Survei Indikator: Prabowo-Gibran 51,8 Persen, Anies-Cak Imin 24,1 Persen, Ganjar-Mahfud 19,6 Persen

Indikator Politik Indonesia membuat simulasi terbaru survei tiga pasangan capres-cawapres Pilpres 2024. Hasilnya, pasangan Prabowo-Gibran meraih angka keterpilihan tertinggi sebesar 51,8 persen.

oleh Tim News diperbarui 09 Feb 2024, 13:29 WIB
Diterbitkan 09 Feb 2024, 13:28 WIB
pengundian nomor urut capres-cawapres Pemilu 2024
Pasangan capres-cawapres Pemilu 2024, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md (kiri ke kanan) berpose usai pengundian nomor urut di halaman gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta, Selasa (14/11/2023). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Indikator Politik Indonesia membuat simulasi terbaru survei tiga pasangan capres-cawapres Pilpres 2024. Hasilnya, pasangan nomor urut 02 Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka meraih angka keterpilihan tertinggi sebesar 51,8 persen.

Kemudian, urutan kedua ditempati paslon 01 Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar alias Cak Imin dengan raihan 24,1 persen. Sedangkan, paslon 03 Ganjar Pranowo - Mahfud Md memperoleh 19,6 persen. Sedangkan tidak menjawab 4,5 persen.

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi, menyebut peluang terjadinya pilpres dua putaran masih terbuka. Namun, jika tren angka 51,8 persen Prabowo-Gibran terus naik maka potensi satu putaran cenderung meningkat.

"Apakah angka 51,8 persen ini menunjukkan pemilu Rabu depan akan berlangsung satu putaran atau tidak nanti kita bsia diskusikan, tetapi yang bisa kami katakan karena masih ada margin of error masih ada peluang dua putaran," kata Burhan saat memaparkan survei Indikator secara daring, Jumat (9/2/2024).

"Tetapi angka 51,8 persen dan tren naik yang masih berlangsung buat Pak Prabowo-Gibran maka maka saya bisa mengatakan atau potensi probabilitas satu putaran meningkat," sambungnya.

Survei ini dilakukan 28 Januari sampai 4 Februari 2024 dengan metode multistage random sampling. Responden survei1.200 orang dengan tingkat kepercayaan 95 persen dan margin of error 2,9 persen.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


TKN: 500 Ribu Lebih Orang Daftar Hadiri Kampanye Akbar Prabowo-Gibran di GBK

Momen Akhir Capres-Cawapres Usai Debat Pamungkas Pemilu 2024
Para Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Ganjar Pranowo-Mahfud Md (kiri ke kanan) bergandeng tangan bersama usai mengikuti Debat Kelima Pilpres 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Minggu (4/2/2024). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sementara itu, Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran mencatat sudah 500 ribu orang yang akan menghadiri kampanye akbar pada Sabtu 10 Februari 2024. Kegiatan ini rencananya akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta Pusat.

"Estimasi orang yang datang yang sudah daftar pada hari ini sudah lebih dari setengah juta orang. Tapi namanya ini kegiatan untuk umum kita tidak bisa menghalangi kita tidak bisa mencegah orang-orang yang ingin datang, tapi kita anjurkan tetap suasananya tertib," kata Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Nusron Wahid di Media Center TKN Prabowo-Gibran, Jakarta Selatan, Kamis (8/2/2024).

Nusron pun mengimbau kepada para pendukung, relawan dan masyarakat yang akan hadir nanti agar mematuhi Undang-Undang Pemilu, yakni aturan terkait larangan membawa anak-anak di acara kampanye.

"Kami menyarankan kepada semua yang hadir kita tertib aturan terutama undang-undang Pemilu. Karena ini adalah paket kegiatan kampanye, bukan konser, bukan pesta biasa, tapi ini ada unsur kampanyenya sesuai Undang-Undang Pemilu bahwa kampanye tidak boleh menyertakan anak-anak," ujarnya.

Selanjutnya, dalam kegiatan yang bertajuk Pesta Rakyat untuk Indonesia Maju'. Nantinya Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 02 Gibran Rakabuming Raka akan memimpin artis dan influencer untuk melakukan aksi kebersihan setelah acara.

"Mohon maaf kalau ada kotoran-kotoran yang tersisa akibat acara itu. Kami berkomitmen akan membangun sukarelawan sebanyak-banyaknya untuk melakukan aksi-aksi sosial rencana nanti dipimpin langsung oleh Mas Gibran. Aksi kebersihan itu bersama artis-artis yang ikut ada Raffi Ahmad dan relawan yang lain bersama-sama melakukan aksi kebersihan," ungkapnya.

 


Kampanye Akbar Prabowo-Gibran di GBK, TKN Sebut Jokowi Tak Diundang

Prabowo-Gibran
Pasangan Capres-Cawapres nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka menghadiri debat Pilpres 2024 di Kantor KPU, Jakarta Pusat, Selasa (12/12/2023) malam. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Nusron Wahid mengatakan, belum bisa memastikan apakah Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan hadir pada kampanye akbar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan, Jakarta Pusat, pada Sabtu 10 Februari 2024.

"Pak Jokowi hadir apa enggak gitu? Belum dapat konfirmasi, kan enggak juga. Enggak diundang kampanye, kan enggak pakai undangan. Kampanye itu orang untuk umum, tapi kalau ada yang ingin hadir pasti kita tempatkan yang terhormat, kampanye kan enggak pakai undangan," kata Nusron di Media Center TKN Prabowo-Gibran, Jakarta, Kamis (8/2/2024).

"Ini bukan liputan, pesta, wong wartawan juga boleh datang bebas, hanya supaya dapat akses dikasih ID card khusus supaya mendapatkan tempat yang layak supaya foto-fotonya gampang gitu kan mintanya para wartawan begitu, tapi kan hakikatnya semua boleh kan namanya kampanye," sambungnya.


SBY Akan Hadir

Capres nomor urut 2 Prabowo Subianto kampanye akbar di Stadion Gajayana Malang, Jawa Timur pada Kamis (1/1/2024).
Capres nomor urut 2 Prabowo Subianto kampanye akbar di Stadion Gajayana Malang, Jawa Timur pada Kamis (1/1/2024). Dia ditemani SBY dan AHY. (Liputan6.com/ Ady Anugrahadi)

Meski begitu, sejumlah tokoh hingga para petinggi partai politik pengusung dan pendukung nantinya akan turut hadir untuk ikut memeriahkan acara kampanye akbar dengan tema Pesta Rakyat untuk Indonesia Maju.

"Kami tadi siang sebelum ke sini dapat konfirmasi dari Ketum Demokrat, Pak SBY pun akan hadir terus pasti beberapa menteri-menteri pendukungnya Pak Prabowo juga hadir. Pak Prabowo dan Mas Gibran pasti hadir," ujarnya.

Ada beberapa menteri yang berada di barisan Calon Presiden-Calon Wakil Presiden (Capres-Cawapres) nomor urut 02, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Mereka seperti Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian sekaligus Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Kemudian, Menteri Perdagangan (Mendag) sekaligus Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan alias Zulhas. Selain itu, Wakil Menteri Ketenagakerjaan sekaligus Sekjen PBB Afriansyah Noor, dan Menteri Investasi/BKPM Bahlil Lahadalia

 

 

 

Reporter: Muhammad Genantan Saputra

Sumber: Merdeka.com

Infografis SBY Siap Turun Gunung Menangkan Prabowo di Pilpres 2024. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Infografis SBY Siap Turun Gunung Menangkan Prabowo di Pilpres 2024. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya