NasDem Tak Diundang Jokowi, Surya Paloh: Saya Bisa Pahami

Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh tak mau berkomentar terlalu banyak soal partai dan dirinya tak diundang Presiden Joko Widodo atau Jokowi dalam pertemuan dengan parta ketua umum partai politik (ketum parpol) pendukung pemerintah pada Selasa 2 Mei 2023.

oleh Putu Merta Surya Putra diperbarui 05 Mei 2023, 16:05 WIB
Diterbitkan 05 Mei 2023, 16:05 WIB
Jokowi Surya Paloh sarapan di Istana
Jokowi mengundang Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh sarapan di Istana (Setpres/Biro Pers)

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh tak mau berkomentar terlalu banyak soal partai dan dirinya tak diundang Presiden Joko Widodo atau Jokowi dalam pertemuan dengan parta ketua umum partai politik (ketum parpol) pendukung pemerintah pada Selasa 2 Mei 2023.

"Pak Jokowi kan sudah jawab bahwa saya tidak diundang sama beliau kan," kata dia sambil tertawa ketika ditemui usai bertemu dengan Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan di Wisma Nusantara, Jakarta Pusat, Jumat (5/5/2023).

Meski demikian, Surya Paloh mengaku memahami sikap Jokowi yang punya positioning berbeda dengan NasDem di Pemilu 2024. Dia pun tidak masalah jika partainya dianggap untuk sementara ini tidak berada di koalisi pemerintah.

"Saya bisa pahami itu pasti Pak Jokowi menempatkan positioning beliau. Barangkali sebagai pemimpin koalisi partai-partai pemerintahan ya dan beliau tidak menganggap lagi NasDem ini di dalam koalisi pemerintahan untuk sementara," ungkap dia.

Surya Paloh pun menegaskan, NasDem tetap berkomitmen untuk menjadi partai pendukung pemerintah sampai tahun 2024.

"Tetap," tegas Paloh.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengakui tak undang Partai NasDem dalam pertemuan enam ketua umum partai politik koalisi pemerintah di Istana Merdeka Jakarta, Selasa 2 Mei 2023 malam.

"Ya memang (NasDem) enggak diundang," kata Jokowi kepada wartawan di Sarinah Jakarta, Kamis (4/5/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Jokowi Ungkap Alasan Tak Undang NasDem

Dia pun mengungkapkan alasan tak mengundang Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh dalam pertemuan itu. Dia menyebut bahwa saat ini NasDem sudah membentuk koalisi sendiri dalam Pilpres 2024.

"NasDem itu ya kita harus bicara apa adanya, kan sudah memiliki koalisi sendiri dan ini gabungan partai yang kemarin berkumpul itu kan juga ingin membangun kerjasama politik yang lain," jelas Jokowi.

"Mestinya ini kan memiliki strategi besarnya apa, ya masa yang disini tahu strateginya. Kan mestinya tidak seperti itu," sambungnya.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal Partai NasDem Johnny G.Plate menjelaskan alasan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh absen di pertemuan ketua umum partai politik koalisi pemerintah bersama Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Menurut dia, Surya Paloh baru kembali dari luar negeri pada Rabu, 3 Mei 2023.

"Pak Surya Paloh di luar negeri baru sampai kemarin siang, baru balik," kata Plate kepad wartawan di Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (4/5/2023).

Dia mengaku tak mengetahui apakah Surya Paloh diundang dalam pertemuan Jokowi bersama ketum parpol koalisi pemerintah. Pasalnya, Plate sibuk mengurus persiapan KTT ASEAN 2023 di Labuan Bajo, NTT.

"Saya tidak cek, saya kemarin juga ada di Labuan Bajo cek persiapan KTT ASEAN," ujarnya.

 

 

Reporter: Ahda Bayhaqi/Merdeka.com

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya