Percantik Taman dengan Stepping Stone

Fungsi dari stepping stones adalah untuk menjaga agar rumput hijau di taman tidak terinjak saat Anda melangkah.

oleh Fathia Azkia diperbarui 22 Mar 2016, 05:35 WIB
Diterbitkan 22 Mar 2016, 05:35 WIB
Percantik Taman dengan Stepping Stone-Rumah.com
Fungsi dari stepping stones adalah untuk menjaga agar rumput hijau di taman tidak terinjak saat Anda melangkah.

Liputan6.com, Jakarta Saat mendekorasi taman, sebaiknya pikiran Anda tidak melulu terfokus pada tanaman hias atau pohon sebagai pelengkap utamanya. Ada banyak sudut lain yang nyatanya bisa dikreasikan lebih dalam lagi. Seperti misalnya penempatan jalan setapak atau stepping stones dalam bahasa inggris. 

Stepping stones adalah pijakan buatan yang terbuat dari semen dan batu alam atau batu koral sikat, yang penyusunannya dibuat sesuai keinginan pemilik taman. Batu ini biasa digunakan untuk pijakan kaki menuju taman atau ke sudut rumah tertentu. Material taman ini banyak dijumpai di pasaran, dan pada umumnya berbentuk bulat atau persegi.

Dilansir dari laman Rumah.com, fungsi dari stepping stones adalah untuk menjaga agar rumput hijau di taman tidak terinjak saat Anda melangkah. Karena terkadang, pijakan kaki pada rumput tertentu akan membuat pertumbuhannya terhenti sehingga mengurangi kadar kecantikan taman.

Dalam kondisi tanah dan rumput basah usai hujan, stepping stone menjadi penolong karena penghuni tidak perlu risau akan telapak kaki yang kotor ketika menuju taman. Selain itu, stepping stone juga berfungsi sebagai penanda arah yang memudahkan penghuni saat berjalan.

Bagaimana cara merancangnya?

Mintalah kepada tukang taman untuk merancang stepping tone di taman rumah Anda. Atau jika ingin memasangnya sendiri, perhatikan beberapa acuan berikut ini;

  • Pilih stepping stone berbahan batu paras yang membentuk kotak persegi panjang. Ukurannya bisa disesuaikan dengan luas serta tema taman.
  • Jika ingin taman memiliki kesan kuat akan keindahan hardscape (elemen keras), Anda bisa memasang stepping stone berbahan beton. Jalan setapak dari beton ini cocok disandingkan dengan batu koral sikat.
  • Selain kombinasi bebatuan, Anda bisa mengisi celah-celah stepping stone dengan rumput-rumputan. Kombinasi seperti ini mampu membuat penampilan taman lebih segar.
  • Stepping stone berbentuk kotak atau persegi memang lebih ekonomis. Tetapi, bentuk geometris lainnya seperti wajik, lingkaran, atau bentuk-bentuk unik lainnnya bisa juga dijadikan pertimbangan.
  • Ketika memasang stepping stone, pastikan Anda memiliki bayangan alur jalan. Alur ini penting untuk menghubungkan area satu dengan lainnya, sehingga kehadirannya bukan sekedar pemanis taman saja.
  • Perhatikan ukuran stepping stone, idealnya sesuai pijakan satu kaki ukuran satu buah stepping stone sekitar 18 inci. Selain itu, ukurlah jarak antara satu stepping stone dengan yang lainnya. Jangan sampai jarak ini dibuat terlalu jauh karena akan menyulitkan kaki ketika melangkah.

Sumber: cutediypins.com

Sumber: benjaminmoore.com

Sumber: johannepalandet.wordpress.com

Sumber: hometalk.com

Sumber: hzcdn.com

Sumber: bradstone.com

Foto: luxury.themodernbaker.net

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya