Mentan Amran Terpantau Hadiri Sidang Awal Masa Jabatan Anggota DPR, MPR, dan DPD RI

Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman menghadiri Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Anggota DPR, DPD, dan MPR RI masa jabatan 2024-2029 di Ruang Paripurna, Gedung Nusantara MPR/DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (1/10/2024).

oleh Fachri pada 01 Okt 2024, 18:40 WIB
Diperbarui 01 Okt 2024, 18:38 WIB
Amran Sulaiman.
Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman saat menghadiri pelantikan dan sidang awal masa jabatan Anggota DPR, MPR dan DPD di Gedung Nusantara II, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, (Selasa, 1/10/2024). (Foto: Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman menghadiri Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Anggota DPR, DPD, dan MPR RI masa jabatan 2024-2029 di Ruang Paripurna, Gedung Nusantara MPR/DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (1/10/2024). Selain dirinya, pelantikan dan pengambilan sumpah itu juga dihadiri oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Mentan pun duduk dalam deretan kursi kehormatan bersama Presiden Terpilih sekaligus Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto, Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto, dan Menko Polhukam, Hadi Tjahjanto. Terlihat Mentan Amran memakai setelan jas berwarna hitam beserta kopiah, dengan dasi berwarna merah.

Sebanyak 580 calon anggota DPR RI terpilih dan 152 calon anggota DPD RI terpilih berdasarkan Surat Keputusan KPU RI tentang Hasil Pemilu 2024 Periode 2024-2029 yang dilantik sebagai wakil rakyat pada hari Selasa di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta.

Anggota DPR yang dilantik juga bertambah dari 575 menjadi 580 orang, sedangkan anggota DPD RI bertambah dari 136 menjadi 152 orang dibandingkan periode sebelumnya.

Adapun partai politik yang lolos itu, yakni PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai Gerindra, Partai Kebangkitan Bangsa, Partai NasDem, Partai Keadilan Sejahtera, Partai Demokrat, dan Partai Amanat Nasional.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Proses Pelantikan

Sah, Ini Momen Pengucapan Sumpah dan Janji Anggota DPR 2024-2029
Pelantikan ditandai dengan pengucapan sumpah janji sebagai anggota dewan terpilih. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Prosesi pelantikan anggota DPR, DPD, dan MPR RI masa jabatan 2024-2029 diawali pembacaan penetapan pimpinan sementara DPR, DPD, dan MPR RI oleh masing-masing sekretaris jenderal ketiga lembaga tersebut.

Sekretaris Jenderal DPR RI, Indra Iskandar membacakan penetapan pimpinan sementara DPR RI yang berasal dari perwakilan anggota dewan dengan usia tertua Guntur Sasono dan termuda Annisa Mahesa.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal DPD RI, Rahman Hadi membacakan penetapan pimpinan sementara DPD RI yang berasal dari perwakilan anggota dewan dengan usia tertua Ismeth Abdullah dan termuda Larasati Moriska.

Sedangkan, Sekretaris Jenderal MPR RI, Siti Fauziah membacakan penetapan pimpinan sementara DPD RI yang berasal dari perwakilan anggota dewan dengan usia tertua Guntur Sasono dan termuda Larasati Moriska.

Prosesi pengucapan sumpah/janji para anggota DPR, DPD, dan MPR RI, dipimpin oleh masing-masing pimpinan sementara DPR, DPD, dan MPR RI. Sebelum pengucapan sumpah/janji, masing-masing Sekretaris Jenderal DPR, DPD, dan MPR RI membacakan Petikan Keputusan Presiden Nomor 115/P Tahun 2024 tanggal 30 September 2024 tentang Peresmian Pengangkatan Keanggotaan DPR, DPD, dan MPR RI Masa Jabatan Tahun 2024-2029.

Pengucapan sumpah/janji para anggota DPR, DPD, dan MPR RI dipandu oleh Ketua Mahkamah Agung Muhammad Syarifuddin. Sebanyak 732 anggota DPR, DPD, dan MPR RI terpilih kemudian mengucapkan sumpah/janji jabatan yang dipandu oleh Ketua Mahkamah Agung Muhammad Syarifuddin.

 

(*)

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya