Adik Kandung Mantan Aspri Jokowi Dikabarkan Akan Maju Pilkada Boyolali 2024

DPC Partai Gerindra Boyolali akan memberikan rekomendasi kepada Agus Irawan sebagai kontestan Pilkada Boyolali 2024.

oleh Lizsa Egeham diperbarui 10 Jun 2024, 09:37 WIB
Diterbitkan 10 Jun 2024, 09:12 WIB
Ilustrasi pilkada serentak (Liputan6.com/Yoshiro)
Ilustrasi pilkada serentak (Liputan6.com/Yoshiro)

Liputan6.com, Jakarta - Seorang pegawai negeri sipil (PNS) aktif bernama Agus Irawan berencana maju dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) Boyolali 2024 pada November. Agus merupakan adik dari mantan Asisten Pribadi (Aspri) Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Devid Agus Yunanto.

Agus Irawan disebut ingin menjadi bakal calon Bupati Boyolali melalui Partai Gerindra pada Pilkada Serentak 2024.

"Iya benar mau maju Pilkada Boyolali dari Partai Gerindra," kata Sekretaris DPC Partai Gerindra Boyolali, Rahmad Junaidi dikutip dari siaran pers, Senin (10/6/2024).

Menurut dia, Agus saat ini masih aktif sebagai pegawai negeri sipil (PNS) di Pemerintah Kota Solo, Jawa Tengah. Selain itu, Agus juga dikenal sebagai pengusaha di bidang perkayuan atau furniture.

"Iya ASN di Dispora Solo," ujarnya.

Rahmad menyebut partainya akan memberikan rekomendasi kepada Agus sebagai kontestan Pilkada Boyolali 2024.

Dia mengatakan Agus telah menyampaikan kesiapannya mengundurkan diri sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2023 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN).

Dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2023 tentang ASN pada Pasal 56 dan Pasal 59 Ayat (3) dijelaskan, bahwa pejabat pimpinan tinggi madya dan pejabat pimpinan tinggi pratama yang akan mencalonkan diri menjadi gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, wali kota dan wakil wali kota wajib menyatakan pengunduran diri secara tertulis dari PNS sejak ditetapkan sebagai calon.

"Mestinya seperti itu (mengundurkan diri dari PNS) dan beliau siap (mengundurkan diri). Setelah rekomendasi baru proses pengunduran diri, akhir Juli atau awal Agustus 2024 mengikuti penjadwalan pendaftaran semestinya," jelas Rahmad.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Devid Jadi Asisten Jokowi Sejak Jadi Wali Kota Solo

Jokowi Tahun Baru 2024
Presiden Jokowi mengisi waktu malam tahun baru 2024 dengan menelusuri jalan sekitar Pasar Pon, Solo, Jawa Tengah, Minggu (31/12/2023). Selain menyapa warga, Jokowi juga menyempatkan jajan corndog hingga temulawak. (Foto: Rusman - Biro Pers Sekretariat Presiden)

Sebelumnya, beredar sebuah video berdurasi 14 detik dengan sosok Agus Irawan berdiri tegak sembari hormat. Terdapat tulisan #AGUSIRAWAN #MAJUBOYOLALI #GERAKANPEDULIBOYOLALI di bagian bawah video.

Selain Agus, DPC Gerindra Boyolali telah menerima dua pendaftar lain. Mereka adalah Jumariyanto, pengusaha asal Kabupaten Wonogiri, dan Fauzan Arif Munandar, tokoh muda Nahdlatul Ulama (NU) yang juga dokter gigi.

Sebagai informasi, Devid merupakan mantan Aspri Jokowi yang sudah mendampinginya sejak menjadi Wali Kota Solo. Devid merupakan Aspri sipil, yang bukan berasal dari militer.

Nama Devid juga pernah dikabarkan siap maju di Pilkada Boyolali, Jawa Tengah. Baliho bergambar wajah Devid memakai jas hitam serta dasi merah pernah terpajang.

Baliho tersebut bertuliskan 'Devid Calon Bupati Kota Susu'. Dalam baliho itu, Devid dinarasikan sebagai calon Bupati Boyolali periode 2024-2029.

Namun, hingga kini belum diketahui apakah Devid jadi maju Pilkada Boyolali 2024 atau tidak. Dia pun belum pernah memberikan pernyataan resmi terkait baliho pencalonannya sebagai calon Bupati Boyolali.

Infografis Ada 204 Juta Lebih DPT di Pemilu 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Ada 204 Juta Lebih DPT di Pemilu 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya