Pilgub Jateng, PKB Sebut Gus Yusuf Jalin Komunikasi dengan PDIP

Ketua PKB Jawa Tengah (Jateng), Muhammad Yusuf Chudlori atau Gus Yusuf telah menjalin komunikasi dengan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan partai politik lainnya.

oleh Tim News diperbarui 09 Jun 2024, 01:21 WIB
Diterbitkan 09 Jun 2024, 01:21 WIB
Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Partai Kebangkitan Bangsa Jawa Tengah, Yusuf Chudlori atau Gus Yusuf mengatakan Ketua Umum (Ketum) Muhaimin Iskandar atau Cak Imin dipingit tak boleh bicara soal Pilpres 2024.
Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Partai Kebangkitan Bangsa Jawa Tengah, Yusuf Chudlori atau Gus Yusuf (Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Ketua PKB Jawa Tengah (Jateng), Muhammad Yusuf Chudlori atau Gus Yusuf telah menjalin komunikasi dengan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan partai politik lainnya. Komunikasi ini dilakukan olehnya terkait dengan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Tengah.

"(Komunikasi PDIP dengan PKB) Gus Yusuf sebagai ketua DPW PKB Jawa Tengah sudah melakukan komunikasi dengan lintas partai di Jawa Tengah, mencari figur yang terbaik kebetulan Gus Yusuf oleh PKB digadang-gadang untuk bisa maju di Pilgub Jawa Tengah. Kalau komunikasi awal pastinya sudah jalan," kata Wakil Ketua Umum DPP PKB, Jazilul Fawaid kepada wartawan di Kantor DPP PKB, Jakarta Pusat, Sabtu (8/6).

Menurutnya, Gus Yusuf yang digadang-gadang maju di Pilgub Jawa Tengah ini memiliki elektoral yang cukup baik di wilayahnya.

"Kan kepala daerah ini selain menjalin komunikasi, juga harus melakukan sosialisasi supaya elektoral naik itu bagian dari syarat seseorang untuk maju. Nah Gus Yusuf memiliki elektoral yang cukup baik di Jawa Tengah," ujarnya.

Sebelumnya, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menugaskan kadernya untuk bertemu dengan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin.

Hal ini diperintahnya karena untuk membangun komunikasi terkait dengan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) atau Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Tengah.

"Ya Jawa Tengah sama kita punya banyak kepala daerah, punya tokoh-tokoh nasional, nama-nama yang disuarakan publik itu yang terus kami kaji termasuk membangun kerja sama dengan partai politik. Kami sudah menugaskan ada yang bertemu dengan Cak Imin Ketua Umum PKB," kata Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP Hasto Kristiyanto kepada wartawan di Sekolah Partai PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Kamis (6/6).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Temui PPP

Tak hanya untuk temui mantan Calon Wakil Presiden (Cawapres) saja, nantinya juga PDIP menugaskan kadernya untuk menemui Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

"Kemudian juga bertemu dengan PPP karena sebelumnya wakil Pak Ganjar itu, Gus Yasin itu juga dari PPP. Jadi dengan PKB itu kan juga dari Pemilu kemarin ada progres kenaikan kursi yang sangat positif," ujarnya.


Pemetaan Politik

Kemudian, saat ditanyakan soal apakah ada dari internal partai yang sudah mendaftarkan diri untuk di Jawa Tengah. Hal itu sudah ada dilaksanakan.

"Kalau kader dari internal ada. Kita memetakan politik, jadi ada yang aktif tapi kami juga melakukan pemetaan politik, misalnya ada Mas Hendi, itu Wali Kota Semarang, dia periode itu bagus," ungkapnya.

"Kemudian ada Wonogiri yang kepemimpinannya sangat mengakar, ya cukup banyak tokoh-tokoh yang kami miliki untuk kepala daerah," pungkasnya.

Infografis Ada 204 Juta Lebih DPT di Pemilu 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Ada 204 Juta Lebih DPT di Pemilu 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya