Jangan Diabaikan, Ini Pentingnya Ganti Oli Kendaraan Secara Berkala

Fungsi oli sendiri, memang sangatlah penting sebagai pelumas yang melindungi mesin dari gesekan, melapisi komponen mesin, dan pembersih sisa hasil pembakaran

oleh Arief Aszhari diperbarui 25 Agu 2024, 06:00 WIB
Diterbitkan 25 Agu 2024, 06:00 WIB
Jangan Diabaikan, Ini Pentingnya Penggantian Oli Kendaraan dengan Rutin (ist)
Jangan Diabaikan, Ini Pentingnya Penggantian Oli Kendaraan dengan Rutin (ist)

Liputan6.com, Jakarta - Bagi pemilik kendaraan, baik mobil ataupun motor wajib melakukan perawatan secara berkala. Salah satunya, adalah penggantian oli agar roda empat dan roda dua tetap memiliki performa yang mumpuni saat digunakan.

Fungsi oli sendiri, memang sangatlah penting sebagai pelumas yang melindungi mesin dari gesekan, melapisi komponen mesin, pembersih sisa hasil pembakaran, peredam panas mesin, anti korosi pada komponen, serta peredam getaran pada komponen.

Imran Razy, General Manager PT Nippon Oil Indonesia, produsen dan pemasaran produk oli Eneos mengatakan penggantian oli merupakan suatu hal yang wajib dilakukan, mengingat pentingnya fungsi pelumasan disetiap mesin kendaraan.

Hal itu terkait dengan kinerja dan performa kendaraan itu sendiri," jelas Imran, dalam keterangan resmi, Sabtu (24/8/2024).

Interval penggantian oli yang dianjurkan yaitu rutin setiap 5.000 - 10.000 km untuk kendaraan mobil dan 3.000 – 4.000 km untuk kendaraan motor (tergantung pemakaian). Selain rutin ganti oli, penting juga untuk memilih kualitas dan spesifikasi oli. 

Jadi, tidak bisa asal pilih oli, karena ternyata kualitasnya tidak bagus atau tidak sesuai dengan jenis kendaraan, akan menyebabkan kerusakan pada mesin sehingga performa kendaraan akan menurun.

Tips untuk memilih oli yang tepat adalah menyesuaikan tingkat kekentalan oli dengan masing-masing jenis kendaraan dan pada umumnya sudah direkomendasikan di buku manual kendaraan. Untuk mobil keluaran baru membutuhkan kekentalan yang lebih cair seperti 0W-20 atau 5W-30, sedangkan untuk kendaraan tahun lama, oli yang dibutuhkan harus lebih kental seperti 20W-50, 10W-40 atau lainnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Oli teknologi baru

Ganti Oli Mobil
Ilustrasi Foto Ganti Oli Mobil (iStockphoto)

Saat ini, pabrikan kendaraan terus berlomba-lomba menghadirkan kendaraan berteknologi baru. Untuk menselaraskan hal tersebut, pemilihan kualitas oli kendaraan menjadi hal yang sangat penting, karena oli yang digunakan juga harus memiliki kualitas yang seimbang dengan tuntutan kendaraan.

Untuk menjawab kedua kebutuhan tersebut, Eneos menyediakan rangkaian pelumas berkualitas tinggi yang disesuaikan untuk mobil dan motor pabrikan Jepang di Indonesia, dengan berbagai pilihan kekentalan, mulai dari kendaraan keluaran tahun lama hingga mobil berteknologi Hybrid dan turbo serta varian oli untuk mobil berbahan bakar diesel dan bensin.

Di tahun ini, Eneos juga meluncurkan varian produk terbarunya untuk oli mobil, yaitu Eneos X Series yang disempurnakan dengan new additive titanium, teknologi aditif terbaru dan pertama di Indonesia.

[INFOGRAFIS] Perhatikan Hal-Hal ini pada Radiator Mobil Anda
Radiator coolant pada mobil bekas, bolehkah?
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya