Jalur Pedestrian Stasiun Cisauk Kian Nyaman

Demi kenyamanan para kaum komuter, Cisauk Point, hunian berkonsep TOD di Cisauk berinisiasi membangun jalur pedestrian di Stasiun Cisauk.

oleh Wahyu Ardiyanto diperbarui 12 Feb 2020, 18:40 WIB
Diterbitkan 12 Feb 2020, 18:40 WIB
Jalur Pedestrian Stasiun Cisauk Kian Nyaman
Dengan dimanjakannya fasilitas bagi para pejalan kaki tersebut diharapkan akan semakin banyak orang yang terdorong untuk menggunakan transportasi publik.

Liputan6.com, Jakarta Jumlah penduduk Jabodetabek saat ini diperkirakan telah mencapai 30 juta orang sehingga permintaan tahunan hunian di Jakarta mencapai sekitar 100.000 unit per tahun. Sayangnya, pasokan hunian belum dapat memenuhi kebutuhan tersebut karena keterbatasan lahan di Ibu Kota dan harga yang kian melambung.

Menurut Teguh Waskitha - Project Director Cisauk Point, akibatnya banyak pekerja Ibu Kota yang tidak mendapatkan hunian di kawasan Jakarta memilih bertempat tinggal di luar Jakarta, seperti Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi dan berkendara menuju lokasi kerja dengan mobil pribadi. Hal ini berimbas pada kemacetan lalu lintas yang justru memperberat masalah perumahan di Jakarta.

“Transit Oriented Development (TOD) atau pengembangan berorientasi transit ini menjadi solusi bagi masalah transportasi dan lingkungan di kawasan kota besar seperti Jakarta. Sebab, TOD dikembangkan dengan mengintegrasikan sistem jaringan transportasi massal. Sehingga, para pengguna kendaraan pribadi lebih memilih menggunakan transportasi umum,” ujarnya.

Teguh mengatakan bahwa Cisauk Point merupakan bagian dari LRT City yang menerapkan konsep Transit Oriented Development (TOD) yang terintegrasi dengan sistem transportasi massal yang bersifat multimoda, yaitu KRL dan bus. Cisauk Point merupakan produk kolaborasi antara PT Adhi Commuter PropertI (ACP) yang merupakan anak usaha BUMN dari PT Adhi Karya (Persero) Tbk dengan PT Kereta Api Indonesia (Persero) yang mengembangkan lahan seluas 1,65 hektare (Ha), berlokasi tepat berada di sisi stasiun KRL Cisauk dan terminal bus Cisauk.

Sebagai bagian dari kepedulian bagi kaum komuter, Cisauk Point berinisiasi membangun jalur pedestrian yang dilengkapi dengan taman kota. Jalur pedestrian dengan panjang 200 meter dan lebar 2,5 meter ini diresmikan oleh Sujarwo - Senior Manager Komersialisasi Non Angkutan PT KAI, Indra Syahruzza - Direktur Utama PT Adhi Commuter Properti, dan Teguh Waskitha - Project Director Cisauk Point di Tangerang, Banten, Kamis, 6 Februari 2020.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kepedulian Bagi Kaum Komuter

Kepedulian Bagi Kaum Komuter
Pedestrian ini diresmikan Indra Syahruzza, Direktur Utama PT Adhi Commuter Properti bersama Sujarwo, Senior Manager Komersialisasi Non Angkutan PT KAI.

“Kami berharap dengan adanya jalur pedestrian ini dapat mempermudah dan memberikan kenyamanan bagi kaum komuter dalam menjangkau akses moda transportasi massal dan menuju tempat tinggal mereka,” ujar Teguh saat peresmian jalur pedestrian yang diinisasi oleh PT ACP bersama PT KAI.

Ia menambahkan bahwa kini Stasiun Cisauk telah resmi beroperasi sejak 1 Februari 2019 lalu. Dalam sehari, stasiun tersebut memiliki daya tampung hingga 20.000 penumpang. Saat ini Stasiun Cisauk telah dimanfaatkan oleh 5.500 penumpangnya setiap hari. Stasiun Cisauk melayani KRL Commuter Line rute perjalanan Jakarta (Stasiun Tanah Abang) – Rangkas Bitung (Stasiun Maja).

“Stasiun Cisauk mempermudah para kaum komuter. Selain itu, adanya interkoneksi antarmoda mampu menekan biaya transportasi para pekerja dan juga sisi efisiensi waktu pun dapat tercapai,” Teguh menjelaskan.

Untuk kawasan Cisauk Point sendiri, sambungnya, akan dikembangkan 6 tower apartemen dengan total hunian sebanyak 2.641 unit. Bagi kaum komuter, ujarnya, Cisauk Point menyediakan 2 tipe, yaitu studio dengan luas 24,4 m2 dan 1 BR 35 m2. Tipe ini mengikuti dari kebutuhan mereka yang memerlukan hunian simpel namun strategis. Untuk harga perdana, tipe studio ditawarkan dengan harga Rp 300 jutaan.  

“Pembangunan Cisauk Point telah dimulai pada Agustus 2019. Kami akan mengembangkan tower-tower secara bertahap. Ditargetkan pembangunan keseluruhan tower di kawasan Cisauk Point selesai pada tahun 2025,” pungkas Teguh Waskitha.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya