Kata PDIP soal Nasaruddin Umar Mencuat Masuk Bursa Cawapres Ganjar Pranowo

Politikus PDIP Utut Adianto buka suara soal kabar Imam Besar Istiqlal KH Nasaruddin Umar mencuat masuk dalam bursa cawapres Ganjar Pranowo di 2024.

oleh Delvira Hutabarat diperbarui 17 Mei 2023, 17:52 WIB
Diterbitkan 16 Mei 2023, 18:28 WIB
imam
Imam Besar Masjid Istiqlal Prof Dr KH Nasaruddin Umar MA. (Liputan6.com)

Liputan6.com, Jakarta - Politikus PDIP Utut Adianto buka suara soal kabar Imam Besar Istiqlal KH Nasaruddin Umar mencuat masuk dalam bursa cawapres Ganjar Pranowo di 2024. Menurut Utut, pihaknya belum pernah mendengar info tersebut.

"Mesti saya tanya Ibu (Megawati) dulu apa benar begitu. Kalau sosok cawapres kan ketika kita bertemu dengan PPP, Ibu bilang kan sabar kalau yang mau tentu banyak," kata Utut pada wartawan, Selasa (16/5/2023).

Menurut dia, sosok Nasaruddin adalah tokoh panutan dan memahami agama. "Kalau Pak Nasaruddin orang yang santun, besar di Masjid Istiqlal, pemahaman agamanya ya tentu sangat dibutuhkan untuk negara seperti Indonesia," kata Utut.

Namun demikian, Utut menyebut pihaknya masih melakukan banyak pertimbangan sebelum menentukan pendamping Ganjar.

"Kalau sekarang nama-nama tentukan masih banyak yang harus digodok, kan enggak ada yang plus semua ada di dia, atau minus semua ada di dia. Makanya ditimbang-timbang," pungkas Utut.

Sebelumnya, Politikus PDIP Aria Bima menyebut, tokoh Nadhlatul Ulama (NU) termasuk di dalam daftar 10 bakal cawapres Ganjar Pranowo. Aria berkaca pada Ketua Umum Megawati Soekarnoputri yang sudah melakukan pemetaan kader NU.

"Kalau cara berpikirnya Ibu (Megawati) saja sudah melihat konfigurasi PDIP dengan kalangan Nahdliyin yang ada di mana-mana, ada di birokrat, ada di NU sendiri, ada di PKB. NU kan kadernya ada di mana-mana," kata Aria Bima kepada wartawan, Selasa (16/5/2023).

Apalagi, kata Aria, PDIP memiliki sejarah panjang kedekatan dengan tokoh NU.

"Tapi postur NU ini menjadi satu pattern dari Pak Ma'ruf Amin, dari Jusuf Kalla, dari Pak Hasyim Muzadi. Ada kecenderungan Ibu (Megawati) itu melihat konfigurasi NU dengan mengikutsertakan Muhammadiyah menjadi bagian komitmen itu," kata dia.


PPP Sebut Nasaruddin Tokoh yang Dielus Elus Jadi Cawapres

Ketua Majelis Pertimbangan Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Romahurmuziy, menyampaikan bahwa Nasaruddin memang termasuk tokoh bangsa yang dielus-elus menjadi cawapres Ganjar Pranowo.

"Kiai Nasaruddin Umar termasuk tokoh bangsa yang sedang kita elus-elus untuk menjadi cawapres Mas Ganjar," kata pria yang biasa disapa Romi ini, dalam keterangannya, Selasa (16/5/2023).

Menurut Romi, Nasaruddin Umar memiliki kriteria ideal untuk menjadi cawapres. Ia mengaku tak heran nama Nasaruddin tiba-tiba muncul.

"Karena Kiai Nasar memiliki kriteria yang sesuai, yaitu tokoh luar Jawa, memiliki warna keagamaan yang moderat, Rais Syuriah PB Nahdlatul Ulama, dan bisa diterima luas oleh banyak kalangan,” kata dia.

Selain itu, terkait dukungan PPP ke Ganjar, pihaknya tengah bersiap membuat kegiatan safari politik bersama Ganjar di Sulawesi Utara.

"Tadi saya berkonsolidasi dengan Pak Olly dan rekan-rekan PPP Sulut, di antaranya untuk menyiapkan safari mas Ganjar", ujarnya.

Sementara terkait Sandiaga Uno yang juga digadang jadi cawapres, Rommy menjawab pendek, "Kan, Pak Nasar salah satunya. Nama Sandi masih ada lah,” pungkas dia.

 

Infografis Ragam Tanggapan Kritik PDIP dan NasDem Deklarasi Capres 2024
Infografis Ragam Tanggapan Kritik PDIP dan NasDem Deklarasi Capres 2024
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya