Demokrat Pilih Maftuh Basyuni Karena Dianggap Independen

Internal PD menilai terpilihnya Maftuh Basyuni sebagai Ketua Komite Konvensi karena sikap independen serta pengalaman politik yang cukup.

oleh Liputan6 diperbarui 30 Jul 2013, 13:53 WIB
Diterbitkan 30 Jul 2013, 13:53 WIB
demokrat-maxsopacua-130730b.jpg
Terpilihnya Maftuh Basyuni sebagai Ketua Komite Konvensi Capres Partai Demokrat dinilai kalangan internal partai berlambang mercy itu sebagai hal yang wajar. Selain independen, mantan Menteri Agama itu juga dianggap mengerti politik.

"Punya pengalaman (politik), cuma dia kan independen, tidak kiri dan ke kanan," kata Wakil Ketua Partai Demokrat, Max Sopacua, ketika dihubungi di Jakarta, Selasa (30/7/2013).

Jadi, lanjut Max, bisa dimaklumi jika kapabilitas Maftuh sebagai Ketua Komite Konvensi dipertanyakan, terutama dalam hal pengalaman politik. "Ketua Komite harus punya pengalaman politik? Kan tidak juga," ujar Max.

Max menjelaskan, dasar independensi Maftuh menjadi pertimbangan kuat bagi Demokrat memilihnya. "Mungkin ada pertimbangan lain, tapi yang kami lihat dari kasat mata, punya kredibilitas, punya visi, dan golongan yang sangat independen," tegasnya.

Sebelumnya, Ketua Harian Partai Demokrat, Syarief Hasan, menyampaikan terpilihnya Maftuh sebagai Ketua Komite Konvensi di Kantor Presiden, Jakarta, Senin 29 Juli kemarin. Namun, susunan lengkap Komite yang diperkirakan berjumlah 17 orang itu baru akan diumumkan awal Agustus mendatang. (Ado/Yus)



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya