Seperti Apa Rumah yang Sempurna?

Satu dari 10 responden menyatakan rumah mereka sudah sempurna dan 55% menyatakan rumah mereka perlu renovasi.

oleh Anto Erawan diperbarui 14 Apr 2016, 14:00 WIB
Diterbitkan 14 Apr 2016, 14:00 WIB
Seperti Apa Rumah yang Sempurna?
Satu dari 10 responden menyatakan rumah mereka sudah sempurna dan 55% menyatakan rumah mereka perlu renovasi.

Liputan6.com, Jakarta Setiap pemilik rumah di Inggris selalu berupaya untuk membangun rumah yang sempurna, dan banyak di antaranya merasa belum tercapai. Secara rata-rata penduduk di Inggris menghabiskan lebih dari GBP18.000 dan empat setengah tahun pembangunan sebelum pemiliknya merasa rumahnya sudah cukup sempurna. Demikian hasil riset yang dilakukan Network Veka pada Februari 2016 lalu.

Dinukil dari Rumah.com, tercatat satu dari 10 responden menyatakan rumah mereka sudah sempurna, dan sebanyak 55% menyatakan rumah mereka masih memerlukan beberapa renovasi dan perubahan.

Sebanyak 28% merasa dapat melakukan pekerjaan renovasi sendiri tanpa harus memperkerjakan seseorang yang profesional. Lima pekerjaan utama yang mereka ingin lakukan sendiri adalah mengecat kamar, merubah dapur, mengganti karpet, mengubah susunan kamar mandi, dan membeli perabotan baru.

Sedangkan 28% lainnya merasa membutuhkan bantuan profesional untuk dapat melakukan pekerjaan renovasi, lima pekerjaan yang membutuhkan pekerja profesional adalah pekerjaan yang berkaitan dengan gas dan listrik, mengganti pintu atau kaca baru, membangun lantai baru, terakhir memplester dinding.

Sebenarnya, arti sebuah rumah yang sempurna bisa jadi berbeda-beda bagi setiap orang. Ada yang melihat dari sisi fisik rumah seperti tangga yang mungkin terlalu tinggi atau pendek sehingga membutuhkan perubahan, dan ada juga yang memprioritaskan dalam menciptakan memori bersama anggota keluarga yang tinggal di dalamnya.

Banyak juga di antaranya yang perlu mengombinasikan keduanya. Namun jika Anda terlalu banyak merencanakan renovasi atau perubahan, maka Anda tidak akan memiliki waktu yang banyak untuk bermain dengan anak-anak atau membuat acara makan malam dengan sanak saudara.

Berikut 20 pekerjaan renovasi yang sering dilakukan di sebuah rumah:
1. Mengecat ruangan
2. Mengubah tata letak dapur
3. Mengganti karpet
4. Mengubah tata letak kamar mandi
5. Membeli perabotan baru
6. Mengubah bentuk taman
7. Memasang wallpaper di kamar
8. Membangun lantai baru
9. Membangun ruangan loteng
10. Membuat tempat konservasi untuk hewan peliharaan atau tanaman
11. Mengubah susunan tanaman di taman
12. Mengganti pintu dalam rumah
13. Mengganti jendela dan pintu luar rumah
14. Memasang jendela dengan lapisan ganda
15. Memperluas bentuk dapur
16. Mengganti karpet dengan lantai yang dilaminasi
17. Menambah penghangat ruangan
18. Merenovasi toilet di kamar tidur
19. Membuat walk-in wardrobe
20. Membuat kamar mandi di bawah tangga

Cobalah untuk selalu menikmati rumah Anda saat ini, daripada terus menerus berupaya merenovasi rumah untuk membuatnya menjadi sempurna. Tetapi, tidak berarti Anda tidak menghiraukan atap yang bocor, cat yang mengelupas, dan dinding yang mulai retak. Kerjakan hal-hal yang memang dirasa perlu untuk membuat rumah Anda tampak bersih dan rapi.

Mita Agustina

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya