Tren Properti Pontianak Meningkat, Apa Penyebabnya?

Geliat pasar properti di Kalbar terutama di Kota Pontianak terus membaik, tidak terlepas dari pertumbuhan ekonomi Kalbar yang terus positif.

oleh Fathia Azkia diperbarui 29 Jan 2019, 18:13 WIB
Diterbitkan 29 Jan 2019, 18:13 WIB
CitraGarden Aneka, Pontianak
Pasar properti di Pontianak, Kalimatan Barat (Kalbar) menunjukkan tren positif, khususnya di segmen menengah atas residensial.

Liputan6.com, Jakarta - Meski memasuki puncak tahun politik, pasar properti di Pontianak, Kalimatan Barat (Kalbar) menunjukkan tren positif. Khususnya di segmen menengah atas residensial.

Di samping daya beli masyarakat pada sektor properti sedang tinggi, juga karena tingkat kepercayaan masyarakat kepada pelaku pembangunan kian meningkat.

(Eits, jangan coba-coba beli rumah di pinggir kota tanpa menyimak ulasan wilayahnya di Area Insider Rumah.com!)

“Pasar properti kita (Pontianak) saat ini menggeliat dengan masuknya sejumlah pengembang nasional yang membangun perumahan untuk kalangan menengah ke atas di Pontianak, Kubu Raya, dan kota lainnya,” kata Gubernur Kalbar, Sutarmijdi melalui keterangan resmi.

Menurutnya, geliat pasar properti di Kalbar terutama di Kota Pontianak terus membaik, tidak terlepas dari pertumbuhan ekonomi Kalbar yang terus positif.

"Pertumbuhan ekonomi Kalbar terus membaik. Inflasi terkendali dan daya beli terus terjaga. Pontianak adalah salah satu kota di Indonesia dengan prospek ekonomi yang menjanjikan," jelasnya.

Baca juga: Panduan Lengkap Beli Rumah Pertama

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Positif di 6 Bulan Terakhir

Senada, Jusanto Harijatno selaku Associte Director PT Ciputra Residence menyatakan, dalam 6 bulan terakhir ini pasar properti Pontianak khususnya segmen menengah atas terus mengalami tren positif.

Dimana pada triwulan IV 2018, penjualan perumahan mewah CitraGarden Aneka, Pontianak, meningkat signifikan mencapai 80% dibanding triwulan yang sama di tahun 2017.

“Penjualan 3 bulan terakhir CitraGarden Aneka meningkat signifikan. Ini karena respon pasar semakin baik terhadap proyek. Hal positif lainnya, setiap hari kunjungan konsumen ke lokasi proyek juga naik. Ini mengindikasikan bahwa proyek ini sesuai dengan segmen menengah atas,” tutur Jusanto.

CitraGarden Aneka Pontianak memasarkan banyak tipe-tipe rumah, mulai dari tipe rumah besar sampai tipe rumah sedang. Kisaran harganya mulai Rp1 miliaran hingga Rp4 miliaran. Diantaranya tipe-tipe tersebut, ada dua tipe yang sangat diminati yakni Blossom dan Amarylis.

(Mau apapun pilihan KPR-nya, simulasikan dulu cicilan rumah per bulannnya lewat Kalkulator KPR dari Rumah.com)

Kedua tipe ini, kata Jusanto, merupakan bangunan rumah dua lantai yang ideal bagi keluarga muda. "Lokasinya dekat dengan fasilitas clubhouse. Dengan begitu, penghuni yang tinggal di situ lebih mudah mengakses fasilitas olahraga dan rekreasi,” jelasnya.

Demi memuluskan penjualan, pengembang memberikan harga sama baik untuk pembeli yang membayar dengan KPR maupun cash. Sebab umumnya pembelian dengan KPR harga lebih tinggi daripada pembelian cash.

(Simak Review Properti dari Rumah.com yang disajikan secara obyektif dan transparan, sehingga Anda dapat menilai spesifikasi material hunian, rencana pembangunan infrastruktur di sekitar lokasi, hingga perbandingan harga dengan hunian lain di sekitarnya)

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

 

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya