Hari Santri 2024, Menag Nasaruddin Singgung Pribadi yang Hebat dan Kuat

Di mata Menag Nasaruddin Umar, santri adalah pribadi yang hebat dan kuat. Salah satu buktinya adalah resolusi jihad yang dikeluarkan oleh KH Hasyim Asy'ari hingga menggerakkan para santri pesantren dan warga bangsa untuk berjihad dan berjuang membela bangsa dari ancaman penjajah.

oleh Nafiysul QodarTim News diperbarui 22 Okt 2024, 11:30 WIB
Diterbitkan 22 Okt 2024, 11:30 WIB
Menag Nasaruddin Umar Hadiri Malam Puncak Hari Santri 2024
Menteri Agama (Menag) Nasaruddin Umar langsung menghadiri malam puncak peringatan Hari Santri 2024 usai dilantik Presiden Prabowo Subianto. (Foto: Humas Kemenag)

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Agama (Menag) Nasaruddin Umar dan Wakil Menteri Agama (Wamenag) Romo HR Muhammad Syafi’i langsung menghadiri acara malam puncak peringatan Hari Santri 2024 usai dilantik sebagai menteri Kabinet Merah Putih oleh Presiden Prabowo Subianto.

Acara bertajuk SantriVolution ini digelar Kementerian Agama (Kemenag) pada Senin, 21 Oktober 2024 malam. Tampak hadir juga, Sekjen Kemenag M Ali Ramdhani, para Dirjen dan Kepala Badan, serta pejabat eselon II, III, jajaran Kemenag, dan para santri.

Di hadapan ratusan para santri, Menag Nasaruddin berpesan tentang pentingnya menjadi pribadi yang kuat dan dapat dipercaya.

“Sesungguhnya sebaik-baik orang yang engkau pekerjakan adalah orang yang kuat lagi dapat dipercaya," ujar Menag dalam sambutannya, mengutip firman Allah dalam Al-Qur’an surat Al-Qashash ayat 26. Ayat ini berkisah tentang Nabi Musa yang dinilai memiliki kepribadian yang jujur, dapat dipercaya, dan kuat tenaganya.

Menag lalu berkisah tentang pertarungan antara Nabi Muhammad SAW dengan seorang pegulat yang tidak terkalahkan, bernama Rukana bin Abi Yazid. Suatu ketika, Nabi dan Rukana akan bertanding (gulat). Tempat bertanding sudah disiapkan. Sahabat Nabi sangat cemas. Pertandingan pun berlangsung.

“Ronde 1, 2 belum ada yang terkalahkan. Pada ronde ketiga, Rukana terjatuh dari kanvas tempat bertanding. Karena Nabi sangat lincah. Singkat cerita Nabi, menang KO," cerita Nasaruddin Umar.

Di mata Menag, santri adalah pribadi yang hebat dan kuat. Salah satu buktinya adalah resolusi jihad yang dikeluarkan oleh KH Hasyim Asy'ari hingga menggerakkan para santri pesantren dan warga bangsa untuk berjihad dan berjuang membela bangsa dari ancaman penjajah.

"Jihad melawan penjajah adalah fardu ain. Anak kecil sampai nenek-nenek wajib hukumnya membela Tanah Air ini. Dengan membaca sejarah saat itu, pengaruh pondok pesantren penting bagi kita semua," ujar Nasaruddin Umar.

   

 

Santri Tak Perlu Takut Bermain Seni

Menag Nasaruddin Umar Hadiri Malam Puncak Hari Santri 2024
Menteri Agama (Menag) Nasaruddin Umar langsung menghadiri malam puncak peringatan Hari Santri 2024 usai dilantik Presiden Prabowo Subianto. (Foto: Humas Kemenag)

Karena saat ini bukan zaman perang, Menag mendorong para santri untuk berjihad dengan mengembangkan bakat dan talenta. Menurutnya, para santri itu multitalenta. Karena itu, mereka tidak perlu takut, bahkan untuk memainkan seni.

Menag mengungkapkan, seniman dan pondok pesantren tidak bisa dipisahkan. Pada masa Rasulullah juga ada seniman yang bernama Habasyah.

"Orang yang tidak punya kreativitas seni, dikhawatirkan hatinya kasar. Melembutkan hati salah satunya lewat seni. Ulama atau sufi, sebagian besar adalah seniman," kata Nasaruddin Umar.

"Saya sangat bangga melihat penampilan Santri pada malam puncak Hari Santri 2024 ini. Orkestra yang dimainkan oleh para santri sungguh luar biasa," sambungnya.

 

Santri Harus Jago Pengetahuan

Menag Nasaruddin Umar Hadiri Malam Puncak Hari Santri 2024
Menteri Agama (Menag) Nasaruddin Umar langsung menghadiri malam puncak peringatan Hari Santri 2024 usai dilantik Presiden Prabowo Subianto. (Foto: Humas Kemenag)

Tidak hanya kuat secara fisik dan seni, santri juga hebat dalam pengetahuan. Bahkan, di abad pertengahan, santri jugalah yang menemukan pengetahuan. Bapak Matematika itu santri. Ada juga ilmuan Ibnu Rusyd, dan lainnya.

Dirjen Pendidikan Islam, Abu Rokhmat menyampaikan terima kasih kepada Menteri Agama yang sudah berhadir pada malam puncak Hari Santri 2024.

"Menyambut Hari Santri 2024, banyak kegiatan dilakukan sejak tanggal 9 Oktober, berbagai macam kegiatan sampai besok upacara hari santri," kata Abu Rokhmad.

Abu Rokhmat menjelaskan bahwa berbagai upaya dan kegiatan dilakukan semua didekasikan untuk para santri agar menjadi santri yang selalu berevolusi, menjadi lebih baik dan bisa beradaptasi ditengah perkembangan zaman.

 

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya