Menyimpan Eucalyptus di Kamar Mandi Sebenarnya Baik untuk Kesehatan

Menambahkan tanaman ke dalam kamar mandi rupanya tidak hanya mempercantik, melainkan memiliki manfaat kesehatan.

oleh Fitri Syarifah diperbarui 11 Nov 2020, 08:00 WIB
Diterbitkan 11 Nov 2020, 08:00 WIB
vertical eucalyptus
vertical eucalyptus

Liputan6.com, Jakarta Ingin membuat kamar mandi Anda terlihat lebih cantik dalam 10 detik? Tempelkan beberapa daun eucalyptus atau daun kayu putih ke kepala pancuran mandi dan voilà, kamar mandi Anda jadi memiliki nuansa spa.

Namun, menambahkan tanaman ke dalam kamar mandi rupanya tidak hanya mempercantik, melainkan memiliki manfaat kesehatan dari tanaman eucalyptus yang menggantung di kamar mandi.

Adapun manfaat kesehatan dari memasukkan tanaman eucalyptus ke dalam kamar mandi Anda yaitu sebagai berikut, dilansir dari cosmopolitan.

1. Mengatasi hidung yang tersumbat

Jika hidung Anda terasa sangat tersumbat karena pilek, menghirup uap minyak eucalyptus (yang secara alami menguar saat mandi) tentu sangat membantu.

"Itu karena (minyak eucalyptus) memiliki efek anti-inflamasi yang dapat membantu membuka saluran pernapasan," kata Hasti Fashandi, ND, seorang dokter naturopati di Peninsula Integrative Medicine.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Korean Biological Nursing Science, aromaterapi eucalyptus juga dapat membantu mengatasi hidung tersumbat akibat alergi musiman.

2. Membantu meredakan stres

Mandi air panas yang lama selalu membuat kedingingan setelahnya, namun dengan menambahkan beberapa lembar daun eucalyptus dapat membuat mandi terasa lebih menyenangkan sekaligus menenangkan.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine menemukan bahwa menghirup minyak eucalyptus membuat pasien merasa lebih rileks sebelum menjalani operasi.

Para peneliti percaya bahwa eucalyptol, senyawa kimia yang ditemukan dalam minyak kayu putih, yang membuatnya memiliki efek anti-kecemasan.

3. Membantu mengatasi infeksi sinus

Karena minyak eucalyptus memiliki sifat antivirus, antimikroba, dan antibakteri, menghirup uap yang diinfuskan dengannya dapat membantu Anda mengelola berbagai kondisi pernapasan, termasuk infeksi sinus, kata Dr. Fashandi.

Saat Anda menghirup uapnya, uap tersebut bergerak ke dalam sinus sehingga minyak esensial dari daun dapat bekerja untuk membunuh virus dan / atau bakteri yang tumbuh di sana, jelasnya.

4. Dapat mengobati bronkitis

Bronkitis adalah salah satu kondisi peradangan pada saluran pernafasan. Dibantu oleh eucalyptus, selain membunuh virus yang menyebabkan bronkitis, efek antiinflamasi tanaman dan kemampuan mengencerkan lendir dapat membantu menghilangkan infeksi membandel, menurut ulasan yang diterbitkan dalam Alternative Medicine Review.

 

Simak Video Berikut Ini:


5. Meredakan nyeri

Eucalyptus. (Dok Kementan)
Eucalyptus. (Dok Kementan)

Eucalyptus sering digunakan secara topikal untuk sakit kepala dan nyeri otot karena meningkatkan aliran darah ke area tersebut, yang menghilangkan peradangan dan mengurangi rasa sakit, jelas Dr. Fashandi.

Tetapi Anda mungkin masih dapat memperoleh beberapa manfaat hanya dengan menghirup minyaknya.

Dalam sebuah penelitian terhadap pasien yang menjalani operasi penggantian lutut yang diterbitkan dalam Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine, para peneliti menemukan bahwa menghirup minyak eucalyptus selama 30 menit mengurangi rasa sakit pasien setelah operasi.

6. Meningkatkan kewaspadaan

Minyak esensial yang dikeluarkan oleh uap akan melebarkan saluran pernapasan Anda, yang akan meningkatkan aliran darah beroksigen ke organ-organ Anda, termasuk otak Anda.

Menurut Dr. Fashandi, peningkatan oksigen ke otak Anda berarti Anda lebih waspada dan bisa bangun tidur dengan segar sebelum jam 9 pagi.

7. Meningkatkan kesehatan mental

Jika Anda adalah keluarga yang turun temurun pecinta tanaman, Anda mungkin sudah tahu bahwa memiliki tanaman di tempat tinggal Anda akan terasa lebih baik.

Sains pun bahkan mendukungnya. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Physiological Anthropology menunjukkan bahwa berinteraksi dengan tanaman dalam ruangan dapat menenangkan sistem saraf dan meningkatkan perasaan nyaman dan menenangkan. “Kita juga mendapatkan energi yang sangat baik dari tanaman,” tambah Dr. Fashandi.

8. Membantu mengontrol asma

Penelitian menunjukkan bahwa eucalyptus dapat digunakan untuk memperbaiki gejala asma, menurut review di Drug Research. Ini adalah kasus lain di mana sifat anti-inflamasi minyak eucalyptus membantu banyak orang.

Asma menyebabkan saluran udara meradang, jadi menghirup uap yang diinfuskan dengan minyak tanaman di kamar mandi dapat membantu saluran udara terbuka kembali, sehingga lebih mudah untuk bernapas.

Adapun tanaman eucalyptus yang dapat Anda gunakan bisa yang masih segar ataupun yang versi kering.

Setelah menemukan bentuk yang Anda inginkan, ikat batang eucalyptus dengan karet gelang atau benang untuk mengumpulkannya menjadi satu. Kemudian ikat mereka ke kepala pancuran atau tempelkan pada wadah pancuran Anda, sebaiknya diletakkan di dekat uap, jangan langsung disimpan di air.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya