[VIDEO] Jenazah Nelson Mandela Disemayamkan di Pretoria

Jasad mendiang mantan Presiden Afrika Selatan Nelson Mandela disemayamkan di Pretoria, Afrika Selatan.

oleh Liputan6 diperbarui 12 Des 2013, 03:12 WIB
Diterbitkan 12 Des 2013, 03:12 WIB
mandela-131211d.jpg
Jasad mendiang mantan Presiden Afrika Selatan Nelson Mandela disemayamkan di Pretoria, Afrika Selatan tempat ia dulu dilantik sebagai presiden. Ribuan orang mengantre ingin melihat jasadnya untuk terakhir kalinya.

Dalam tayangan Liputan 6 Malam SCTV, Kamis (12/12/2013), ribuan orang memadati ruas ruas jalan Kota Pretoria, Afrika Selatan saat mobil  jenazah mendiang Nelson Mandela dibawa dari rumah sakit militer menuju ke Union Building. Lalu Lintas di Pretoria sepi sejak pagi. Toko toko di sekitar rute prosesi kedatangan jenazah Nelson Mandela juga tutup.

Terletak di bukit diatas Kota Pretoria, Afrika Selatan, ribuan orang datang silih berganti. Antrean mengular sampai ruas jalan di luar gedung. Di dalam komplek di bagian bawah Union Building, tempat jenazah Mandela disemayamkan para pelayat menanti dengan sabar demi giliran melihat pahlawan mereka.

Di antara pelayat, ada keluarga Mandela. yakni janda Mandela Graca Machel,  putri Mandela /zindzi/ dan presiden Afrika Selatan Jacob Zuma. Hadir pula winnii, mantan istri Nelson Mandela yang menemani masa masa sulit perjuangan Mandela.

Selain keluarga dan warga Afrika Selatan, utusan negara asing dan dan selebritas dunia turut hadir melayat jenazah Mandela.

Jenasah Mandela akan disemayamkan di Union Building selama 3 hari. Wafat 5 Desember lalu di usia 95 tahun, penerima hadiah nobel perdamaian Nelson Mandela akan dimakamkan hari Minggu 15 Desember nanti di kampung halamannnya di pedalaman Provinsi Eastern Cape sekitar 700 kilometer dari Johannesburg. (Mvi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya