Abcandra Muhammad Akbar Supratman Terpilih Jadi Wakil Ketua MPR dari Unsur DPD RI

Anggota DPD RI dari daerah pemilihan Sulawesi Tengah, Abcandra Muhammad Akbar Supratman, terpilih sebagai Wakil Ketua MPR RI periode 2024-2029 mewakili unsur DPD RI.

oleh Tim News diperbarui 03 Okt 2024, 05:49 WIB
Diterbitkan 03 Okt 2024, 05:45 WIB
Anggota DPD RI dari daerah pemilihan Sulawesi Tengah, Abcandra Muhammad Akbar Supratman, terpilih sebagai Wakil Ketua MPR RI periode 2024-2029 mewakili unsur DPD RI.
Anggota DPD RI dari daerah pemilihan Sulawesi Tengah, Abcandra Muhammad Akbar Supratman, terpilih sebagai Wakil Ketua MPR RI periode 2024-2029 mewakili unsur DPD RI. (Dok. Tangkapan Layar YouTube DPD RI)

Liputan6.com, Jakarta - Anggota DPD RI dari daerah pemilihan Sulawesi Tengah, Abcandra Muhammad Akbar Supratman, terpilih sebagai Wakil Ketua MPR RI periode 2024-2029 mewakili unsur DPD RI. Abcandra berhasil mengungguli Fadel Muhammad yang berada di posisi kedua dalam pemilihan tersebut.

Keputusan ini disampaikan oleh Wakil Ketua DPD RI, Tamsil Linrung, setelah proses pemungutan dan penghitungan suara putaran kedua yang dihadiri 143 anggota, yang berlangsung sejak Rabu (2/10) malam.

"Hasil dari putaran kedua, Abcandra Akbar 93 suara, dan Fadel Muhammad 50 suara. Dengan demikian, yang suara terbanyak dan dinyatakan terpilih untuk mewakili DPD di MPR RI sebagai Wakil Ketua MPR RI adalah Abcandra Akbar," ujar Tamsil saat memimpin Rapat Pleno Kelompok DPD di MPR RI di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, pada Kamis dini hari (3/10/2024).

Pada putaran pertama, Abcandra memperoleh 45 suara, diikuti oleh Fadel Muhammad dengan 38 suara, Daud Yordan 29 suara, Agustin Teras Narang 17 suara, Ahmad Nawardi 13 suara, dan Maya Rumantir satu suara.

"Maka kita akan melakukan pemungutan suara kembali untuk putaran kedua, dan yang masuk ke putaran kedua adalah Abcandra dengan Fadel Muhammad," tambah Tamsil.

Dengan demikian, Abcandra akan mendampingi Ahmad Muzani, yang telah disepakati sebagai Ketua MPR RI dalam Rapat Pimpinan Gabungan Sementara MPR RI pada Rabu (2/10) malam.

 


Ahmad Muzani Jadi Ketua MPR

Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani
Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani di gedung Parlemen. (Foto: Liputan6.com/Delvira Hutabarat).

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal Partai Gerindra, Ahmad Muzani, diputuskan sebagai Ketua MPR RI periode 2024-2029. Keputusan ini diambil dalam rapat gabungan pimpinan sementara MPR RI dengan para pimpinan fraksi dan kelompok DPD RI di DPR, di Senayan, Jakarta, Rabu (2/10) malam.

"Secara musyawarah mufakat, calon ketua MPR yang telah disepakati dalam rapat gabungan ini adalah calon yang diusulkan dari Fraksi Partai Gerindra, namanya adalah sahabat saya, kolega saya di pimpinan MPR periode yang kemarin, Bapak H Ahmad Muzani," kata Ketua Fraksi PDIP MPR, Ahmad Basarah, di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (2/10).

Muzani akan didampingi oleh delapan Wakil Ketua MPR yang ditetapkan oleh masing-masing fraksi politik di MPR, termasuk calon dari kelompok DPD RI yang dipilih melalui proses pemilihan tersebut.

 


Penetapan Pimpinan MPR

Rapat paripurna untuk menetapkan susunan pimpinan MPR dijadwalkan akan berlangsung pada Kamis (3/10) pukul 10.00 pagi WIB.

"Tinggal menetapkan susunan pimpinan MPR yang baru, dipimpin oleh H Ahmad Muzani, didampingi oleh delapan Wakil Ketua MPR RI dari fraksi-fraksi partai politik dan kelompok DPD RI yang akan ditetapkan besok," pungkas Basarah.

 

Reporter: Muhammad Genantan Saputra

Sumber: Merdeka.com

Infografis Anggota DPR, DPD, MPR 2024-2029 Termuda hingga Tertua. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Anggota DPR, DPD, MPR 2024-2029 Termuda hingga Tertua. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya