Anies Baswedan Sebut Hasil Survei seperti Balapan Lari

Dalam survei litbang salah satu koran nasional, Anies Baswedan memiliki elektabilitas paling rendah.

oleh Rezki Apriliya Iskandar diperbarui 22 Des 2016, 10:30 WIB
Diterbitkan 22 Des 2016, 10:30 WIB
20161221- Cagub Anies Baswedan- Kota Bambu Utara-Jakarta- Helmi Fithriansyah
Calon Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan (tengah) melihat penyambutan saat sosialisasi di Kota Bambu Utara, Jakarta, Rabu (21/12). Dihadapan pendukungnya, Anies memaparkan beberapa program jika terpilih di Pilkada 2017. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Liputan6.com, Jakarta Calon Gubernur DKI Jakarta nomor urut tiga Anies Baswedan menanggapi hasil survei litbang salah satu koran nasional.

Hasil survei tersebut menunjukkan elektabilitas pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni tercatat paling tinggi, yakni 37,1 persen.

Posisi kedua diduduki pasangan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok-Djarot Saiful Hidayat yang mendapat 33 persen.

Kemudian di posisi ketiga adalah pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno dengan potensi keterpilihan 19,5 persen.

Anies pun mempertanyakan hasil survei tersebut. Menurutnya hasil survei seperti lomba balap lari.

"Jauh sekali. Makanya heran kita, tapi ya enggak apa-apa. Seperti kalau balapan lari, ini dipotret saat tiga calon lumayan dekat dalam margin. Ada potret nomor satu paling depan, ada potret nomer dua lebih depan, ada potret nomor tiga dan hari ini yang dipotret seperti itu," kata Anies di Kecamatan Pulogadung, Jakarta Timur, Rabu 21 Desember 2016.

Anies meyakini jika yang terpenting adalah hasil pada puncak Pilkada 15 Februari 2016.

"Tapi yang penting itu bukan nomor satu atau dua di 21 Desember. Yang penting itu nomor satu atau dua di 15 Februari. Karena itulah yang menentukan bukan hari ini," ujar Anies.

Anies pun mengklaim jika hasil survei tim internalnya jauh lebih akurat dibanding survei lain.

"Jadi kalau ada hasil-hasil seperti ini kita sampaikan semuanya, bahwa kami akan terus bekerja dan buat para relawan semua, lihat angka survei internal kita yang sampelnya pun sampai 3 ribu, jadi jauh lebih akurat. Cuma memang kita enggak pernah meminta untuk membentuk opini dengan menggunakan survei," ujar Anies.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya