Cerita Otto Hasibuan Ikut Retret Kabinet: Tidur Hanya 2 Jam, Dibangunin Sirine Jam 4 Pagi

Meski begitu, kata Otto Hasibuan, tidak ada anggota Kabinet Merah Putih yang mengantuk selama kegiatan berlangsung.

oleh Lizsa Egeham diperbarui 27 Okt 2024, 14:36 WIB
Diterbitkan 27 Okt 2024, 14:35 WIB
Anggota Kabinet Merah Putih Prabowo-Gibran, termasuk Wamen Koordinator Bidang Hukum, HAM, Imigrasi dan Pemasyarakatan Otto Hasibuan mengikuti retret di Akmil Magelang.
Anggota Kabinet Merah Putih Prabowo-Gibran, termasuk Wamen Koordinator Bidang Hukum, HAM, Imigrasi dan Pemasyarakatan Otto Hasibuan mengikuti retret di Akmil Magelang, Jawa Tengah, Minggu (27/10/2024). (Foto: Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden)

Liputan6.com, Magelang - Wakil Menteri Koordinator Bidang Hukum Hak Asasi Manusia dan Pemasyarakatan, Otto Hasibuan menceritakan anggota Kabinet Merah Putih hanya tidur 2 sampai 3 jam selama retret di Akademi Militer (Akmil) Magelang. Meski begitu, kata dia, tak ada anggota kabinet yang mengantuk selama kegiatan berlangsung.

"Semua tidurnya hanya 2-3 jam. Tapi tidak ada satu pun yang ngantuk. Ngantuk termasuk saya, tapi bisa memenangkan ngantuknya," kata Otto di Akmil Magelang Jawa Tengah, Minggu (27/10/2024).

Dia mengungkapkan ada sirine yang berbunyi pukul 04.00 WIB untuk membangunkan para anggota kabinet selama retret. Tak hanya itu, kata Otto, waktu makan anggota Kabinet Merah Putih pun dibatasi.

"Iya. Jadi setiap pagi kita langsung ada sirine bangunin jam 4 pagi. Kita mau makan juga ada lonceng. Kita mau makan juga waktunya enggak lama, paling makan kita berdoa, setelah itu 15 menit dikasih waktu untuk makan. Lonceng berbunti lagi, langsung berhenti makan," tuturnya.

Pengacara terkemuka itu menyampaikan para anggota kabinet pun harus cepat-cepat menghabiskan makanan. Bahkan, Otto menyebut ada anggota yang berkelakar agar makanan ditelan saja agar cepat habis.

"Wah itu kita harus cepat. Sampai ada yang bercanda. Heh kalau kamu terlambat makan, jangan dikunyah, langsung telan saja," jelas Otto.

Dia menyampaikan semua anggota kabinet pun selalu tepat waktu saat menghadiri acara saat retreat. Padahal, agenda selama retreat 3 hari sangatlah padat.

"Tapi yang luar biasa, walaupun baru, tidak ada satu pun yang terlambat. Semua on-time. Tidak ada yang terlambat satu pun. Jadi buat apa, katakanlah jam 8 dimulai acara, jam 7.45 sudah ada pemberitahuan dengan mikrofon bergeser 15 menit lagi," kata Otto.

 

Momen Mengesankan

Anggota Kabinet Merah Putih Prabowo-Gibran mengikuti retret di Akmil Magelang, Jawa Tengah, Minggu (27/10/2024)
Anggota Kabinet Merah Putih Prabowo-Gibran mengikuti retret di Akmil Magelang, Jawa Tengah, Minggu (27/10/2024). (Foto: Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden)

Kendati begitu, Otto menuturkan retret menjadi momen yang sangat mengesankan baginya. Meskipun melelahkan, dia menilai retret meningkatkan kerja sama tim dan kekompakan, serta disiplin anggota kabinet.

"Kesan-kesan kita di sini sangat luar biasa. Memang capek sedikit, tapi manfaatnya luar biasa. Baik dari kebersamaan, team work kita, itu luar biasa. Sehingga mudah-mudahan dengan kebersamaan dibangun oleh Pak Prabowo, bisa membangun bangsa ini dengan baik," ujar Otto.

Retret Kabinet Merah Putih di Akademi Militer (Akmil) Magelang Jawa Tengah resmi berakhir, Minggu (27/10/2024). Anggota kabinet pun meninggalkan Akmil Magelang untuk kembali ke Jakarta.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, para menteri, kepala badan, utusan khusus, penasihat khusus, dan staf khusus presiden keluar gerbang Akmil Magelang pukul 10.04 WIB. Sementara itu, wakil menteri keluar Akmil Magelang pukul 10.46 WIB.

Mereka kompak mengenakan setelan bewarna biru dongker. Para warga yang menunggu di luar gerbang pun antusias menyambut dan melepas kepulangan para anggota kabinet.

Para anggota kabinet menaiki bus menuju Lanud Adi Sujipto Yogyakarta. Setelah itu, mereka menggunakan pesawat untuk kembali ke Jakarta.

 

Menteri Naik Pesawat TNI AU, Wamen Pakai Hercules untuk Pulang

Anggota Kabinet Merah Putih Prabowo-Gibran mengikuti retret di Akmil Magelang, Jawa Tengah, Minggu (27/10/2024)
Anggota Kabinet Merah Putih Prabowo-Gibran mengikuti retret di Akmil Magelang, Jawa Tengah, Minggu (27/10/2024). (Foto: Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden)

Berdasarkan informasi dihimpun, para menteri, utusan khusus, penasihat khusus, dan staf khusus presiden akan kembali ke Jakarta dengan menggunakan pesawat TNI AU dari Lanud Adi Sujipto Yogyakarta. Sementara itu, wakil menteri akan menggunakan pesawat Hercules milik TNI AU.

Seperti diketahui, retreat Kabinet Merah Putih di Akmil Magelang berlangsung pada 25-27 Oktober 2024. Para anggota kabinet berada di Akmil Magelang sejak 24 Oktober 2024.

Adapun agenda yang dilakukan yakni, olahraga pagi, latihan baris-berbaris dengan menggunakan seragam Komponen Cadangan (Komcad). Presiden RI Prabowo membuka retreat dan memberikan sejumlah pengarahan kepada anggota kabinet.

Infografis Presiden Terpilih Prabowo Komitmen Percepat Pembangunan IKN Nusantara. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Presiden Terpilih Prabowo Komitmen Percepat Pembangunan IKN Nusantara. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya