Elemen Buruh di Medan Dukung Kepala BNP2TKI Jumhur Nyapres

Mereka menilai sosok Jumhur bisa memperjuangkan hak buruh di Indonesia.

oleh Riski Adam diperbarui 22 Jul 2013, 00:44 WIB
Diterbitkan 22 Jul 2013, 00:44 WIB
dukung-jumhur130721d.jpg
Berbagai elemen buruh di Medan, Sumatera Utara mendukung Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) Jumhur Hidayat, untuk berlaga sebagai Calon Presiden 2014 melalui konvensi capres Partai Demokrat. Mereka menilai sosok Jumhur bisa memperjuangkan hak buruh di Indonesia.

"Dari banyak nama beredar sebagai Capres 2014, hanya figur Jumhur yang kita anggap mampu memperjuangkan aspirasi dan kesejahteraan kaum buruh. Kalau tokoh lain, baru mendekati buruh menjelang pemilu dan pilpres. Tidak demikian dengan Jumhur, yang sudah sejak belia telah mewakafkan hidupnya bagi perjuangan buruh," kata Andi Kusuma, selaku Ketua Gapermindo Sumatera Utara dalam keterangan persnya yang diterima Liputan6.com di Jakarta, Minggu (21/7/2013).

Sebelas elemen buruh Medan Sumatera Utara yang mendukung Jumhur untuk berlaga di medan capres yakni SPN, SBSI 1992, Gaspermindo, SBSI-Sejati, SPSI-KHUT, SBMI-Mandiri, SBSU, SBMI Sumut, SBBI dan SBSI-FLomenik.

Di sisi lain, ketua panitia deklarasi dukungan buruh Sumatera Utara untuk Jumhur Hidayat, Arsula Gultom menjelaskan bahwa dukungan yang diberikan kepada Kepala BNP2TKI untuk menjadi Capres 2014 punya landasan moral dan politik yang kuat. Lantaran, sudah saatnya buruh mendukung tokoh-tokoh yang berasal dari aktivis buruh sendiri.

"Sudah saatnya buruh melepaskan diri dari kungkungan logika yang menyatakan 'sebaiknya buruh menyerahkan aspirasi politiknya kepada figur politisi tertentu saja, yang sama sekali bukan berasal dari kalangan buruh'. Dan keseringan justru dukungan buruh itu malah berbalik menindas kaum buruh," ungkap Arsula dihadapan 11 pimpinan buruh beserta 400 pekerja buruh di Medan, Sumatera Utara.

Selain akan melakukan konsolidasi di tingkat basis, perjuangan buruh untuk mendukung Jumhur Hidayat dalam mengikuti Konvensi Capres Partai Demokrat juga akan dilanjutkan dengan upaya politik formal melalui penyerahan bukti dukungan di seluruh kepengurusan Partai Demokrat tingkat kabupaten/kota se Sumatera Utara.

Sebelumnya, berbagai organisasi buruh juga telah menyampaikan dukungan untuk Jumhur mengikuti agenda konvensi capres Partai Demokrat, seperti dilakukan di Bandung pada minggu 7 Juli lalu dan di Tanjung Priok, Jakarta pada kamis 18 Juli lalu serta di Riau pada jumat 19 Juli kemarin. (Tnt)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya