Jika Terpilih Jadi Gubernur, Anies Ingin Sertifikasi Pengemudi

Anies ingin menjadikan pengemudi sebuah pekerjaan hormat.

oleh Muhammad Radityo Priyasmoro diperbarui 01 Feb 2017, 13:36 WIB
Diterbitkan 01 Feb 2017, 13:36 WIB
20170127- Gaya Cagub DKI Saat Ikuti Debat Putaran Kedua-Jakarta- Faizal Fanani
Cagub DKI nomor urut tiga Anies Baswedan saat memberikan pemaparan pada Debat Cagub DKI Putaran Kedua di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta, Jumat (27/1). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Anies Baswedan berjanji akan mensertifikasi para pengemudi transportasi umum jika dia terpilih sebagai gubernur DKI Jakarta. Sertifikasi ini akan berpengaruh pada pendapatan pengemudi.

"Sertifikasi (pengemudi) berbasis kilometer, kalau pilot ada jam terbang, pengemudi (dihitung) kilometer ditempuh. Sertifikasi ini seperti hak nyetir, nanti bisa ada grading (jenjang) yang bisa (berpengaruh) pada insentif," kata Anies di Jakarta Selatan, Rabu (1/2/2017).

Sertifikasi itu, kata dia, juga digunakan untuk melindungi pengemudi dari persaingan yang tidak sehat.

"Memiliki sertifikasi menjadi perlindungan (pengemudi) dari persaingan kaderisasi tidak sehat. Karena selama ini, kaderisasi pengemudi dilakukan oleh para pengemudinya sendiri. Tidak dilakukan oleh pemerintah," jelas Anies.

Terakhir, Anies ingin menjadikan pengemudi sebuah pekerjaan hormat. Anies tidak ingin jasa mereka yang dinilai mulia dipandang sebelah mata lantaran tidak bersertifikasi.

"Ke depan, komitmen kami ingin pengemudi ada perlindungan hukum agar status seorang pengemudi (dipandang) terhormat secara sosial agar ia percaya diri lebih baik (sebagai pengemudi)," tandas Anies.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya