Bersihkan Rumah dengan Minyak Eukaliptus

Minyak eukaliptus atau yang lebih dikenal dengan minyak kayu putih ternyata bermanfaat juga untuk menjaga kebersihan di rumah.

oleh Kantrimaharani diperbarui 25 Apr 2016, 13:00 WIB
Diterbitkan 25 Apr 2016, 13:00 WIB
Bersihkan Rumah dengan Minyak Eukaliptus
Minyak eukaliptus atau yang lebih dikenal dengan minyak kayu putih ternyata bermanfaat juga untuk menjaga kebersihan di rumah.

Liputan6.com, Jakarta Selama ini, masyarakat lebih mengenal minyak kayu putih dibanding dengan minyak eukaliptus. Padahal, minyak kayu putih yang biasa digunakan untuk menghangatkan tubuh banyak yang justru dibuat dari daun eukaliptus, bukan minyak kayu putih. Memang, keduanya hampir sama.

Tidak hanya dapat menghangatkan tubuh, minyak eukaliptus juga berkhasiat membunuh kuman dan mikroorganisme. Selain dijadikan minyak, daun eukaliptus juga dijadikan bahan baku dalam permen pereda sakit tenggorokan seperti batuk atau radang.

Bagian dari eukaliptus yang memiliki manfaat lain adalah getah yang kulit kayu pohon eukaliptus. Jadi cukup banyak ya, khasiat dari tanaman eukaliptus.

Nah, selain hal yang telah disebutkan tadi, minyak eukaliptus juga bisa menjadi cairan pembersih rumah Anda. Dilansir dari www.rumah.com, terdapat tiga khasiat yang dimiliki minyak eukaliptus sebagai cairan pembersih. Yuk, bahas satu per satu!

1. Dapat bersihkan dapur

Minyak eukaliptus yang mengandung zat pembunuh kuman dan mikroorganisme juga bisa digunakan untuk membersihkan peralatan dapur seperti oven microwave, sisi atas kompor tanam (hob), dan zink pencuci (wastafel).

Caranya, tuang minyak eukaliptus sebanyak dua sendok teh dalam botol berukuran sedang (350ml). Kemudian, campur dengan air dan kocok hingga minyak dan air bercampur.

Kemudian semprotkan ke tempat yang kotor dan dilap. Hasilnya, Anda bisa lihat semua peralatan dapur akan mengkilau. Tidak hanya bersih, minyak ini juga bisa memberikan aroma terapi yang segar.

2. Campuran pembersih

Minyak eukaliptus juga bisa digunakan sebagai cairan pembersih yang bersifat umum. Cairan pembersih ini bisa dicampur dengan cairan pembersih lainnya seperti cuka dan deterjen cair untuk mencuci pakaian.

Caranya, tuang minyak eukaliptus sebanyak 2 sendok teh dan campur dengan 1/2 cangkir cuka. Jangan lupa tuang secangkir air panas untuk melarutkan. Setelah itu, campurkan ke dalam air cucian.

Bila Anda hendak mencuci pakaian, minyak eukaliptus juga bisa digunakan untuk membersihkan noda-noda pakaian. Caranya, tuang minyak eukaliptus sebanyak enam sendok teh ke dalam ember berisi tumpukan pakaian dengan kondisi direndam.

Selain itu, agar noda lebih cepat luntur, campur dengan deterjen cair sebanyak 1/8 sendok teh.

3. Pembersih di ruangan kering

Minyak eukaliptus juga bisa menjadi pencegah ngengat atau rayap yang ada di lemari. Bahkan, juga bisa menghapus kotoran di laci atau sisi dinding lemari.

Minyak eukaliptus ini bisa menjadi alternatif pengharum pengganti kapur barus di lemari. Caranya, oleskan setetes minyak eukaliptus pada setiap gantungan pakaian Anda, dan rasakan sensai aroma berbeda yang menenangkan.

Jika di rumah Anda sering terdapat semut dan kecoa, Anda bisa mengusirnya dengan minyak eukaliptus ini. Caranya, tuangkan minyak eukaliptus sebanyak tiga hingga empat tetes pada kapas yang sudah dipadatkan hingga berbentuk bola.

Kemudian, bola kapas tadi tempatkan di tempat semut/kecoa sering muncul. Dengan sendirinya, semut dan kecoa akan berpindah.

Selain itu, minyak ini juga bisa menghapus sisa tempelan stiker yang menempel di kaca atau cermin dan bekas karatan besi yang sukar dihilangkan. Biasanya, bekas karatan besi tadi berada di permukaan lantai tepat di bawah lemari es.

Feature picture: wikihow

Live Streaming

Powered by

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya