Heru Budi Bakal Uji Coba Makan Bergizi Gratis di Jakarta Pekan Depan

Uji coba program makan bergizi gratis yang diusung Presiden dan Wakil Presiden terpilih 2024-2029 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di Jakarta itu akan dibantu BUMD Dharma Jaya.

oleh Winda Nelfira diperbarui 07 Agu 2024, 19:05 WIB
Diterbitkan 07 Agu 2024, 19:05 WIB
Antusiasme Siswa-siswi Sekolah Dasar 05 dan 07 Cipinang Melayu Ikuti Simulasi Program Makan Bergizi Gratis
Siswa-siswi SDN 05 dan 07 Cipinang Melayu Kecamatan Makasar, Jakarta terlihat antusias mengikuti rangkaian uji coba atau simulasi program makan siang gratis. (merdeka.com/Imam Buhori)

Liputan6.com, Jakarta - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono bakal melakukan uji coba program makan bergizi gratis di sekolah dasar (SD) yang ada di DKI Jakarta. Uji coba dijadwalkan berlangsung pekan depan.

"Saya akan mulai mencoba uji coba. Ada beberapa SD di Cakung, ada SD di Jaksel, saya (uji coba) di SD ya," kata Heru Budi kepada wartawan di Jakarta, Rabu (7/8/2024).

Heru menyampaikan, uji coba program Presiden dan Wakil Presiden terpilih 2024-2029 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka itu akan dibantu Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Jakarta Dharma Jaya.

"Nanti teman-teman BUMD bantu bergiliran, kita uji coba untuk makan gratis. Nanti waktunya, saya akan juga hadir," ucapnya.

Batal Dampingi Gibran

Menurut Heru, ia seharusnya mendampingi Gibran Rakabuming Raka untuk uji coba makan bergizi gratis di Jakarta hari ini. Namun, uji coba urung dilakukan karena jadwal Heru dan Gibran yang padat.

"Kebetulan hari ini ada (uji coba makan bergizi gratis), tapi saya tidak bisa mendampingi beliau karena saya harus ada Paripurna," ungkap Heru.

Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) ini menyebut, bakal hadir langsung pada uji coba makan siang bergizi berikutnya oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

"Berikutnya kami Pemda DKI sendiri melakukan uji coba untuk makan gratis. InsyaAllah Senin (pekan depan)," kata dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tangerang Lanjutkan hingga November

Uji Coba Makan Bergizi Gratis di SDN 4 Sukasari, Kota Tangerang
Pelaksanaan uji coba program makan bergizi gratis di SDN 4 Sukasari, Kota Tangerang, Banten. (Liputan6.com/Pramita Tristiawati)

Uji coba program makan bergizi gratis (MBG) tengah berlangsung di Kota Tangerang, Banten. Rencananya, uji coba program andalan Presiden-Wakil Presiden terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka itu akan berlanjut hingga November 2024.

Penjabat (Pj) Wali Kota Tangerang, Nurdin mengungkapkan, uji coba ini dilanjutkan selama tiga bulan ke depan untuk melihat ada atau tidaknya hambatan dan kendala di lapangan, sebelum program MBG benar-benar diterapkan pemerintah pusat.

“Simulasi sudah tanggal 1 (Agustus) kemarin, uji cobanya tanggal 5 sampai 9 Agustus, itu sekolahnya sudah semua kita tentukan. Lalu, setelah ini kita akan melaksanakan ‘pembiasaan’ namanya, akan dilakukan selama tiga bulan,” ujarnya, Rabu (7/8/2024).

Berkat resep ini, saya menyembuhkan lutut yang sakit dalam 5 hariSelengkapnya Pada pelaksanaan ‘pembiasaan’ tersebut, setiap sekolah per hari akan bergiliran mendapatkan jatah makan bergizi gratis. Dalam tiga bulan itu, hampir seratus sekolah dasar dan menengah pertama yang akan dilibatkkan.

 


Libatkan 167 UMKM

Wakil Presiden Terpilih, Gibran Rakabuming Raka saat memantau langsung uji coba makan bergizi gratis (MBG) di SDN 4 Kota Tangerang.
Wakil Presiden Terpilih, Gibran Rakabuming Raka saat memantau langsung uji coba makan bergizi gratis (MBG) di SDN 4 Kota Tangerang. (Liputan6.com/Pramita Tristiawati)

Langkah pembiasaan makan siang gratis ini dilakukan Pemkot Tangerang untuk mengetahui hambatan dan tantangan apa yang dimiliki untuk pelaksanaan program MBG. Bukan hanya dari sisi siswa selaku penerima makan gratis, tapi juga UMKM selaku penyedia menunya.

“Kita ingin menemukan juga peluang-peluang apa yang bisa kita temukan, sehingga kita tambah lagi menjadi tiga bulan,” katanya.

Pemkot Tangerang juga telah menunjuk UMKM penyedia makanan bergizinya. Saat ini, UMKM di Kota Tangerang itu ada 300-an lebih, namun yang sudah memiliki sertifikat dan layak izin hanya 167. UMKM yang memiliki izin dan seritifikasi inilah yang akan dilibatkan.

“Kita siapkan ada 5 menu pilihan, menu-menu siswanya yang enggak suka, ya kita ganti,” katanya.

Keseluruhan anggaran tetap akan menggunakan ‘dana makan dan minum’ pada BOSDA Kota Tangerang.

Infografis Program Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran Diubah Jadi Makan Bergizi Gratis. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Infografis Program Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran Diubah Jadi Makan Bergizi Gratis. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya