Honda Beat Jadi Skutik Terlaris, Ini Alasannya

Beberapa faktor menjadi penyebab mengapa Honda Beat menjadi skutik terlaris di Indonesia.

oleh Rio Apinino diperbarui 23 Jul 2015, 12:00 WIB
Diterbitkan 23 Jul 2015, 12:00 WIB
‎All-New Honda Beat ESP Baru Jajal Pasar Indonesia
All New Honda BeAT eSP dan All New Honda BeAT POP eSP dijanjikan makin ramah lingkungan dan hemat bahan bakar.

Liputan6.com, Bandung - Skutik terlaris di Indonesia adalah Honda Beat. Sejak diluncurkan pada 2008 hingga Februari 2015, Beat series telah terjual sebanyak 175.339 unit atau menguasai 77,6 persen pasar skutik Tanah Air. Lantas, apa faktor yang membuatnya sukses?

Sebuah riset yang dipublikasikan oleh Journal of Management Universitas Padjajaran pada Februari 2015 menunjukkan bahwa inovasi produk, harga, dan brand image adalah tiga faktor yang signifikan terhadap penjualan Beat.

Dalam jurnal tersebut, disebutkan bahwa ada pengaruh positif dari variabel inovasi produk terhadap pembelian Beat dengan nilai koefisien regresi 0,187. Artinya, jika produk yang ditawarkan semakin variatif, maka keputusan pembelian pun meningkat.

Sebagaimana diketahui, dari tipe Beat eSP saja, Honda menawarkan tiga varian, yaitu Beat eSP CW, Beat eSP CBS, dan Beat eSP CBS ISS.

Variabel harga pun demikian. Dibuktikan, semakin bersaing harga, maka keputusan pembelian semakin meningkat. Itu artinya, konsumen menganggap Honda Beat memang motor yang memiliki harga yang relatif murah.

Kemudian, brand image Honda pun berpengaruh positif terhadap penjualan Beat. Dengan demikian, brand Honda sendiri telah mendapat kepercayaan dari masyarakat sehingga membuat mereka tidak ragu memilih produk dari pabrikan asal Jepang tersebut.

Adapun populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Honda Beat di dealer Honda Pratama Kurnia Kasih yang jumlahnya sebanyak 614 orang dengan sampel sebanyak 100 orang. Teknik penelitian yang digunakan adalah simple random sampling dengan analisis data berupa uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, serta analisis regresi berganda.

(rio/gst)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya