Seatbelt Lebih Penting Dibanding Airbag, Alasannya?

Taukah Anda, bahwa dari sekian banyak teknologi keselamatan pada mobil, seatbelt adalah fitur yang paling penting?

oleh Liputan6.com diperbarui 05 Jul 2018, 13:00 WIB
Diterbitkan 05 Jul 2018, 13:00 WIB
seatbelt atau sabuk pengaman dan airbag
Ilustrasi penggunaan seatbelt dan airbag. (It Still Runs)

Liputan6.com, Jakarta - Mobil-mobil modern sudah dilengkapi berbagai macam fitur keselamatan. Misalkan, sistem pengereman ABS, airbag, dan fitur lainnya yang tak terbayangkan sebelumnya.

Namun, taukah Anda bahwa dari sekian banyak teknologi keselamatan pada mobil, seatbelt adalah fitur yang paling penting?

"Kemanan yang ada dalam sebuah kendaraan itu adalah seatbelt, sementara yang lainnya seperti airbag dan lainnya jadi pendukungnya," kata Product Knowledge Planning Division PT Toyota Astra Motor (TAM), Gandhi Ahimsa Putra.

Mengapa? Sebab seatbelt merupakan fitur yang menempel langsung ke tubuh manusia. Gandhi menyebut, bahkan saat ini seatbelt tak setradisional sebelumnya. Pabrikan mobil pun mulai berinovasi dengan fitur keselamatan ini.

Salah satunya dengan menyematkan teknologi yang disebut dengan pretensioner mechanism dan force-limiter mechanism.

Pretensioner mechanism memungkinkan pengendara tetap berada di kursi, tak terpental ke depan saat terjadi benturan keras. Adapun force-limiter mechanism bekerja sesaat setelah pretensioner mechanism

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Videonya di Bawah Ini:


Selanjutnya

Dengan force-limiter mechanism, sabuk pengaman akan mengendur dan membuat badan terbentur dengan airbag yang telah mengembang. Ini membuat benturan tidak terlalu keras sehingga menghindari risiko patah tulang bahu akibat tekanan seatbelt yang terlalu kuat.

"Jadi teknologi pretensioner mechanism dan force-limiter mechanism bekerja selaras dengan airbag. Keduanya akan bekerja saat airbag mengembang sehingga benturan akan terasa tidak terlalu keras dan melindungi pengendara," tandas Gandhi.

Sumber : Otosia.com

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya