Siap Koalisi dengan PKS di Pilgub Jakarta, Djarot: Tapi Berani Nggak Usung Ahok?

Djarot menilai Jakarta membutuhkan orang yang memiliki pengalaman dan rekam jejak menjadi kepala daerah untuk maju Pilkada Jakarta 2024.

oleh Delvira Hutabarat diperbarui 13 Agu 2024, 17:51 WIB
Diterbitkan 13 Agu 2024, 17:51 WIB
Kongres V PDIP Siap Digelar
Ketua DPP PDIP, Djarot Saiful Hidayat memberi keterangan terkait Kongres V PDI Perjuangan tahun 2019 di Jakarta, Kamis (1/8/2019). Kongres dilaksanakan di Bali pada 8 Agustus 2019 dan mengambil tema Solid Bergerak Untuk Indonesia Raya. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Liputan6.com, Jakarta - Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat menyatakan partainya tidak bisa mengusung calon sendiri di Pilkada Jakarta. Berbeda dengan Sumut di mana mereka bisa mengusung sendiri melawan koalisi gemuk.

“Semua partai di Jakarta tidak bisa mengajukan partainya sendiri. Kalau PDIP bisa maju sendiri, maka akan dilakukan seperti di Sumatera Utara, kita bisa maju sendiri, meskipun semua partai diborong oleh pihak sebelah. Tapi ingat bahwa yang punya kedaulatan bukan elite politik, yang punya kedaulatan yang menentukan adalah rakyat,” kata Djarot di Kantor DPP PDIP, Jakarta Pusat, Selasa (13/8/2024).

Oleh karena tidak dapat mengusung sendiri itulah, pihaknya kemudian membangun komunikasi baik ke PKB hingga PKS. Namun, ia mempertanyakan apakah PKS mau mengambil sosok calon dari PDIP, yakni Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

“Karena PDIP perlu 7 kursi lagi, ya kan, 7 kursi lagi paling nggak ya. PKS misalkan ya, PKS juga butuh 4 kursi lagi, misalnya, ini seru ini, misalnya berani nggak misalnya PKS gitu mengusung Pak Ahok misalkan, nah itu luar biasa, misalnya begitu,” kata Djarot

Sebelumnya, Djarot menilai Jakarta membutuhkan orang yang memiliki pengalaman dan rekam jejak menjadi kepala daerah untuk maju Pilkada Jakarta 2024.

Djarot mengingatkan, bukan hanya Ridwan Kamil yang memiliki potensi, melainkan juga Anies Baswedan hingga Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

“Di Jakarta itu sebetulnya masih banyak potensi pemimpin yang paham dan punya rekam jejak yang baik di jakarta ya. Jadi bukan hanya Ridwan Kamil saja, betul nggak? kita masih punya juga ada pak Ahok terbukti, pak Anies juga bisa,” kata Djarot di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Selasa (13/8/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Punya Kader Asli Betawi

20160921-Jas Merah Untuk Ahok dari Megawati-Jakarta
Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) didampingi Djarot Saiful Hidayat dan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri memberi keterangan usai resmi mendaftar maju pada Pilkada DKI Jakarta 2017, di KPUD DKI Jakarta, Rabu (21/9). (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Djarot juga menyinggung bahwa PDIP memiliki kader asli betawi, yakni Rano Karno. “Bang Rano juga punya rekam jejak yang baik gitu ya, karena beliau orang Betawi juga ya, itu, Bang Rano itu si Doel dia punya pengalaman di Banten, masih banyak,” kata dia. 

Selain itu, Djarot menyebut tengah komunikasi intens dengan PKB terkait Pilkada Jakarta.

“PDI Perjuangan sudah membangun ya komunikasi dengan partai-partai ya, terutamanya misalnya dg PKB kita bangun komunikasi,” pungkasnya.

Infografis Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto Bicara Koalisi Besar. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto Bicara Koalisi Besar. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya