Anies Berencana Bentuk Partai Baru, Pengamat Ingatkan soal Tantangan Berat

Anies Baswedan dikabarkan tengah mempertimbangkan untuk mendirikan partai politik. Pengamat politik Ujang Komarudin mengingatkan Anies akan menghadapi tantangan besar dalam membangun partai, mulai dari pendanaan hingga basis massa yang solid.

oleh Tim News diperbarui 05 Sep 2024, 08:14 WIB
Diterbitkan 05 Sep 2024, 08:14 WIB
Mantan calon presiden (capres) Anies Baswedan Saat ditemui awak media di kediamannya, Jalan Lebak Bulus Dalam, Cilandak, Jakarta Selatan, Selasa (7/5/2024).
Mantan calon presiden (capres) Anies Baswedan Saat ditemui awak media di kediamannya, Jalan Lebak Bulus Dalam, Cilandak, Jakarta Selatan, Selasa (7/5/2024). (Liputan6.com/Winda Nelfira)

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dikabarkan tengah mempertimbangkan untuk mendirikan organisasi masyarakat (ormas) atau partai politik baru. Rencana ini muncul setelah Anies tak bisa ikut dalam kontestasi Pilkada 2024.

Pengamat politik dari Universitas Al-Azhar Indonesia, Ujang Komarudin menilai wacana Anies ini mengikuti pola yang diterapkan oleh Partai Nasional Demokrat (NasDem) di mana Anies sendiri merupakan salah satu pendirinya.

"Mungkin Anies ingin membangun ormas terlebih dahulu, lalu bermetamorfosis menjadi partai politik," ujar Ujang Komarudin di Jakarta, Kamis, (5/9/2024).

Namun, Ujang juga mengingatkan Anies akan menghadapi sejumlah tantangan besar jika ingin membangun partai baru. Tantangan pertama adalah pendanaan. "Dibutuhkan dana besar untuk mendirikan dan menjalankan partai, minimal Rp2 triliun," ungkapnya.

"Selain pendanaan, Anies juga harus mengumpulkan tokoh-tokoh hebat yang memiliki basis massa yang kuat di daerah," lanjut Ujang.

Membangun partai hanya untuk mengantarkan Anies sendiri akan menjadi tugas yang berat.

Ujang juga menekankan pentingnya basis massa yang solid sebab partai tanpa basis massa akan kesulitan berkembang. Terlebih, dalam 10 tahun terakhir, partai-partai baru dan kecil sulit untuk lolos ke Senayan dengan ambang batas parlemen (PT) 4 persen.

Ujang menyimpulkan, Jika Anies ingin mendirikan partai, dia harus mempertimbangkan dengan matang semua aspek, mulai dari pendanaan, tokoh, hingga basis massa.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Anies Baswedan Siap Buat Partai Sendiri: Semangat Perubahan Semakin Besar

Bakal cagub di Pilkada Jakarta 2024, Anies Baswedan
Bakal cagub di Pilkada Jakarta 2024, Anies Baswedan (Liputan6.com/ Winda Nelfira)

Usai gagal mengikuti Pilkada 2024, Anies Baswedan mengungkapkan keresahannya atas gerakan semangat perubahan yang semakin hari terus membesar dan menguat. Demi mengakomodir hal tersebut, dia pun berencana membuat sebuah partai atau organisasi masyarakat (ormas) sendiri.

"Bila untuk mengumpulkan seluruh semangat perubahan yang sekarang makin hari semakin terasa besar dan itu menjadi sebuah kekuatan, diperlukan menjadi gerakan, maka membangun ormas atau membangun partai baru mungkin itu jalan yang akan kami tempuh," tutur Anies dalam siaran langsung di akun YouTube pribadinya, Jumat (30/8/2024).

Anies meminta masyarakat dapat menunggu terealisasinya niatan tersebut. Dia berharap prosesnya dapat segera selesai dan langsung mengakomodir suara perubahan rakyat.

"Kita lihat sama-sama ke depan, semoga tidak terlalu lama lagi kita bisa mewujudkan langkah-langkah konkret untuk bisa mewadahi gerakan yang sekarang ini makin hari makin membesar, menginginkan Indonesia yang lebih setara, demokrasi yang lebih sehat. Politik yang lebih mengedepankan policy, gagasan," jelas dia.

Anies mengaku juga menerima masukan lain dari berbagai pihak bahwa dirinya lebih baik berkarir di luar negeri. Hanya saja, dia tidak sejalan dengan saran tersebut.

"Ada yang usul saya ke lembaga-lembaga internasional, ada yang beri usul saya untuk mengajar di kampus-kampus di luar negeri. Saya jawab tidak, Insyaallah tidak. Saya mencintai Indonesia secara tanpa syarat. Di sini saya dilahirkan, di sini saya dibesarkan, dan di sini saya akan berjuang. Kecintaan pada Indonesia membuat saya tidak akan bisa meninggalkan tanah ini, Anies menandaskan.

Infografis Peluang Anies Baswedan dan Prediksi 3 Paslon Maju Pilkada Jakarta 2024. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Infografis Peluang Anies Baswedan dan Prediksi 3 Paslon Maju Pilkada Jakarta 2024. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya