagi hari. Sementara itu, 1.000 undangan lainnya untuk upacara penurunan bendera sore hari.

"Semua ada keterbatasan, maka dari itu di IKN maupun di Jakarta upacara penyelenggaraan 17 Agustus dengan undangan kurang lebih di IKN kami mempersiapkan 1.000 di pagi hari, sore hari 1.000 plus yang 380 di main hall," kata Heru sebagaimana disiarkan di Youtube Sekretariat Presiden, Jumat (2/8/2024).

Selain di IKN, pemerintah juga menggelar HUT ke-79 RI di halaman Istana Merdeka dengan jumlah tamu undangan sebanyak 3.000 orang. Upacara di Istana Merdeka akan mengikuti prosesi upacara kemiliteran di IKN.

"Untuk di Jakarta 1.500 (undangan) pagi dan 1.500 sore," ujar Heru Budi Hartono.


Istana Batasi Keinginan Ormas Ikut Upacara HUT RI di IKN

Presiden Jokowi dan Mensesneg Pratikno di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Senin (29/7/2024).
Presiden Jokowi dan Mensesneg Pratikno di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Senin (29/7/2024). (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)

Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno mengakui, animo organisasi masyarakat atau ormas yang ingin ikut upacara Kemerdekaan di Ibu Kota Nusantara (IKN) sangat tinggi. Menurut dia, hal itu dibuktikan dari banyaknya surat masuk ke pihak Istana.

"Sebetulnya ada keinginan yang luar biasa untuk hadir di IKN, surat-surat masuk, saya tidak hafal ya (pengirimnya), ada surat masuk dari organisasi macam-macam kita terima," kata Pratikno di kantor Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta, Selasa (6/8/2024).

Pratikno pun harus menahan keinginan ormas karena tidak semua bisa diundang ke IKN dalam momentum tersebut. Alasannya, kapasitas IKN Nusantara masih terbatas.

"Kami sampaikan bahwa peserta upacara di IKN itu adalah by invitation ya. Kita yang undang karena sekali lagi itu kan sangat-sangat terbatas," jelas Pratikno. 

Pratikno menambahkan, saat ini peserta upacara 17 Agustus di IKN difokuskan kepada peserta dari masyarakat setempat. 

Menurut dia, pengkondisian masyarakat setempat tidak membutuhkan akomodasi yang besar seperti tiket pesawat dan penginapan.

Infografis Misi Agustus 2024 Upacara HUT RI di Halaman Istana IKN Nusantara
Infografis Misi Agustus 2024 Upacara HUT RI di Halaman Istana IKN Nusantara (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya