Prabowo dan Gibran Daftar Capres-Cawapres, Simak Skenario Lalu Lintas di Gedung KPU

Penutupan ruas jalan di sekitar Gedung KPU dimulai pukul 08.00 WIB hingga pasangan calon, Prabowo Subianto-Gibran Rakabumng meninggalkan lokasi.

oleh Ady Anugrahadi diperbarui 24 Okt 2023, 20:27 WIB
Diterbitkan 24 Okt 2023, 20:27 WIB
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka Bersama Ketum Gerindra Prabowo Subianto
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka berkunjung ke kediaman Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto di bukit Hambalang, Desa Bojong Koneng, Sabtu (18/6/2022). (Foto: Istimewa).

Liputan6.com, Jakarta - Pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dijadwalkan mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum, pada Rabu (25/10/2023). Polisi meyiapkan skenario rekayasa lalu lintas di beberapa ruas jalan menuju ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Latif Usman menerangkan, pihaknya mengerahkan 100 personel untuk mengatur arus lalu lintas selama kegiatan berlangsung. Pelbagai upaya dilakukan agar kegiatan dapat berjalan aman, tertib dan lancar.

"Rekayasa lalu lintas pada kegiatan pendaftaran capres Prabowo dan cawapres Gibran, hari rabu tanggal 25 Oktober 2023 bertempat di kantor KPU, Jakarta Pusat," kata Latif kepada wartawan, Selasa (24/10/2023).

Latif menerangkan, penutupan ruas jalan di sekitar Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU) dimulai pukul 08.00 WIB hingga pasangan calon meninggalkan lokasi.

"Menjamin Kamseltibcar Lantas yang aman dan nyaman bagi warga masyarakat yang akan melintas obyek pada kegiatan pendaftaran capres Prabowo dan cawapres Gibran di kantor KPU," ucap dia.

Berikut rute pengalihan arus lalu lintas tersebut:

1. Kendaraan yang datang dari arah bundaran HI yang akan menuju Jalan Imam Bonjol dialihkan ke Jalan H Agus Salim maupun Jalan Pamekasan.

2. Kendaraan yang datang dari arah Jalan H Agus Salim yang akan menuju Jalan Imam Bonjol diluruskan ke Jalan Pamekasan atau belok ke kanan ke arah Bundaran HI.

3. Kendaraan yang datang dari arah Jalan Rasuna Said yang akan menuju Jalan Imam Bonjol diluruskan ke Jalan Hos Cokroaminoto atau belok ke kanan ke Jalan Diponegoro.

4. Kendaraan yang datang dari arah Jalan Diponegoro yang akan menuju Bundaran HI dialihkan ke kiri Jalan Rasuna Said maupun ke kanan Jalan Hos Cokroaminoto.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Konser PSI Pilpres Santuy Ojo Rungkad, Dukung Duet Prabowo-Gibran

Konser PSI Pilpres Santuy Ojo Rungkad
Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menggelar konser musik bertajuk Pilpres Santuy Ojo Rungkad. Ajang ini  untuk mendeklarasikan dukungan kepada Prabowo Subianto sebagai calon presiden dan Gibran Rakabuming Raka sebagai wakilnya. (Foto:Liputan6/Ditto Radityo)

Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menggelar konser musik bertajuk Pilpres Santuy Ojo Rungkad. Konser digelar sebagai ajang seremoni untuk mendeklarasikan dukungan kepada Prabowo Subianto sebagai calon presiden (Capres) dan Gibran Rakabuming Raka sebagai wakilnya (Cawapres).

"Hari ini kita siap deklarasikan yang ditunggu-tunggu,” kata pembawa acara saat membuka acara di Djakarta Theater, Selasa (24/10/2023). 

"Prabowo presiden," seru ratusan kader PSI yang hadir. 

Pantauan di lokasi, partai-partai di Koalisi Indonesia Maju (KIM) terlihat hadir seperti Partai Golkar, Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Gelora, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Demokrat, Partai Garuda dan Partai Gerindra.

Kehadiran mereka juga diwakili pejabat elite setingkat ketua umum, wakil ketua umum, ketua harian, sekjen partai dan ketua DPP. 

Sebagai informasi, Prabowo dipastikan hadir pada malam ini. Hal itu dikonfirmasi langsung oleh Tim Media Partai Gerindra yang juga membenarkan bahwa ketua umumnya yakni Prabowo Subianto terkonfirmasi untuk hadir dalam acara yang dihelat PSI nanti malam.

"Prabowo akan hadir Konser Pilpres Santuy: OJO RUNGKAD PSI," tulis konfirmasi diterima. 

Sebelumnya, Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco mengatakan pada hari ini akan ada deklarasi dukungan Prabowo presiden dari PSI. Namun, dia tidak tahu apakah pasangan dari Prabowo yakni bakal calon wakil presiden Gibran Rakabuming Raka akan turut hadir bersama pada malam nanti. 


Catat, Ini Rangkaian Kegiatan Prabowo-Gibran Menuju Pendaftaran ke KPU

Gibran Rakabuming dan Prabowo
Gibran Rakabuming digoyang isu pindah parpol ke Gerindra tak lama setelah mendampingi Prabowo Subianto yang tengah mampir Solo, Jumat (19/5/2023). (Foto: Dok. Instagram @prabowo)

Koalisi Indonesia Maju (KIM) membeberkan rangkaian kegiatan pendaftaran pasangan bakal calon presiden dan wakil presiden (Bacapres-Bacawapres)  Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka ke Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, besok Rabu (25/10/2023).  

"Pasangan capres-cawapres dari KIM yakni bapak Prabowo Subianto dengan mas Gibran Rakabuming Raka yang rencananya akan mendaftar ke KPU dalam 17 jam mendatang sejak sekarang, besok hari Rabu jam 10 pagi di kantor KPU Jalan Imam Bonjol Jakarta Pusat," ujar Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani di Sriwijaya, Jakarta Selatan, Selasa (24/10/2023). 

Rangkaian dimulai saat rombongan berangkat dari kediaman Prabowo di Kertanegara 4, Jakarta Selatan, menuju Stadion Indonesia Arena Gelora Bung Karno (GBK). 

"Keberangkatan calon presiden dan calon wakil presiden besok dari Kertanegara rencananya akan berangkat pagi menuju Indonesia Arena disertai oleh para ketua umum dari seluruh Koalisi Indonesia Maju," kata Muzani.  

Muzani menyampaikan Prabowo-Gibran akan menyampaikan pidato pertama kali di hadapan para pendukung. 

Selanjutknya paslon akan ke Taman Suropati untuk melakukan kirab budaya dan dilanjut berjalan kaki untuk mendaftar di KPU. 

"Dari sana, akan berangkat menuju Taman Suropati, dan akan diiringi dengan kirab budaya yang akan mewakili kesenian yang ada dari seluruh Indonesia, termasuk baju dan pakaian adat dari berbagai macam daerah di seluruh indonesia. Dari sana kemudian menuju kantor KPU dan insya Allah mendaftar," katanya.

Infografis Ragam Tanggapan Prabowo Usung Gibran Jadi Cawapres 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Ragam Tanggapan Prabowo Usung Gibran Jadi Cawapres 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya