Gibran akan Hadir saat Daftar Capres-Cawapres ke KPU 25 Oktober 2023

Koalisi Indonesia Maju (KIM) telah memutuskan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka sebagai cawapres untuk mendampingi Prabowo Subianto pada pilpres 2024.

oleh Liputan6.com diperbarui 22 Okt 2023, 23:35 WIB
Diterbitkan 22 Okt 2023, 23:35 WIB
Gibran Rakabuming Raka Soal Putusan MK
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengomentasi soal putusan gugatan MK di Balai Kota Solo, Selasa (17/10).(Liputan6.com/Fajar Abrori)

Liputan6.com, Jakarta Koalisi Indonesia Maju (KIM) telah memutuskan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka sebagai bakal calon wakil presiden (cawapres) untuk mendampingi bakal calon presiden (capres) Prabowo Subianto pada pilpres 2024.

Hal ini disampaikan langsung oleh Prabowo di kediamannya di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Minggu malam, 22 Oktober 2023.

Koalisi Indonesia Maju (KIM) akan mendaftarkan pasangan Prabowo-Gibran ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Rabu, 25 Oktober 2023.

"Jadi kita hari Rabu, jam 9 kumpul di sini. Jam 10 berangkat pendaftaran. Sudah jelas ya," kata Ketua Umum Partai Amanat Naisona (PAN) Zulkifli Hasan kepada wartawan.

Meski dalam deklarasi tidak dihadiri oleh Gibran, akan tetapi nantinya putra sulung dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu akan hadir pada saat daftar ke KPU.

"Ya sudah diumumkan tadi kan ketua-ketua partai semuanya, sudah putus kok. Enggak pakai kenapa lagi," ujar politikus yang akrab disapa Zulhas.

"Ya nanti waktu daftar dong (Gibran akan muncul)," kata Zulhas.

Pengumuman Gibran sebagai cawapresnya langsung disampaikan Prabowo Subianto dengan didampingi para ketua umum partai politik Koalisi Indonesia Maju.

"Seluruhnya sepakat mengusung Prabowo Subianto sebagai capres Koalisi Indonesia Maju untuk 2024-2029 dan saudara Gibran Rakabuming Raka sebagai cawapres dari Koalisi Indonesia Maju," kata Prabowo.

Prabowo mengatakan tidak ada deklarasi pasangan Prabowo-Gibran yang akan dilakukan Koalisi Indonesia Maju, karena langsung mendaftarkan ke KPU pada 25 Oktober 2023.

"Ini sekaligus adalah deklarasi yang kita sampaikan ke masyarakat umum dan pada tanggal 25 Oktober, hari Rabu, kita akan daftar di KPU," kata Prabowo.

Sebelum dilakukan deklarasi, menurut Prabowo, keputusan Gibran sebagai cawapres telah dirembukkan oleh sejumlah ketua umum hingga sekjen partai politik dalam Koalisi Indonesia Maju.

"Saya kira tidak perlu ada pertanyaan lagi. Ini keputusan aklamasi bulat dan konsensus. Dan kita siap maju untuk Indonesia maju," pungkas Prabowo.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Gibran Belum Mundur dari PDIP

Gibran Rakabuming
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka saat menggelar pertemuan di Kantor DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (22/5/2023). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sebelumnya, Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Puan Maharani mengaku belum menerima surat pengunduran diri Gibran Rakabuming Raka yang akan diusung Prabowo untuk menjadi cawapresnya.

"Enggak ada sama sekali," tegas Puan usai mengikuti peringatan Hari Santri di Tugu Pahlawan Surabaya, Jawa Timur, Minggu (22/10/2023)

Puan mengatakan, DPP PDIP belum mengambil sikap mengenai pengusungan Golkar terhadap Gibran Rakabuming Raka yang dicalonkan sebagai cawapres dari Partai Golkar. Begitupun dengan pernyataan Gibran yang akan menindaklanjuti rekomendasi cawapres kepada Prabowo Subianto.

"Enggak apa-apa, kan belum, baru diusulkan kan belum. Tanya dulu ke Mas Gibran, sudah koordinasi belum, apakah sudah atau belum, ya saya enggak, coba ditanyakan," jelas Puan.

 

Reporter: Nur Habibie

Sumber: Merdeka.com

Infografis Nasihat PDIP ke Gibran Usai Bertemu Prabowo di Solo. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Nasihat PDIP ke Gibran Usai Bertemu Prabowo di Solo. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya