Kaesang Berpeluang Maju Pilkada 2024, PKB: Siapapun Memenuhi Syarat, Kita Akan Lihat

Ketua Desk Pilkada PKB Abdul Halim Iskandar mengatakan, partainya siap menerima siapapun untuk mengikuti kontestasi Pilkada 2024. Dia menyebut, PKB tak bisa menolak bila ada tokoh yang ingin mendaftar termasuk Kaesang.

oleh Tim News diperbarui 04 Jun 2024, 04:00 WIB
Diterbitkan 04 Jun 2024, 04:00 WIB
PKB
Ketua Desk pemilihan kepala daerah (Pilkada) PKB Abdul Halim Iskandar di DPP PKB, Jakarta Pusat, Senin (3/6/2024). (Liputan6.com/Winda Nelfira).

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep berpeluang maju sebagai calon gubernur (Cagub) setelah Mahkamah Agung (MA) menerbitkan aturan terkait usia calon kepala daerah. Namun, belum ada keputusan dari Kaesang bakal maju menjadi calon kepala daerah.

Ketua Desk Pilkada PKB Abdul Halim Iskandar mengatakan, partainya siap menerima siapapun untuk mengikuti kontestasi Pilkada 2024. Dia menyebut, PKB tak bisa menolak bila ada tokoh yang ingin mendaftar termasuk Kaesang.

"Jadi, seperti arahan Ketua umum, jelas, siapapun, latar belakang apapun, agama, budaya, suku, jenis kelamin, bangsa beragam, asal memenuhi syarat untuk mengikuti kontestasi pilkada di Indonesia. maka, PKB tidak boleh menolak," kata Abdul Halim di DPP PKB, Jakarta, Selasa (3/6/2024).

Abdul Halim menuturkan, siapapun yang memenuhi syarat untuk maju kepala daerah hingga tingkat Pilgub PKB bisa mempertimbangkan.

"Silakan mendaftar ke sini kalau memang tertarik untuk (diusung) melalui PKB. sehingga, kita tidak ngomong A, B, C. Siapapun yang memenuhi syarat, itu nanti kita lihat," ucapnya.

Lebih lanjut, Abdul Halim belum menerima salinan resmi Mahkamah Agung terkait syarat usia kepala daerah. Dia menyebut, PKB hanya menunggu rilis resmi dari MA dan Peraturan KPU.

"Saya hanya dapat fotokopi-fotokopi, berita-berita, tapi belum resmi rilisnya dari Mahkamah Agung. Termasuk, menunggu PKPU-nya. itu urusan sana, bukan PKB. Urusan PKB adalah tidak menghambat dan melakukan pemilahan atau perbedaan siapapun," pungkasnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kaesang Digadang Maju Pilgub Jakarta

Ketua Desk Pilkada PKB, Abdul Halim Iskandar mulai membangun komunikasi dengan Anies Baswedan terkait dukungan untuk pemilihan gubernur (Pilgub) Jakarta 2024.
Ketua Desk Pilkada PKB, Abdul Halim Iskandar mulai membangun komunikasi dengan Anies Baswedan terkait dukungan untuk pemilihan gubernur (Pilgub) Jakarta 2024. (Lizsa Egeham).

Diketahui, Kaesang digadang-gadang mengikuti Pilgub Jakarta setelah posternya muncul bersama politikus Gerindra yang juga keponakan Prabowo, Budi Djiwandono. Budi menjadi cagub dan Kaesang jadi cawagub.

Sekjen PSI Raja Juli Antoni mengungkapkan, hingga kini belum ada pembicaraan di internal soal putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) maju di Pilkada 2024.

"Belum (ada pembicaraan internal)," kata Antoni di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (3/6).

Antoni mengatakan, apakah Kaesang akan maju tahun ini tergantung pada Kaesang sendiri.

Selain itu, parpol koalisi Indonesia untuk (KIM) perlu berembuk apakah baiknya Kaesang maju Pilkada atau tidak.

"Tanya Mas Kaesang," ucapnya.

"Tergantung Mas Kaesang dan KIM gimana baiknya," tukas Antoni.

 

Reporter: Muhammad Genantan Saputra

Sumber: Merdeka.com

Infografis Kilas Balik Satgas Nusantara Amankan Pilkada hingga Pilpres. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Kilas Balik Satgas Nusantara Amankan Pilkada hingga Pilpres. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya