Momen Akhir Bersama Jokowi, Sampai Jumpa dan Terima Kasih

Jokowi resmi purnatugas dari jabatan Presiden RI. Setelah menghadiri pelantikan Prabowo dan Gibran, Jokowi bersama Iriana pun pulang ke kampung halamannya di Solo, Jawa Tengah.

oleh Muhammad Radityo Priyasmoro diperbarui 20 Okt 2024, 19:01 WIB
Diterbitkan 20 Okt 2024, 19:01 WIB
Presiden Ketujuh RI Jokowi meninggalkan Landasan Udara (Lanud) Halim Perdanakusuma menuju ke Solo, Jawa Tengah, Minggu (20/10/2024).
Presiden Ketujuh RI Jokowi meninggalkan Landasan Udara (Lanud) Halim Perdanakusuma menuju ke Solo, Jawa Tengah, Minggu (20/10/2024). (tangkapan layar youtube Sekretariat Presiden)

Liputan6.com, Jakarta - Joko Widodo (Jokowi) sudah purnatugas sebagai Presiden Republik Indonesia usai memimpin selama dua periode, 2014-2019 dan 2019-2024. Banyak suka duka dan pasang surut tantangan yang dihadapi Jokowi bersama para menterinya di Kabinet Indonesia Maju.

Tak ayal momen terakhir para menteri bersama Jokowi diwarnai situasi yang mengharu biru. Tak terkecuali bagi mereka yang baru berabung di periode kedua.

Pantauan di lokasi Landasan Udara (Lanud) Squadron Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Minggu (20/10/2024) sore, Jokowi yang turun dari mobil Maung Garuda bersama Presiden Prabowo Subianto langsung disambut oleh para menteri kabinetnya yang tiba lebih dulu.

Hampir seluruh menterinya terpantau hadir, termasuk jajaran kepala aparat penegak hukum seperti Jaksa Agung ST Burhanudin, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, hingga Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto.

Mereka berjejer satu garis lurus dekat dengan pintu tangga pesawat untuk disalami satu per satu oleh Jokowi.

Terlihat mata mereka berkaca-kaca, salah satunya Menko Polhukam Hadi Tjhajanto yang menggenggam erat tangan Jokowi sembari menatap matanya.

Berdasarkan rekam jejak keduanya, Hadi dan Jokowi memiliki kedekatan historis semenjak di Solo hingga Hadi menjadi Panglima TNI dan masuk di kabinet Jokowi sebagai Menteri Agraria Tata Ruang (ATR)/Badan Pertanahan Negara (BPN) dan Kemenko Polhukam yang ditinggalkan Mahfud Md untuk berkontestasi di Pilpres 2024.

 

Waktu Berlalu Cepat

Presiden ketujuh RI Joko Widodo atau Jokowi menyapa masyarakat dari mobil yang ditumpanginya ke Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Minggu (20/10/2024)
Presiden ketujuh RI Joko Widodo atau Jokowi menyapa masyarakat dari mobil yang ditumpanginya ke Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Minggu (20/10/2024). (tangkapan layar youtube Sekretariat Presiden)

Selain Hadi, ada juga menteri yang mengaku sangat sedih dengan berakhirnya masa kepemimpin Jokowi. Dia adalah Budi Arie Setiadi. Sosok yang mulai dikenal publik lewat kelompok relawan binaannya, Projo ini dipercaya Jokowi menjabat sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika menggantikan Johhny Plate yang ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Budi memang bukan relawan Jokowi kemarin sore. Dia sudah menjadi Jokowi garis keras sejak pemilihan Gubernur Jakarta 2012. Dia pun tak menyadari waktu berlalu begitu cepat hingga tiba masanya Jokowi purna tugas.

“Ternyata 12 tahun cepat sekali ya, padahal waktu itu 2012 baru jadi Gubernur sekarang udah, ternyata enggak terasa. Makasih Pak Jokowi,” kata Budi.

 

Lambaian Tangan Jokowi dan Iriana

Jokowi dan Prabowo di Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta, Minggu (20/10/2024).
Jokowi dan Prabowo di Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta, Minggu (20/10/2024). (tangkapan layar youtube Sekretariat Presiden)

Sosok lain yang terlihat berkaca-kaca adalah Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. Sosok srikandi menteri ini menjadi andalan Jokowi di bidang internasional selama 10 tahun lamanya dan tak tergantikan.

Akhir momen haru itu pun ditutup dengan gandengan tangan Jokowi kepada sang istri, Iriana. Keduanya pun bersama menaiki anak tangga menuju pintu pesawat. 

Sebelum menutup pintu, Jokowi dan Iriana berbalik badan. Keduanya melambaikan tangan dan membungkukkan badan. Seraya menyampaikan pesan sampai jumpa dan terima kasih. 

Infografis Sederet Tunjangan dan Fasilitas Pensiun Jokowi. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Sederet Tunjangan dan Fasilitas Pensiun Jokowi. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya