PKB soal Pilgub Jatim: Jangan Sampai Ada Bumbung Kosong

Waketum PKB, Jazilul Fawaid menyebut, hingga kini pihaknya masih terus melakukan penjaringan terhadap sosok yang dinilai pas untuk melawan petahana Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak.

oleh Tim News diperbarui 08 Jun 2024, 18:01 WIB
Diterbitkan 08 Jun 2024, 18:01 WIB
Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jazilul Fawaid berbicara soal Muhaimin Iskandar (Cak Imin) dipingit
Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jazilul Fawaid berbicara soal Muhaimin Iskandar (Cak Imin) dipingit. (Liputan6.com/Winda Nelfira)

Liputan6.com, Jakarta - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mengatakan bakal menyiapkan sosok yang bakal diusung menjadi calon gubernur (Cagub) Jawa Timur di Pilkada 2024 mendatang.

Wakil Ketua Umum PKB, Jazilul Fawaid menyebut, hingga kini pihaknya masih terus melakukan penjaringan terhadap sosok yang dinilai pas untuk melawan petahana Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak.

"PKB masih dalam proses untuk menjaring. Kita berharap dinamika Pilgub Jawa Timur menarik, jangan sampai ada bumbung kosong kan. Masa Pemilu bumbung kosong," kata Jazilul kepada wartawan di Kantor DPP PKB, Jakarta Pusat, Sabtu (8/6/2024).

Selain itu, dirinya memastikan jika partai yang dipimpin oleh Muhaimin Iskandar alias Cak Imin sudah cukup jika memang untuk mengusung calon secara sendiri.

Kendati demikian, partai berwarna hijau ini masih menunggu detik-detik akhir untuk siapa calon yang akan diusungnya.

"Iya, makanya cukup. PKB menunggu sampai detik akhir. Nanti dari proses dinamika, siapa dari tokoh-tokoh yang terjaring nanti akan didukung PKB. Pokoknya kita jamin tidak bumbung kosong di Jawa Timur," ujarnya.

"(Calonnya) Kan ada Kiai Marzuki ada macem-macem masih banyak. Belum kalau fix masih belum, masih nunggu proses," pungkasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


PKB: Banyak Tokoh Ingin Jadi Cawagub KH Marzuki di Pilkada Jatim

PKB
Ketua Desk pemilihan kepala daerah (Pilkada) PKB Abdul Halim Iskandar di DPP PKB, Jakarta Pusat, Senin (3/6/2024). (Liputan6.com/Winda Nelfira).

Sebelumnya, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menyebut banyak tokoh yang menyatakan kesiapannya untuk menjadi calon wakil gubernur (cawagub) pendamping KH Marzuki di pemilihan kepala daerah (Pilkada) Jawa Timur Jatim 2024.

Namun, PKB belum memutuskan siapa sosok yang akan mendampingi Marzuki untuk melawan Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak di Pilkada Jatim. Pasalnya, PKB hingga kini juga masih menunggu kesiapan dari Marzuki untuk maju di Pilkada Jatim.

"Pendamping Kiai Marzuki banyak yang siap, tapi kita tidak akan ekspos. Karena Kiai Marzuki-nya dulu, untuk pendampingnya banyak yang siap. Selama ini masih bergulir justru banyak yang datang untuk mendampingi beliau. Tapi kuncinya di Kiai Marzuki," jelas Kepala Desk Pilkada PKB, Abdul Halim Iskandar saat konferensi pers di Kantor DPP PKB Jakarta, Rabu (29/5/2024).

Dia memastikan PKB mantap mendukung Marzuki maju di Pilkada Jatim 2024. Abdul Halim menuturkan Marzuki merupakan sosok yang saat ini populer di kalangan masyarakat, khususnya pasca dicopot dari jabatan Ketua PWNU Jatim. 

"Beliau tokoh NU Jatim yang luar biasa dan semakin populer setelah mendapat perlakuan-perlakuan tidak bagus itu semakin populer. Diberhentikan oleh PBNU, malah semakin populer. Perguliran aspirasi itu ternyata dampak dari itu," katanya.


Hagai Keputusan Marzuki

Kendati begitu, Abdul Halim menekankan partainya menghargai apapun keputusan Marzuki terkait kontestasi Pilkada Jatim 2024. Dia menuturkan PKB tak akan memaksa apabila Kiai Marzuki nantinya memutuskan tak maju di Pilkada Jatim 2024.

"Tentu PKB sebagai parpol sangat senang mendapat aspirasi, namun semua nanti ujungnya apapun kita kembalikan ke Kiai Marzuki. Karena Kiai Marzuki bagian penting dari PKB," tutur dia.

"Enggak mungkin PKB ngeklaim Kiai Marzuki bersedia, siap. Kalau PKB-nya siap, aspirasinya siap, tapi finisihing kita minta kesediaan kiai marzuki. Meskipun kita siap, Kiai Marzuki mengatakan, 'Wah jangan', tentu kita tidak akan memaksakan beliau," sambung Abdul Halim.

 

Reporter: Nur Habibie

Sumber: Merdeka.com

Infografis Bursa Kandidat dan Prediksi Koalisi Pilgub Jatim 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Bursa Kandidat dan Prediksi Koalisi Pilgub Jatim 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya