Serba-Serbi Jelang Pelantikan Prabowo Sebagai Presiden RI

Jelang pelantikan Prabowo, sejumlah kabar menjadi perhatian publik. Mulai tentang kasak-kusuk nama-nama calon menteri yang masuk pemerintahan Prabowo, hingga soal hubungan Prabowo dengan Megawati yang dikabarkan menghangat.

oleh Muhammad Ali diperbarui 10 Okt 2024, 10:11 WIB
Diterbitkan 10 Okt 2024, 07:36 WIB
Presiden Terpilih RI periode 2024-2029 Prabowo Subianto mengutarakan tidak akan sungkan mengajak para eks menteri di kabinet Jokowi untuk bergabung.
Presiden Terpilih RI periode 2024-2029 Prabowo Subianto mengutarakan tidak akan sungkan mengajak para eks menteri di kabinet Jokowi untuk bergabung. (Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden terpilih Prabowo Subianto akan dilantik pada Minggu 20 Oktober 2024. Pelantikan tersebut akan berlangsung di Gedung MPR-DPR Jakarta, bukan di Ibu Kota Nusantara (IKN) Kalimantan Timur. 

Jelang pelantikan Prabowo, sejumlah kabar menjadi perhatian publik. Mulai tentang kasak-kusuk nama-nama calon menteri yang masuk pemerintahan Prabowo, hingga soal hubungan Prabowo dengan Megawati yang dikabarkan menghangat.

Selain itu, Jokowi juga menggelar pertemuan dengan Prabowo jelang masa pensiun. Keduanya bertemu di kawasan Jakarta Pusat yang membahas sejumlah hal. 

Berikut ini serba serbi jelang pelantikan Prabowo sebagai Presiden yang dihimpun Liputan6.com, Kamis (10/10/2024): 

1. Pelantikan di Gedung MPR-DPR, Bukan di IKN

Wakil Ketua MPR Ahmad Muzani mengatakan, pelantikan Prabowo Subianto sebagai Presiden RI periode 2024-2029 tidak digelar di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

Menurut dia, Prabowo akan dilantik di Gedung MPR-DPR, Senayan, Jakarta pada 20 Oktober 2024.

"Pelantikan (Presiden-Wapres Terpilih) di Senayan," kata Muzani di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (28/6/2024).

2. Dihadiri Jokowi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menghadiri pelantikan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka menjadi presiden dan wakil presiden periode 2024-2029 di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI), Senayan, Jakarta. Pelantikan presiden akan dilakukan pada 20 Oktober 2024.

"Insyaallah datang. Jadi Pak Presiden memang sejak awal sudah mengatakan datang di pelantikan. So pasti lah, Pak Presiden hadir di pelantikan nanti 20 Oktober," kata Menteri Sekretaris Negara Pratikno kepada wartawan di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (8/10/2024).

Menurut Pratikno, Jokowi dan Prabowo akan melakukan pisah sambut di Istana Kepresidenan Jakarta, usai pelantikan. Prosesi ini juga dilakukan saat Jokowi baru dilantik sebagai presiden pada tahun 2014, menggantikan Presiden keenam RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

3. Dilantik dengan Penetapan dari MPR, Bukan Hanya Keputusan KPU

Ketua MPR RI ke-16, Bambang Soesatyo (Bamsoet), mengungkapkan bahwa pelantikan Prabowo Subianto sebagai Presiden RI dan Gibran Rakabuming Raka sebagai Wakil Presiden RI, serta pelantikan presiden dan wakil presiden di masa-masa mendatang, akan disempurnakan dengan Ketetapan MPR.

Menurut Bamsoet, hal ini berbeda dengan sebelumnya, di mana proses penetapan hingga pelantikan Presiden dan Wakil Presiden hanya dilakukan melalui Keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Berita Acara Pelantikan di MPR.

Bamsoet menjelaskan bahwa Ketetapan MPR tentang pelantikan tersebut telah diatur dalam Perubahan Tata Tertib MPR, tepatnya di Pasal 120 ayat 3, yang menyatakan bahwa pelantikan Presiden dan Wakil Presiden ditetapkan dengan Ketetapan MPR.

"Ketetapan MPR ini bersifat penetapan atau beschikking, serta bersifat administratif semata guna menindaklanjuti Keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) tentang Penetapan Calon Presiden dan Wakil Presiden yang memperoleh suara terbanyak pada Pemilihan Umum. Hal ini sesuai dengan wewenang MPR melantik Presiden dan/atau Wakil Presiden sebagaimana diatur pada pasal 3 ayat (2) UUD NRI 1945," ujar Bamsoet dalam keterangannya, Selasa (24/9/24).

TNI Polri Diminta Jaga Stabilitas

Presiden Terpilih Prabowo Subianto pada acara di JCC Senayan, Jakarta, Rabu, 9 Oktober 2024. (Foto: Liputan6.com/Arief RH)
Presiden Terpilih Prabowo Subianto pada acara di JCC Senayan, Jakarta, Rabu, 9 Oktober 2024. (Foto: Liputan6.com/Arief RH)

4. TNI Polri Diminta Jaga Stabilitas 

Presiden Jokowi juga meminta TNI-Polri menjaga stabilitas jelang pelantikan Presiden terpilih Prabowo Subianto dan Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka. Pelantikan presiden dan wakil presiden akan digelar pada 20 Oktober 2024.

Hal itu disampaikan Presiden Jokowi kepada pejabat TNI-Polri di Istana Negara Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Kamis (12/9/2024).

"Kita sadar semuanya Oktober bulan depan itu akan ada pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih, satu bulan lebih sedikit akan ada pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih," kata Jokowi.

5. Prabowo Persiapkan Rencana Kerja

Presiden Joko Widodo atau Jokowi senang Presiden Terpilih, Prabowo Subianto mempersiapkan semua program dan rencana kerja dengan baik. Dia pun meyakini proses transisi pemerintahannya ke Prabowo akan berjalan dengan mulus.

"12 hari lagi transisi kepemimpinan nasional akan terjadi, tanggal 20 Oktober yang akan datang, Bapak Jenderal TNI Purnawirawan Prabowo Subianto akan dilantik sebagai Presiden RI," kata Jokowi saat menghadiri BNI Investor Daily Summit di JCC Senayan, Jakarta, Selasa (8/10/2024).

6. Panggil Calon Menteri

Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani mengungkapkan, bahwa sudah ada beberapa orang yang dipanggil Presiden Terpilih Prabowo Subianto untuk masuk dalam jajaran kabinet. Muzani menyebut, untuk nomenklatur kementerian juga sudah mulai disusun oleh Prabowo.

"Orang dan nomenklatur sudah mulai disusun dan bahkan sudah mulai ada yang dipanggil," kata Muzani, saat diwawancarai di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (9/10).

7. Umumkan Kabinet 21 Oktober

Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani menyatakan pengumuman menteri di kabinet Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka akan dilakukan satu hari pasca pelantikan yakni 21 Oktober 2024.

“Pokoknya, 20 Oktober dilantik, mungkin 21 akan diumumkan,” kata Muzani di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (9/10/2024).

 

Bertemu Megawati hingga Jokowi

Presiden Jokowi makan bakso bersama Menteri Pertahanan sekaligus capres nomor urut 2 Prabowo Subianto di Pasar Desa Bandongan, Magelang, Jawa Tengah, Senin (29/1/2024). (Merdeka.com/Muhammad Genantan Saputra)
Presiden Jokowi makan bakso bersama Menteri Pertahanan sekaligus capres nomor urut 2 Prabowo Subianto di Pasar Desa Bandongan, Magelang, Jawa Tengah, Senin (29/1/2024). (Merdeka.com/Muhammad Genantan Saputra)

8. Rencana Bertemu Megawati Sebelum Pelantikan

Ketua DPP PDIP Puan Maharani kembali membocorkan waktu pertemuan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarno Putri dengan presiden terpilih 2024-2029 Prabowo Subianto. Saat ditanya apakah pertemuan akan terjadi di antara tanggal 12-15 Oktober 2024, Puan tidak membantah.

“Insya Allah, kemungkinan,” kata Puan di Kompleks Parlemen Senayan Jakarta, Senin (7/10/2024).

Sementara itu, saat dikonfirmasi terpisah Ketua DPP PDIP Said Abdullah menyatakan, pertemuan keduanya untuk membahas tukar pikiran antara presiden.

9. Bertemu Jokowi 

Presiden Joko Widodo (Jokowi) membagikan momen saat sedang makan berdua Presiden terpilih, Prabowo Subianto di Hutan Kota by Plataran, kawasan Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta, Selasa (8/10/2024).

Jokowi mengatakan dirinya dan Prabowo dua jam lebih berdiskusi sambil makan malam bersama.

Melalui akun instagramnya @jokowi, Jokowi mengunggah foto makan malam bersama dengan Prabowo. Dari foto yang diuunggah, tampak Jokowi yang mengenakan kemeja putih dan Prabowo Subianto sedang duduk berhadapan di sebuah meja makan.

"Diskusi santai sambil santap malam bersama Presiden Terpilih Pak @prabowo. Tidak terasa dua jam lebih," kata Jokowi melalui akun media sosialnya.

Jokowi dan Prabowo tengah berbicara serius. Dalam foto tersebut, hanya ada Jokowi dan Prabowo. Tak terlihat kehadiran pejabat lain ikut mendampingi keduanya.

10. Menteri Jokowi Masuk Kabinet

Presiden Terpilih Prabowo Subianto mengungkapkan sejumlah orang yang masuk susunan kabinet di pemerintahannya nanti. Ia mengakui banyak menteri penyokong Presiden Joko Widodo (Jokowi) masuk daftar orang kepercayaannya nanti.

Dia mengatakan, hal ini berkaitan dengan proses transisi pemerintahan dari Jokowi ke dirinya. Menurut dia, ini jadi satu proses transisi yang paling lancar.

"Sekarang saya dalam transisi ini merasa sangat dibantu, sangat didukung oleh pak Jokowi dan timnya," kata Prabowo dalam BNI Investor Daily Summit 2024, di JCC Senayan, Jakarta, Rabu (9/10/2024).

Dia mengatakan, dalam penyusunan kabinet yang akan membantunya nanti, diisi sejumlah menteri Jokowi. 

"Bahkan dalam saya menyusun kabinet kok saya melihat banjak juga ya menteri-menteri yang akan datang ya, banyak juga yang berada di kabinet yang sekarang begitu," ungkapnya.

Infografis Prabowo Akan Ajak Sebagian Menteri Jokowi di Kabinetnya. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Prabowo Akan Ajak Sebagian Menteri Jokowi di Kabinetnya. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya