Soal Hoaks 'Hamil di Luar Nikah', Polisi Akan Periksa Aaliyah Massaid dan Thariq Halilintar

Pemanggilan menindaklanjuti laporan polisi (LP) yang dilayangkan Aaliyah Massaid terhadap tiga akun media sosial soal tudingan hamil di luar nikah.

oleh Jonathan Pandapotan PurbaAdy Anugrahadi diperbarui 26 Agu 2024, 13:52 WIB
Diterbitkan 26 Agu 2024, 13:50 WIB
Aaliyah Massaid dan Thariq Halilintar. (Foto: Dok. Instagram @aaliyah.massaid)
Aaliyah Massaid dan Thariq Halilintar (Foto: Dok. Instagram @aaliyah.massaid)

Liputan6.com, Jakarta - Aktris Aaliyah Massaid (22) dan Thariq Halilintar akan dimintai keterangan sebagai saksi atas kasus dugaan pencemaran nama baik.

Pemanggilan menindaklanjuti laporan polisi (LP) yang dilayangkan Aaliyah Massaid terhadap tiga akun media sosial soal tudingan hamil di luar nikah.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi membenarkan, penyidik telah menjadwalkan pemeriksaan terhadap kedua pasangan suami-istri. Adapun, pemeriksaan rencananya dilakukan Kamis, 29 Agustus 2024.

"Akan dilakukan pemberian informasi pemberian keterangan di tanggal 29 Agustus Pelapor (AM) dan suaminya (TH)," kata dia kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Senin (26/8/2024).

Ade Ary mengatakan, Aaliyah Massaid dan Thariq Halilintar mengkonfirmasi kehadirannya. Kepada penyidik, menyampaikan akan hadir memenuhi panggilan polisi.

"Akan datang tanggal 29 Agustus," tandas dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Penyelidikan

Sebelumnya, Penyelidikan dilakukan oleh Ditreskrimsus Polda Metro Jaya usai menerima laporan dari Aaliyah Massaid ke Polda Metro Jaya. Laporan tercatat dengan nomor : LP/B/4974/VIII/2024/SPKT/POLDA METRO JAYA, tanggal 22 Agustus 2024.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi menerangkan, isu soal hamil diluar nikah disebarkan oleh dua akun TikTok dan satu akun Youtube. Adapun, username TikTok tersebut yakni @esmeralda_9999 dan @medialestar sedangkan untuk username akun Youtube @infomedia3180.

"Itu akan dilakukan pendalaman, bagian yang akan didalami," ucap dia.

Ade Ary mengatakan, postingan di akun ini membahas soal Aaliyah Massaid yang disebut 'hamil di luar nikah'. Padahal faktanya, tak demikian. "Pelapor (AM) sampai saat ini tidak hamil," ujar Ade Ary.

Ade Ary mengatakan, pelapor malu dan merasa terserang kehormatannya sebagai seorang wanita. Sehingga membuat laporan ke Polda Metro Jaya.

Dalam laporannya, pelapor turut menyertakan tangkapan layar yang berisikan informasi hoaks yang disebarkan oleh akun media sosial tersebut.


Pasal

Dalam kasus ini, pemilik akun terancam Pasal 27A Jo Pasal 45 ayat (4) UU no 1 tahun 2024 tentang Perubahan Kedua atas UU No 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) dan/atau pasal 310 dan/atau pasal 311 dan/atau pasal 315 KUHP.

Sementara itu, Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak menambahkan, tim dari Subdit Cyber Ditreskrimsus Polda Metro Jaya sedang melakukan penyelidikan atas dugaan tindak pidana yang dilaporkan.

Hal ini untuk mencari dan menemukan suatu peristiwa yang diduga sebagai tindak pidana, guna menentukan dapat atau tidaknya dilakukan penyidikan.

'Penyelidikan yang dilakukan atas dasar adanya laporan polisi yang dibuat oleh Aaliyah Massaid," tandas dia.

Infografis Pencegahan dan Bahaya Mengintai Akibat Cuaca Panas. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Pencegahan dan Bahaya Mengintai Akibat Cuaca Panas. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya