Panduan Beli Rumah di Pameran Properti

Mau beli rumah? Simak tips beli rumah saat pameran properti yang perlu dicermati berikut ini.

oleh Wahyu Ardiyanto diperbarui 22 Jun 2018, 10:09 WIB
Diterbitkan 22 Jun 2018, 10:09 WIB
20180401-beli rumah saat pameran
Bukan hanya banyak pilihan rumahnya tapi ajang ini juga menawarkan layanan kemudahan administrasi, asuransi, proses mudah dan cepat, serta hadiah menarik selama pameran berlangsung.

Liputan6.com, Jakarta Beli rumah saat pameran properti memang bisa jadi opsi bagi Anda yang tengah berburu rumah impian. Banyak pilihan rumahnya plus penawaran yang menarik. Tapi karena saking banyaknya pilihan dan juga penawaran yang menggoda maka Anda perlu berhati-hati. Itu sebabnya Anda butuh tips beli rumah saat pameran properti.

Bagi para pengembang, pameran properti – dan tentunya juga pihak bank – merupakan ajang di mana mereka berkesempatan memasarkan aneka produknya. Sebaliknya, di mata konsumen, inilah ajang perburuan untuk mendapatkan properti impian.

Semua yang ditawarkan memang menggiurkan, bahkan bisa bikin gelap mata. Ya, Anda memang harus cermat memilih daripada menyesal belakangan. “Karena itu sebaiknya persiapkan diri Anda dulu sebelum berburu properti di pameran,” kata Ike Hamdan, Head of Marketing Rumah.com.

Dan berikut adalah tips persiapan diri sebelum beli rumah saat pameran properti.


Persiapan Sebelum ke Pameran

  • Kenali karakter Anda sendiri

Ajukan pertanyaan kepada diri Anda. Apakah Anda siap tinggal di lokasi yang jauh? Jika jawabannya ya maka Anda bisa memilih perumahan yang biasanya berlokasi di pinggiran kota.

Atau mungkin Anda siap hidup berhimpitan di tengah kota agar mobilitas Anda lebih mudah ke tempat kerja? Jika begini, apartemen cocok untuk Anda

  • Pahami kemampuan Anda

Pertimbangkan kemampuan finansial Anda agar Anda lebih mudah menentukan kisaran harga properti yang akan Anda beli. Hitung-hitung juga cicilan KPR perbulannya dengan kalkulator KPR dari Rumah.com.

Setidaknya Anda bisa memperbesar limitnya jika mengabungkan penghasilan Anda dengan pasangan. Hanya saja sepertiga atau 30 persen dari jumlahnya adalah nilai maksimum yang akan jadi cicilannya.


Wajib Dicermati

Dan jika memang sudah siap maka berikut adalah tips beli rumah saat pameran properti yang perlu dicermati:

  • Surat Pesanan Rumah

Jika sudah menemukan rumah impian Anda, jangan terburu-buru untuk membayar uang muka. Sebaiknya, minta pengembang untuk mencantumkan secara tertulis janji-janji dan penawaran menarik tentang rumah yang dipasarkan. Pengembang biasanya juga akan meminta tanda tangan Anda di dalam surat pesanan.

Isi surat pesanan terdapat klausul yang menetapkan bila konsumen tidak menandatangani Perjanjian Pengikatan Jual Beli (PPJB) sesuai jadwal, maka pesanan akan dianggap hangus. Ironisnya, seringkali agen pengembang tidak memperlihatkan draft PPJB tersebut saat pameran.

Penasaran tips lebih detil beli rumah sat pameran properti? Simak panduan lengkapnya hanya di Rumah.com.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya