Sebelum Pilih, Cek Visi dan Misi 3 Pasangan Cagub DKI Jakarta

KPUD DKI masih memverifikasi kelengkapan berkas ketiga pasangan cagub dan cawagub, jelang Pilkada DKI Jakarta 2017.

oleh Putu Merta Surya Putra diperbarui 06 Okt 2016, 09:11 WIB
Diterbitkan 06 Okt 2016, 09:11 WIB
Tebak, Siapa Cagub DKI Jakarta yang Paling Eksis di Instagram?
Berdasarkan perhitungan jumlah posting-an dan waktu pembuatan, ternyata ini cagub DKI Jakarta yang paling eksis di Instagram. (Foto: Instagram)

Liputan6.com, Jakarta - Semua pasangan cagub dan cawagub DKI Jakarta sudah menyerahkan dan melengkapi berkas pencalonan mereka ke Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) DKI, Selasa lalu 4 Oktober 2016.

Pihak KPUD DKI pun tinggal memverifikasi kelengkapan berkas. Layak atau tidak untuk bisa ditetapkan sebagai peserta Pilkada DKI 2017.

Di antara berkas yang paling penting adalah, visi dan misi dari para pasangan calon. Liputan6.com mencoba menghimpun visi dan misi dari ketiga pasangan yang akan bersaing nanti.

Berikut visi dan misi ketiga pasangan cagub dan cawagub DKI Jakarta;

1. Visi dan Misi Ahok-Djarot

Dari data yang diterima oleh Liputan6.com, pasangan petahana Basuki Tjahaja Purnama dan Djarot Saiful Hidayat (Ahok-Djarot), menginginkan Jakarta lebih modern dan manusiawi. Selain itu, soal pemberantasan korupsi menjadi misi utama pasangan tersebut.

A. Visi

Jakarta sebagai etalase kota Indonesia yang modern, tertata rapi, manusiawi dan fokus pada pembangunan manusia seutuhnya. Dengan kepemimpinan yang bersih, transparan, dan profesional.

B. Misi

1. Mewujudkan pemerintahan yang bebas korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN), terbuka, dan melayani warga.

2. Menjamin terpenuhinya kebutuhan dasar warga, yaitu jaminan kesehatan, jaminan pendidikan, hunian yang layak, bahan pangan yang terjangkau, transportasi publik yang ekonomis, dan lapangan pekerjaan, serta usaha, agar seluruh warga berkesempatan memperoleh kehidupan yang lebih baik. Sehingga Indeks Kebahagiaan kota Jakarta menjadi salah satu yang tertinggi di antara kota-kota di dunia.

3. Menciptakan sumber daya manusia yang tangguh lahir dan batin, kompeten, dan berdaya saing global dengan Indeks Pembangunan Manusia yang setara dengan kota-kota maju di dunia.

4. Menata kota sesuai perubahan zaman untuk mendukung kemajuan ekonomi, keberlangsungan lingkungan, dan kehidupan sosial budaya warga.

5. Membangun kehidupan kota yang berbasis teknologi dan berinfrastruktur kelas dunia dengan warga yang berketuhanan, berbudaya, bergotong royong, berwawasan,  toleran, partisipatif, dan inovatif.


Anies-Sandiaga

2. Visi dan Misi Anies-Sandiaga

Ditelusuri dari Sistem Informasi Tahapan Pilkada (Sitap) milik KPUD DKI, pasangan yang didukung Gerindra dan PKS itu, tak jauh beda dari pasangan Ahok-Djarot. Mereka ingin mewujudkan Jakarta lebih manusiawi.

A. Visi

Mewujudkan Jakarta secara bersama-sama sebagai tempat penghidupan yang manusiawi, adil, dan beradab yang berkelanjutan.

B. Misi

1. Membangun manusia Jakarta menjadi warga yang berdaya dengan menghadirkan kepemimpinan humanis serta mengayomi, penggerak birokrasi yang efektif, menjaga stabilitas harga bahan pokok, membangun sektor kesehatan, pendidikan, kebudayaan nasional, khususnya Betawi, serta mengatasi masalah-masalah sosial.

2. Membangun lingkungan kota Jakarta secara berkelanjutan dengan perencanaan yang memperhatikan daya tampung serta daya dukung lingkungan dan sosial.

3. Membangun kesejahteraan dengan menciptakan lapangan kerja, pembangunan infrastruktur dan penanggulangan masalah mobilitas warga kota.


Agus-Sylviana

3. Visi dan Misi Agus-Sylviana

Pasangan yang diusung Partai Demokrat, PPP, PKB, dan PAN itu juga tak jauh berbeda dari dua pasangan lainnya. Dari berkas visi dan misi yang diterima Liputan6.com, pasangan ini menyebut visi dan misi mereka dengan "Visi dan Misi Jakarta 2022".

A. Visi

Visi Jakarta 2022. Dengan mempertimbangkan kondisi, masalah dan perkembangan kekinian Jakarta dan aspirasi warga Jakarta akan masa depan, kami mencanangkan visi pembangunan Jakarta yang akan kami perjuangkan sebagai berikut: Menuju Jakarta 2022 yang lebih maju, aman, adil, dan sejahtera.

B. Misi

Misi Jakarta 2022, dengan berpegang pada visi di atas, maka kami merumuskan misi pembangunan Jakarta sebagai berikut:

1. Mewujudkan Jakarta yang maju
2. Mewujudkan Jakarta yang aman
3. Mewujudkan Jakarta yang adil
4. Mewujudkan Jakarta yang sejahtera
5. Mewujudkan “Jakarta Hijau” (Green Jakarta) yang lingkungannya semakin baik
6. Mewujudkan Jakarta yang nyaman dan bermartabat.

Kami menyadari bahwa untuk mewujudkan Visi Jakarta 2022, kami perlu mempertimbangkan berbagai tantangan dan peluang yang tersedia. Kami memahami bahwa terdapat masalah-masalah yang sangat mendasar dan struktural di Jakarta, yang hanya bisa didekati dengan koordinasi dan kerja sama dengan banyak pihak.

Ini kami anggap sebagai tantangan. Akan tetapi, kami juga optimistis dengan Jakarta. Fakta bahwa banyak dari warga Jakarta yang berasal dari kalangan menengah terdidik, ketersediaan sumber daya, serta sarana dan prasana Jakarta yang relatif maju, ditambah dengan dukungan yang kuat dari warga Jakarta, akan menghadirkan peluang sekaligus kekuatan dalam mencapai visi dan misi kami.

Sekarang tinggal menyerahkan sepenuhnya kepada masyarakat DKI Jakarta. Untuk mempercayai Ibu Kota lima tahun ke depan, dengan melihat visi dan misi para ketiga pasangan cagub dan cawagub DKI Jakarta.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya